6 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di HP Samsung Anti Gagal

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di HP Samsung

Halo sobat tekno, apa kabarnya? Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp Samsung.

Terhubung ke jaringan internet bisa dengan menggunakan Wifi atau atau data seluler dengan menggunakan layanan dari kartu sim. Untuk dapat terhubung ke internet dengan menggunakan data seluler syarat utamanya ialah terdapat kuota internet atau pulsa pada sim card kamu. tanpa adanya kuota dan pulsa maka telepon seluler tidaklah dapat terubung ke internet.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Hp Samsung

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Hp Samsung

Cara mengaktifkan data seluler untuk dapat terhubung ke jaringan internet pada berbagai telepon seluler umumnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengaktifkan data seluler via pengaturan telepon atau lewat status bar. Saat data seluler telah aktif maka kamu dapat melihat tanda atau icon sebagai penanda telah terhubung ke internet. Sehingga telepon selulermu sudah dapat digunakan untuk mengakses internet.

Artikel ini akan membahas pada permasalahan data seluler yang dihadapi oleh pengguna android khususnya pegguna Samsung yakni Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Hp Samsung. Hal ini bisa saja muncul dikarenakan ada masalah tertentu pada HP Samsung kamu sehingga data selulernya tidak muncul.

Apabila data seluler pada HP Samsungmu tidak muncul, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dan dapat untuk dicoba untuk mengatasinya. Berikut solusi solusi yang bisa kamu coba untuk Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Hp Samsung:

1. Mengaktifkan mode pesawat

Cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp Samsung yang pertama adalah dengan mengatifkan mode pesawat. Cara ini berfungsi agar melakukan refresh pada jaringan sehingga dapat menampilkan jaringan secara normal. Caranya kamu hanya perlu mengatifkan mode pesawat pada status bar dengan melakukan usap layar dari atas ke bawah selanjutnya tinggal pilih mode pesawat. cara lainnya untuk masuk pada mode pesawat yakni dengan masuk pada menu pengaturan dan cari menu pengaturan mode pesawat.

Setelah mode pesawat diaktifkan tunggu beberapa saat sampai dengan jaringan benar benar menghilang. Kemudian langkah selanjutnya matikan kembali mode pesawat tadi. Umumnya data seluler akan muncul kembali setelah langkah ini dilakukan. Apabila pada percobaan pertama data seluler belum muncul coba ulangi langkah ini beberapa kali.

Baca Juga:

2. Lakukan pengalihan pada tipe jaringan

Cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp Samsung selanjutnya yang bisa kamu coba ialah dengan mengalihkan tipe jaringan. Maksudnya apabila jaringan kamu pada jaringan 4G atau jaringan otomatis maka lakukan perubahan ke jaringan dibawahnya misalnya jaringan 3G atau jaringan 2G. umumnya akan terlihat perubahan pada icon jaringan baik itu E ataupun H+. Saat sudah terjadi perubahan seperti ini, silahkan lakukan perubahan kembali pada jaringan 4G atau otomatis, sehingga sinyal data seluler dengan penunjuk 4G akan muncul kembali.

3. Cari Tempat dengan Sinyal yang Stabil

Cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp Samsung selanjutnya yang bisa dicoba ialah dengan mencari lokasi dengan sinyal yang lebih stabil. Data seluler tidak muncul di hp samsung mu bisa jadi dikarenakan di tempat tersebut tidak terdapat jaringan yang cukup stabil sehingga membuat data seluler di perangkat selulermu tidak muncul. Hal yang perlu dilakukan ialah dengan mencari tempat yang memiliki sinyal yang stabil. Karena memang tidak disetiap tempat memiliki sinyal yang stabil atau bisa jadi hanya provider tertentu yang mempunyai sinyal yang stabil di tempat tersebut.

4. Lakukan Restart

Cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp Samsung selanjutnya ialah dengan melakukan restart pada HP Samsungmu. Untuk melakukan cara ini cukup mudah kamu hanya perlu mematikan HP Samsung tunggu beberapa saat dan hidupkan kembali. Umumnya apabila langkah ini dijalankan biasanya data seluler akan muncul.

5. Mengubah Pengaturan APN

Apabila keempat cara sebelumnya belum dapat memperbaik masalah pada data seluler pada HP Samsung mu. Cara selanjutnya ialah dengan melakukan pengubahan pada pengaturan APN. Hal yang perlu dilakukan untuk melakukan perubahan pada pengaturan APN pun cukup mudah. Akan tetapi, perlu diingat setiap provider penyedia jaringan memiliki pengaturan yang berbeda. Selengkapanya simak langkah dibawah ini.

  1. Buka “Pengaturan”.
  2. Pilih menu “Selengkapnya atau Lainnya”.
  3. Masuk ke “Pengaturan Jaringan Seluler”.
  4. Pilih “Access Point Name (APN)”.
  5. Langkah selanjutnya buat APN dengan data yang dapat disesuikan sesuaikan dengan provider kartu sim yang digunakan.

Berikut daftar konfigurasi setting APN berbagai provider.

1. APN Telkomsel

Nama        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : Telkomsel atau Internet

Username : wap

Password  : wap123

2. APN Axis

Name        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : AXIS

Username : AXIS

Password  : 123456

3. APN By.U

Nama        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : byu

Username : (kosongkan saja)

Password  : (kosongkan saja)

4. APN XL GPRS

Nama        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : www.xlgprs.net

Username : xlgprs

Password  : proxl

5. APN XL Unlimited

Nama        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : xlunlimeted

Username : (kosongkan saja)

Password  : (kosongkan saja)

6. APN Indosat

Name        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : indosatgprs

Username : indosat

Password  : indosat

7. APN Three

Name        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : 3gprs atau 3data

Username : 3gprs atau 3data

Password  : 3gprs atau 3data

8. APN Smartfren

Name        : Dapat Diatur Sesuai Keinginan

APN         : #999

Dial Number : #777

Username : M8

Password  : M8

Apabila telah selesai dan berhasil maka data selulermu akan aktif sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet.

6. Ganti Kartu

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi data seluler tidak muncul di hp samsung ialah dengan mengganti kartu sim dengan kartu sim dari provider lain. Hal ini perlu dilakukan apabila diwilayah kamu memang terdapat susah jaringan internet pada kartu provider yang kamu gunakan, sehingga hal yang perlu dilakukan ialah dengan mengganti dengan kartu sim yang memiliki jaringan yang stabil sesuai dengan tempat kamu berada.

Data seluler yang tidak muncul pada perangkat seluler ini datang bukan tanpa alasan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan berbagai problem yang muncul. Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya data seluler tidak muncul di hp samsung ialah:

  1. Tidak stabil atau tidak adanya sinyal pada provider yang dipakai.
  2. Kartu Perdana belum melakukan registrasi.
  3. HP Samsung mengalalmi erorr.
  4. Jaringan pada provider yang digunakan sedang dilakukan perbaikan.

Penutup

Terhubung ke jaringan internet merupakan sebuah keharusan bagi pengguna telepon seluler. Menggunakan fitur telepon ataupun mengirimkan pesan via jaringan telepon langsung pada era sekarang ini sudah sangat jarang dilakukan. Sebagai gantinya, sekarang ini berkomunikasi baik telepon ataupun pesan menggunakan Whatsapp atau media sosial sejenisnya. Karena saat terhubung ke jaringan internet banyak hal bisa dilakukan mulai dari membuka sosial media, berselancar di browser, live streaming atau hal lainnya.

Semoga dengan membaca artikel cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp samsung ini kamu bisa menyelesaikan masalah kamu ya.