4 Aplikasi Untuk Memunculkan Keyboard di Laptop

Memunculkan Keyboard di Laptop

4 Aplikasi Untuk Memunculkan Keyboard di Laptop – Didalam setiap komputer atau laptop pasti dilengkapi sebuah aplikasi keyboard virtual yang berguna untuk keadaan darurat. Namun untuk memunculkan keyboard di laptop tersebut butuh beberapa langkah yang tak jarang bikin penggunannya bingung.

Kenapa begitu? Karena memang letak dari aplikasi tersebut tidak berada didalam shortcut, namun tersimpan didalam sebuah sistem operasi laptop atau komputer, sehingga untuk mengaksesnya perlu melakukan beberapa cara.

Apa itu Keyboard Virtual?

Keyboard virtual ini artinya adalah sebuah aplikasi keyboard seperti yang ada didalam smartphone kalian. Namun untuk perangkat laptop atau komputer, keyboard virtual ini jarang digunakan dan dipakai pada saat kondisi darurat saja seperti salah satu tombol yang ada di keyboard mengalami error.

Setiap perangkat ini pasti memiliki keyboard virtual tersebut karena masuk dalam paket instalasi sistem operasi, hanya saja untuk mencarinya agak repot. Dan bahkan mungkin beberapa pemiliki laptop tidak menyadari jika ada menu tersebut.

Untuk itu ulasan tentang cara memunculkan keyboard di laptop ini kita bahas kali ini, namun bukan dengan aplikasi bawaan Windows, melainkan deretan aplikasi keyboard virtual yang bisa kalian pakai nantinya. Beberapa orang mungkin menganggap jika aplikasi ini kurang berguna, karena didalam setiap perangkat memilikinya.

Namun pastinya aplikasi keyboard virtual ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah kemudahan untuk mengaksesnya.

Baca : Pengertian On Screen Keyboard, Fungsi dan Cara Memakainya

Rekomendasi Aplikasi Memunculkan Keyboard di Laptop

Dalam kesempatan kali ini, kita ingin berbagi informasi kepada kalian mengenai beberapa aplikasi keyboard virtual yang bisa kalian coba nanti. Deretan aplikasi ini akan memudahkan kalian dalam memunculkan keyboard di laptop nanti, penasaran apa saja? simak jawabannya di bawah ini.

1. On-Screen Keyboard Portable

Aplikasi untuk memunculkan keyboard di laptop yang pertama kali ini adalah On-Screen keyboard Portable, dimana aplikasi ini bisa kalian gunakan pada laptop dengan sistem operasi Windows XP, Vista, Windows 7, 8 dan Windows 10.

Yang menariknya lagi, ukuran dari aplikasi ini juga sangat kecil yakni Cuma 1 MB saja. Meskipun dari segi tampilan aplikasi ini kurang menarik, namun untuk kualitasnya ya masih worth it untuk digunakan dalam kondisi darurat.

Selain berbasis portable, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengingat pengaturan yang sebelumnya telah kalian sematkan didalamnya. Jadi saat kalian menutup aplikasi tersebut dan membukanya kembali, maka pengaturannya akan tetap sama tidak akan berubah ke default lagi.

2. Free Virtual Keyboard

Sama halnya dengan aplikasi diatas tadi, Free Virtual Keyboard ini juga merupakan aplikasi keyboard virtual yang sangat ringan digunakan serta memiliki kemampuan multibahasa. Terlebih lagi aplikasi ini juga responsive terhadap gerakan jari para pengguna, sehingga memudahkan untuk menjalankannya.

Aplikasi ini sangat pas digunakan untuk kalian yang memiliki laptop dengan kemampuan layar touchscreen, maka aplikasi akan sangat mudah digunakan. Dengan bantuan aplikasi ini, maka akan sangat memudahkan kalian dalam memunculkan keyboard di laptop, karena cukup klik ikonnya saja maka aplikasi langsung muncul.

Kelebihan lainnya adalah, aplikasi ini didukung dengan tampilan tombol ketuk yang cukup besar sehingga sangat nyaman digunakan untuk kalian dengan jari berukuran cukup besar. Ukuran aplikasi ini juga cukup kecil yakni 2.44 MB dan kompatibel untuk perangkat dengan OS Windows XP, Vista, 7, 8 , dan 10.

Baca : Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Hot Virtual Keyboard

Cara memunculkan keyboard di laptop yang selanjutnya kali ini kalian bisa menggunakan aplikasi dengan nama Hot Virtual keyboard. Dimana untuk aplikasi yang satu ini memberikan sejumlah fitur keren untuk memberikan pengalaman pengetikan pengguna di layar lebih cepat, gampang, dan akurat.

Tidak hanya memudahkan pengguna yang memiliki laptop dengan layar sentuh, namun aplikasi Hot Virtual keyboard ini juga akan memberikan kalian pengalaman mengetik memakai mouse secara cepat dan efisien juga.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuan multibahasa, fitur auto-complete, serta bisa kalian kustomisasi sesuai keinginan. Sayangnya dengan segala kelebihannya tersebut, aplikasi ini berbayar sehingga membuat kalian harus mengeluarkan sedikit biaya untuk memakainya.

4. Wosk

Dan aplikasi untuk memunculkan keyboard di laptop terakhir kali ini bernama Wosk. Dimana aplikasi besutan dari Codeplex ini sangat ringan dan memiliki tampilan yang cukup menarik sebagai aplikasi keyboard virtual.

Aplikasi ini dibuat untuk pengguna laptop dengan layar sentuh atau tidak, dimana kamu bisa menggunakannya dengan memakai mouse nanti. Yang tak kalah menarik lagi, aplikasi Wosk ini juga sudah dilengkapi dengan fitur shortcut keyboard dan juga fungsinya.

Aplikasi Wosk ini juga bersifat portable, sehingga kalian bisa memakai aplikasi ini menggunakan flashdisk nanti. Aplikasi keyboard virtual ini ukurannya juga sangat kecil, yakni 1.32 MB saja dan kompatibel untuk perangkat dengan berbasis Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10.

Baca : 4 Pengaturan Keyboard Samsung ini Bikin Ponselmu Makin Keren

Cara Memunculkan Keyboard di Laptop Manual

Selain memakai aplikasi, kalian juga bisa memunculkan keyboard di laptop ini dengan aplikasi yang ada didalamnya. Aplikasi ini bernama On-screen keyboard, dimana untuk kalian pengguna laptop dengan Windows 10 bisa mencari aplikasi ini melalui kolom pencarian yang disediakan.

Sementara untuk pengguna Windows 7, kalian bisa mengaksesnya melalui menu Command Prompt maupun Windows Run dengan menggunakan kode OSK, lalu tekan enter. Maka aplikasi On-Screen keyboard ini bakalan muncul.

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang deretan aplikasi untuk memunculkan keyboard di laptop, semoga apa yang sudah kita bahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan kalian nantinya.