Deretan Aplikasi Pengganti Tombol Power yang Bisa Kamu Coba!

Aplikasi Pengganti Tombol Power

Deretan Aplikasi Pengganti Tombol Power – Didalam perangkat laptop maupun komputer, pastinya memiliki yang namanya tombol power yang berguna untuk mengaktifkan atau mematikan perangkat. Namun pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan tentang deretan aplikasi pengganti tombol power yang bisa kalian coba.

Yang dimaksudkan dengan pengganti ini bukan berati tombol power pada perangkat komputer atau laptop ini dihilangkan. Namun tujuannya adalah untuk memudahkan kalian dalam mematikan dan menyalakan laptop atau komputer secara otomatis.

Fungsi Tombol Power

Tombol power ini menjadi tombol yang sangat penting, karena dari sinilah kita untuk mulai menjalankan komputer atau laptop. Tanpa kalian menekan tombol power tersebut, maka perangkat ini tidak akan bisa menyala dan digunakan.

Yang namanya benda elektronik, maka bukan tidak mungkin jika tombol power ini mengalami masalah sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Untuk itu dengan adanya aplikasi pengganti tombol power ini tentu sangat menolong karena kalian bisa menyalakan atau mematikan komputer tanpa harus memakai tombol tersebut.

4 Rekomendasi Aplikasi Pengganti Tombol Power Laptop atau Komputer

Aplikasi pengganti tombol power yang kita rekomendasikan kali ini pas banget buat kalian yang memiliki pekerjaan yang menumpuk, bahkan terkadang sampai ketiduran di meja kerja. Nah pastinya jika kondisi komputer atau laptop yang terus menyala ini tidak baik, karena sama saja dengan kalian membuang-buang energi listrik secara percuma.

Dengan adanya deretan aplikasi ini, maka akan sangat membantumu yang sering kali ketiduran saat memakai laptop karena saking capeknya. Tidak hanya mematikan saja, bahkan aplikasi ini juga bisa menyala kembali secara otomatis dengan waktu yang bisa kamu atur sendiri lho. Mantap kan?

Penasaran aplikasi apa saja itu? Yuk langsung saja kalian simak daftar aplikasinya dibawah ini:

1. TimeComX Basic

Aplikasi pengganti tombol power yang pertama kita rekomendasikan kali ini bernama TimeComX Basic, dimana aplikasi ini memiliki kemampyan untuk mengatur jadwal mengenai daya dari perangkat yang kalian gunakan. Bahkan aplikasi ini juga bisa kalian pakai untuk memantau aktifiyas maupun menangkap layar dengan resolusi tinggi.

Aplikasi TimeComX Basic ini bisa kalian gunakan secara gratis diberbagai laptop atau komputer berbasis Windows, dan memiliki beberapa fiur keren didalanya seperti :

  • Memiliki antar muka yang intuitif demi memberikan kenyamanan pada pengguna
  • Fungsi otomatis ini bisa dilakukan oleh siapapun dengan mudah
  • Sangat efisien untuk memantau aktifitas pengguna dengan perangkatnya melalui langkah sederhana

Baca : Cara Shutdown Laptop dengan Smartphone

2. Free Dekstop Timer

Aplikasi pengganti tombol power selanjutnya kali ini memiliki nama Free Dekstop Timer, ini merupakan sebuah aplikasi otomatis On atau Off pada PC dana laptop yang dibekali dengan tampilan antrmuka sederhana namun tetap keren.

Untuk cara kerja umumnya, aplikasi Free Dekstop Timer ini memiliki kemampuan untuk mematikan komputer atau laptop Windows dengan durasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu aplikasi ini juga bisa menjaga supaya perangkat kalian bisa tetap hidup serta bisa mengatur settingan hibernate didalamnya.

Sesuai namanya, aplikasi pengganti tombol power ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Ketika kalian menginstall aplikasi tersebut, maka secara otomatis aplikasi ini bakal menjadi widget pada perangkat laptop atau komputer kalian. 

Dimana widget ini bakal memberikan kalian tampilan durasi waktu awal dalam sebuah format jam, menut, serta detik. Dengan begini akan memudahkan untuk jadi penanda waktu pengguna. Berikut beberapa fitur unggulan didalam Free Dekstop Timer :

  • Bisa digunakan secara gratis untuk perangkat berbasis Windows
  • Bisa mengatur hibernate dengan durasi waktu yang kalian tentukan
  • Bisa menjaga kondisi perangkat tetap On sesuai dengan kebutuhan kalian

3. Wise Auto Shutdown

Aplikasi selanjutnya ini sangat pas banget untuk kalian yang butuh aplikasi dengan kemampuan untuk shutdown, sleep, atau pun log off secara otomatis. Dengan berbagai fitur keren didalamnya, aplikasi Wise Auto Shutdown ini menawarkan banyak sekali kenyaman untuk para pengguna perangkat berbasis Windows.

Yang menariknya lagi, aplikasi pengganti tombol power ini juga bisa kamu dapatkan secara gratis.  Dengan begini kamu bakal punya aplikasi manajemen perangkat yang canggih untuk menjadwalkan tugas lebih fleksibel.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bakalan berjalan dalam mode senyap untuk menghemat konsumsi daya listriknya. Berikut beberapa fitur unggulan yang ada didalam apliksi Wise Auto Shutdown tersebut.

  • Dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana agar gampang digunakan
  • Bisa menghemat konsumsi daya dengan mode senyap
  • Aplikasi ini Mengkonsumsi Daya Listrik Rendah

Baca : Cara Shutdown dengan Keyboard Saat Pointer Tak Bisa Bergerak

4. Shutdown8

Dan aplikasi pengganti tombol power yang terakhir kali ini adalah Shutdown8 akan sangat membant kalian dalam mematikan perangkat komputer atau laptop dari jarak jauh. Sang developer membuat tampilan dari aplikasi ini sangat sederhana, supaya gampang untuk digunakan.

Yang menariknya, aplikasi Shutdown8 ini tidak memiliki banyak fitur, dimana si pembuat ini langsung saja keintinya yakni memberikan kemudahan dalam melakukan shutdown pada perangkat komputer atau laptop dengan durasi waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Tidak hanya untuk Shutdown saja, aplikasi pengganti tombol power ini juga memiliki pengaturan lain seperti sleep, restartm hibernate, maupun menjalankan tugas di konteks menu klik Kanan. Aplikasi Shutdown8 ini sangat ringan dan berbasis portable, jadi kamu pun tak perlu repot-repot untuk menginstallnya terlebih kedalam perangkat Windows. Barikut beberapa fitur yang ada didalam Shutdown8:

  • Memiliki durasi penghitung waktu dengan tombol plus dan minus
  • Tidak perlu repot install
  • Aplikasi sangat ringan dan gampang digunakan

Penutup

Nah cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang aplikasi pengganti tombol power, semoga apa yang sudah kita bahas diatas tadi bermanfaat dan selamat mencoba.