Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri di Android, 100% Berhasil!

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri di Android

Halo sobat tekno, apa kabarnya? Kali ini teknoapps.id/blog akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi hotspot mati sendiri.

Penggunaan hotspot seluler di Android adalah hal umum yang dilakukan. Tapi penggunaan hotspot ini tidak lepas dari berbagai masalah, seperti hotspot sering mati sendiri secara otomatis.

Mengalami gangguan saat menggunakan hotspot bukanlah sesuatu yang diinginkan. Lalu bagaimana cara mengatasi hotspot mati sendiri atau hotspot mati secara otomatis?

Nah sebelum ke pembahasan utamanya “cara mengatasi mengatasi hotspot mati sendiri“, mari kita bahas terlebih dahulu penyebab mengapa wifi hotspot mati sendiri di android.

Penyebab Hotspot Mati Sendiri di Android

Hotspot seluler memungkinkan kamu untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain saat menggunakan data seluler. Saat berbagi koneksi internet, kamu juga masih dapat menjelajahi internet di ponsel atau perangkat Android kamu.

Banyak alasan yang menyebabkan hotspot seluler mati secara otomatis. Alasan utamanya dapat berupa banyak cache pada perangkat, penghemat baterai dihidupkan, melewati periode waktu tetap pada pengaturan batas waktu, penggunaan data bersama telah mencapai batasan batas, dll.

Dalam beberapa kasus, android tidak dapat melakukan beberapa operasi bersama dengan hotspot seluler (Penghemat baterai). Hal ini menyebabkan langsung mematikan hotspot seluler.

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri di Android

Seperti sudah dijelaskan diatas, hotspot mati sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Untuk mengatasi masalah ini kamu dapat mengambil langkah-langkah seperti menonaktifkan penghemat baterai, memilih opsi yang tepat pada pengaturan batas waktu hotspot seluler, dan memulai ulang atau mem-boot ulang Android kamu.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hotspot mati sendiri yang telah teknoapps.id/blog rangkum.

1. Nonaktifkan penghemat baterai

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri di Android

Fitur penghemat baterai ada pada setiap perangkat android dan jika dihidupkan, mungkin ada beberapa masalah yang terkait dengan hotspot seluler. Hotspot seluler dan penghemat baterai berada di sisi yang berlawanan atau tidak dapat berjalan bersamaan. Oleh karena itu, jika penghemat baterai diaktifkan, maka nonaktifkan penghemat baterai mungkin akan mengatasi hotspot mati sendiri. 

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengatasi hotspot mati sendiri dengan menonaktifkan penghemat baterai:

  • Pertama-tama, pergi ke “pengaturan atau setting”.
  • Pergi ke opsi baterai.
  • Nonaktifkan ikon dan beri nama “Penghemat Baterai“.

Opsi penghemat baterai tersedia di semua jenis perangkat android, sesuai dengan namanya fitur ini digunakan untuk menghemat penggunaan baterai android kamu. Sebagai catatan, android kamu akan cepat kehabisan daya baterai jika masih menghidupkan hotspot pribadi, walaupun tidak ada perangkat lain yang terhubung.

2. Nyalakan ulang atau mulai ulang/restart perangkat

Restart secara sederhana dapat memecahkan banyak masalah di Android kamu. Para ahli sangat menyarankan untuk memulai ulang perangkat kamu sebelum memulai segala jenis operasi berat atau memulai game.

Hotspot mati secara otomatis mungkin juga disebabkan oleh beberapa kesalahan file internal. Reboot atau restart dapat menyelesaikan masalah ini secara instan.

3. Hapus file cache

Cara mengatasi hotspot mati sendiri yang selanjutnya adalah dengan membersihkan file cache dari ponsel kamu. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, kamu harus pergi ke opsi pengaturan.
  • Sekarang pergi ke penyimpanan.
  • Klik pada data cache.
  • Sebuah Pop up akan muncul untuk meminta konfirmasi kamu untuk menghapus data.
  • Klik ok untuk menghapus data.

Baca Juga:

4. Gunakan IPv4

Salah satu solusi atau cara mengatasi hotspot mati sendiri yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah mengatur setting IP dengan benar. Untuk melakukan itu, kamu harus mengatur pengaturan IP kamu ke IPV4.4.

Kamu tidak boleh memilih opsi “IPV5 dan IPV6”, karena jika kamu melakukannya, hotspot wifi kamu akan mati secara otomatis.

5.Perbarui firmware ponsel

Firmware adalah perangkat lunak terprogram yang ditempatkan pada perangkat keras untuk mengontrol perangkat lunak dan fungsi intinya.

Contohnya, Firmware pada Android memungkinkan perangkat keras untuk berkomunikasi dengan benar dengan sistem operasi Android dan melakukan pekerjaan yang diinput oleh pengguna. Firmware tertanam dalam perangkat, karena penting bagi perangkat untuk menjalankan sistem operasi. Jika kamu menghapusnya dapat menyebabkan kerusakan serius pada perangkat Android.

Dengan memperbarui firmware android, kamu bisa menyelesaikan segala masalah paling umum yang sering terjadi pada android. Masalah hotspot mati sendiri ini juga tidak terkecuali. Dengan memperbarui firmware, kamu dapat meningkatkan kinerja Android kamu dan juga menyelesaikan masalah terkait hotspot.

6. Ubah pengaturan batas waktu hotspot

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri di Android

Beberapa ponsel Android memiliki Pengaturan “Timeout” untuk mematikan tethering internet secara otomatis jika tidak ada perangkat yang terhubung. Jadi, periksa pengaturan Hotspot Seluler ponsel kamu untuk mengkonfigurasikan pengaturan batas waktu.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengatasi hotspot mati sendiri:

  • Buka Pengaturan dan pilih ‘Jaringan & Internet.’
  • Kemudian pilih ‘Hotspot & tethering‘.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih “Hotspot”. Tergantung pada merek dan model perangkat Android, opsi ini dapat diberi label Hotspot Seluler atau Hotspot Internet.
  •  Ketuk tombol “Lanjutan.”
  • Matikan opsi ‘Matikan hotspot secara otomatis’.

Pada beberapa ponsel Android, samsung misalnya, kamu akan menemukan opsi untuk menghapus batas waktu hotspot dengan merek Never timeout, ‘Always Keep Wi-Fi hotspot on’, atau Unlimited.

Jadi, jika kamu melihat salah satu dari opsi ini pada pengaturan Hotspot Seluler kamu, pilih opsi tersebut untuk menonaktifkan batasan waktu apa pun yang ditempatkan pada perangkat kamu.

Kamu juga dapat mengonfigurasi Pengaturan Timeout agar tetap lebih lama — katakanlah 30 menit atau lebih lama.

Catatan: Membiarkan hotspot Seluler diaktifkan tanpa perangkat terhubung dapat menguras baterai ponsel atau tablet kamu lebih cepat.

7. Non-aktifkan Wi-Fi

Hotspot Seluler di Android hanya mendukung tethering data seluler/internet. Saat terhubung ke jaringan Wi-Fi, kamu tidak dapat membagikan internet ponsel cerdas Android kamu ke perangkat lain melalui Hotspot Seluler. Inilah yang menyebabkan Android Hotspot terkadang mati.

Jika Wi-Fi ponsel cerdas kamu selalu aktif, bahkan saat tidak terhubung ke jaringan apa pun, ponsel akan secara otomatis memindai jaringan yang disimpan (misalnya, jaringan Wi-Fi rumah atau kantor).

Buka Pengaturan > Jaringan & Internet > Wi-Fi dan matikan Gunakan Wi-Fi. Atau, geser ke bawah dari atas layar kamu dan ketuk ikon Wi-Fi.

Penutup

Hotspot tiba-tiba mati sendiri memang sangat menjengkelkan apa lagi jika kita dikejar dead-line. Nah itulah tadi beberapa rangkaian cara yang telah teknoapps.id/blog rangkum. Semoga dengan membaca artikel ini kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasi hotspot mati sendiri pada android kamu ya.

Jika kamu merasa artikel ini berguna, jangan segan-segan untuk meng-share artikel ini kepada teman-teman kamu yang mungkin memiliki masalah yang sama. Terimakasih telah berkunjung!