2 Cara Menghidupkan Lampu Keyboard Laptop Acer Dijamin Berhasil

cara menghidupkan lampu keyboard laptop acer

Cara Menghidupkan Lampu Keyboard Laptop Acer – Saat ini sedang trend tentang backlit papan ketik. Keyboard yang bisa menyala dalam gelap? Bukan, lebih tepatnya Ia membantu Anda melihat semua karakter dengan jelas jika nampak silau di bawah pantulan lampu LED. Selanjutnya akan dibahas Cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer.

Tentang Backlit Keyboard Laptop

Nama sebutannya adalah backlit, kalau Anda mencarinya dengan kata kunci backlight pada mesin pencarIan google, yang akan muncul menangani LED monitor. Ia merupakan salah satu fitur hardware terbarukan, serta tentunya kekinIan. Terbukti dengan banyak orang mencari tutorIal menghidupkannya.

Ketika shortcut pada keyboard atau function key ditekan, backlit akan menyala. Beberapa series laptop memiliki pemintas yang berbeda. 

Backlit bIasanya sangat dicari-cari oleh gamers dan content creator karena memudahkan mereka mengenali tuts keyboard ketika di ruang gelap dan terlalu terang.

Cara Menghidupkan Lampu Keyboard Laptop Acer

Untuk laptop Acer sendiri, memiliki dua pintas untuk menyalakan backlit. Tergantung dari tipe dan series device, umumnya shortcut untuk menyalakan lampu keyboard terletak pada function key antara F1 hingga F12. Begini cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer, simak ulasannya di bawah ini:

1. Menggunakan F8

Function key tidak dapat bekerja sendirIan, Ia harus digabungkan dengan salah satu tombol pada keyboard agar perintah yang Anda berikan bisa dilaksanakan. Tidak semua tombol fungsi dari deretan F1 hingga F12 memiliki fungsi sama, tergantung dari ikon yang pasang padanya.

  • Nyalakan laptop Anda, pastikan sistem sudah sIap untuk digunakan.
  • Setelah itu tekan kombinasi Fn+F8 pada keyboard Anda secara bersamaan.
  • Tekan Fn terlebih dahulu baru F8.
  • Tunggu hingga sistem memproses perintah Anda.
  • Sekarang backlit laptop Anda sudah menyala.
  • Jika ingin mematikannya, tekan Fn+F8 sekali lagi.

2. Menggunakan F9

Function key selanjutnya adalah F9. Ia juga tidak dapat digunakan sendirIan, harus menggunakan Fn terlebih dahulu agar backlit pada keyboard Anda bisa dihidupkan. Begini cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer, pastikan juga jenis perangkat Anda sudah mendukung fitur ini atau belum:

  • Hidupkan perangkat Anda terlebih dahulu, tunggu hingga sistem sudah sIap.
  • Setelah laptop Anda sIap untuk digunakan, tekan Fn+F9 secara bersama.
  • Tekan Fn dahulu kemudIan F9.
  • Tunggu hingga sistem perangkat Anda memproses perintah.
  • Backlit laptop Anda kini sudah menyala.
  • Apabila ingin mematikan backlit, tekan Fn+F8 sekali lagi.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

Rekomendasi Laptop Acer Ber Backlit

Apabila cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer diatas tidak dapat Anda gunakan, kemungkinan papan ketiknya belum support fitur tersebut. Apabila ingin merasakan backlit pada keyboard, mungkin bisa upgrade perangkat, ini dIa rekomendasinya:

1. Acer Aspire 5 (A515-52G)

Sebenarnya laptop ini keluaran tahun 2019, namun jika Anda membelinya secara second, ada kemungkinan akan mendapatkan harga yang bagus juga sesuai dengan barangnya. Ia adalah salah satu perangkat milik Asus yang masuk pada jajaran kelas flagship, alIas kasta tertinggi.

Desainnya dibuat secara fleksibel, dengan berbagai fitur-fitur Andalan milik Acer. Ia diakali dengan prosesor Intel Core I7-8565U generasi ke 8, masih tergolong kuat jika digunakan sekarang. Dilengkapi dengan NVIDIA GeForce MX 250, penyimpanan hingga 1TB, dan RAM 8GB.

2. Acer Aspire VX 15

Acer Aspire VX 15 keluaran tahun 2017. Jika Anda ingin membelinya di tahun ini, masih tergolong worth it karena spesifikasinya memang hebat, unggul dari berbagai macam komponen. cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer dapat diimplementasikan karena Ia merupakan series untuk gaming.

Ia dibekali dengan Intel Core I7 generasi ke 8, yang menjadikannya berbeda dengan Aspire 5 adalah jenis dari prosesornya. NVIDIA GTX 1050 diberikan padanya, ruang penyimpanannya yang 512GB dapat diupgrade hingga 2TB. Sedangkan untuk RAM 16GB bisa ditingkatkan sampai 32GB.

3. Acer Swift 3 Ryzen 4000 Series

Kali ini adalah laptop keluaran terbaru dari Acer yang harganya lebih terjangkau dibandingkan dua sebelumnya. Ia memiliki body ringan dengan balutan metal. Memiliki ketahanan baterai hingga 12 jam jika dipakai pekerjaan ringan, serta sudah mendukung dual band sehingga koneksi internetnya cepat.

Meskipun bukan laptop untuk gaming, tapi Ia sudah dibekali dengan backlit sehingga cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer sebelumnya dapat diterapkan. Swit 3 ini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 5 4500U, memori internal 512GB, RAM 8GB, dan kartu grafisnya AMD Radeon 8 Graphics.

Baca : Beberapa Cara Menghidupkan Laptop yang Mati Dan Sleep

Rekomendasi Keyboard Backlit

Sangat disayangkan apabila Anda tidak bisa mengaplikasikan cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer karena papan ketik bukanlah tipe yang bisa menyala. Bila laptop Anda masih tergolong bagus dan merasa belum mau diganti, bisa beli keyboard gaming karena memiliki fitur tersebut.

1. HP GK100

HP bukan hanya sekedar produsen laptop, Ia juga membuat beberapa perangkat keras salah satunya adalah keyboard khusus gaming yang memiliki fitur backlit tentunya. Ditujukan untuk gamers, Ia bisa dikatakan tidak dIpatok dengan harga yang mahal, Anda bisa mendapatkannya seharga Rp300.000.\

Meskipun memiliki harga yang relatif murah, banyak fitur-fitur tertanam di dalamnya seperti anti air dan debu, namun bukan berarti Ia kebal dengan remahan makanan Anda. Terdapat blue switch, anti-ghosting, dan masih banyak lagi. 

2. Digital AllIance Warrior X RGB

Selanjutnya ada Digital AllIance Warrior X RGB yang memiliki warna dari 16 juta dengan 20 mode yang bisa mengatur bermacam-macam kombinasi cahaya. Keyboard ini tidak hanya diperuntukan bagi para gamers, bagi Anda non-gamers juga bisa menggunakannya.

Harganya dibanderol mulai dari Rp300.000. memiliki fitur switch yang dapat Anda lepas dIantaranya hijau, orange, merah, dan biru. Ia juga dibekali dengan anti-ghosting, jadi Ia sangat responsif daripada keyboard-keyboard bIasanya.

Baca : Cara Masuk BIOS Lenovo G40 untuk Melakukan Booting Device

Penutup

Cara menghidupkan lampu keyboard laptop Acer dapat dipraktekan apabila laptop yang Anda miliki sekarang dibekali dengan fitur tersebut. Tidak ada jalan lain selain mengganti device atau membeli keyboard eksternal untuk dapat merasakan pengalam mengetik dengan backlit. Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel TeknoApps berikutnya.