Gampang, Begini Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard

Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard

Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard – Untuk mematikan laptop ini biasanya kalian memakai tombol shutdown yang tersedia didalam sistem komputer, caranya ialah dengan menekan tombol Windows. Namun apakah kalian sudah tahu jika ada Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard?

Ya mungkin banyak para pengguna laptop masih belum tahu trik ini, karena pada umumnya yang diajarkan adalah mematikan laptop dengan cara menekan tombol Windows lalu pilih menu Shutdown.

Shutdown Adalah

Istilah arti shutdown ini adalah sebuah aktifitas atau proses mematikan perangkat komputer atau laptop, dimana memang sangat dianjurkan untuk mematikan perangkat tersebut melalui tombol ini. Tujuannya adalah supaya komponen didalam laptop atau komputer tidak cepat rusak.

Nah pada kesempatan kali ini kita mau berbagi tips bagaimana Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard, dengan begini kalian tidak perlu repot menggerakkan kursor ke Windows dan memilh tombol Shutdwon.

Cara Mematikan Laptop Dengan benar

Sebelum kalian memahami Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard, alangkah baiknya kalian pahami tentang tahapan mematikan laptop yang benar.Hal ini cukup penting, karena nanti ada kaitanaya dengan keawetan dari perangkat tersebut.

Pasalnya jika kalian mematkan laptop secara asal-asalan, sangat berbahaya dan bisa merusak komponen yang ada didalamnya. Nah berikut ini beberapa cara mematikan laptop yang benar supaya awet dan panjang umur.

  • Langkah pertama pastikan semua aplikasi yang telah kalian buka saat itu sudah tertutup semua, dan pastikan juga jika hasil kerjaan kalian sudah disimpan. Jangan pernah kalian memaksa mematikan perangkat, karena sangat beresiko kalian kehilangan data kerjaan nanti.
  • Lepaskan semua perangkat yang tersambung ke laptop, seperti Flashdisk, CD, maupun USB lain sebelum dimatikan.
  • Jangan pernah mematikan laptop langsung dengan tombol power, karena hal ini juga bisa merusak komponen didalamnya karena sama dengan kalian mematikannya secara paksa.
  • Ketika laptop sedang prosesor shutdown, sabar, tunggu dulu sampai laptop benar-benar sudah mati dengan sempurna. Jangan pernah kalian menutup layar smartphone saat proses shutdown belum selesai.
  • Jangan terlalu sering mematikan laptop dengan cara melepas baterai, hal ini juga bisa merusak komponen didalamnya. Hal ini biasanya dilakukan pada saat laptop macet, dan mereka melepas baterai laptop tersebut untuk merestart.
  • Simpan laptop di tempat yang aman.

Baca : Pengertian Power Supply Adalah, Berikut Penjelasannya

Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard

Nah kali ini masuk ke inti pembahasan, yakni Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard. Untuk melakukan hal ini ada beberapa trik yang bisa kalian coba dan pastinya hal ini akan mempercepat tindakan kalian dalam mematikan laptop. Seperti apa ? simak ulasannya berikut ini:

1. ALT + F4

Untuk Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard yang pertama kali ini kalian bisa memakai kombinasi tombol ALT + F4. Cara ini tentunya sangat gampang dilakukan, dan bisa bekerja di berbagai laptop dengan semua jenis sistem operasi.

  • Tekan tombol ALT  dan F4 secara bersamaan
  • Setelah itu kalian pilih men Shutdown dengan menggunakan kursor panah pada keyboard
  • Lalu tekan Enter
  • Tunggu proses shutdown sampai selesai

Sekedar saran, agar cara ini bisa bekerja dengan optimal, pastikan jika semua aplikasi yang sedang berjalan tadi sudah tertutup semua.

2. CTRL + ALT + DEL

Nah untuk Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard yang kedua kali ini kalian bisa memakai kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL. Dimana kombinasi ini cukup sering dilakukan oleh mereka yang sudah lama berkecimpung dengan dunia PC atau Laptop.

  • Untuk melakukannya ya tinggal kalian menekan ketiga tombol diatas tadi CTRL, ALT, DEL secara bersamaan
  • Lalu kalian pakai tombol panah yang ada di keyboard untuk memlilih menu Shutdwo
  • Setelah itu silahkan tekan Enter
  • Dengan begini maka secara otomatis laptop kalian akan mulai proses shutdown nantinya

3. WIN + X

Dan yang terakhir kalian bisa menggunakan konfigurasi tombol Windows + X untuk mematikan laptop dengan keyboard.  Dimana untuk melakukannya kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Silahkan kalian tekan tombol Windows + X secara bersamaan
  • Nantinya pada layar laptop kalian bakalan muncul beberapa menu
  • Gunakan tombol panah di keyboard untuk memilih menu Shutdown 
  • Selanjutnya tekan Enter, tunggu prosesnya sampai selesai

Tentu Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard yang ada diatas tadi ini bisa kalian gunakan pada saat kursor dilaptop atau komputer kalian tidak bisa dipakai. Yang namanya kursor bermasalah ini merupakan hal yang wajar, lagian di laptop juga masih ada touchpad yang bisa kalian pakai.

Yang pasti pada saat kursor kalian sedang error atau laptop macet, sebaiknya kalian tunggu beberapa saat sampai normal kembali. Jangan terlalu sering langsung mematikan laptop dengan menekan tombol power karna hal itu bisa merusak hardware didalam perangkat kalian.

Baca : Cara Mematikan Laptop Acer Anti Mainstream, Udah Coba?

Cara Shutdown Laptop Hang

Jika kondisi laptop kalian ini sedang dalam suhu panas, hal ini biasanya menyebabkan laptop menjadi hang sehingga macetdan tak bisa digerakkan. Dimana jika kondisi ini terjadi menjadikan laptop tidak bisa digerakkan kursornya, dan juga tidak bisa merespon perintah yang kalian lakukan.

Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah menunggu sebentar sampai ada tanda-tanda pergerakan dari laptop. Setelah itu kalian tutup aplikasi yang menyebabkan hang itu terjadi, untuk mempercepat prosesnya kalian bisa menutup melalui task manager.

Akan tetapi jika tidak ada tanda-tanda pergerakan dari laptop kalian, maka kalian bisa pakai Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard dengan menggunakan tombol CTRL + ALT + DEL. Jika sudah ada respon, kalian pilih tombol Power dan pilih menu Shutdown.

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nanti.