Biar Awet, Bagian-bagian Komputer ini Wajib Kamu Bersihkan

Bagian-bagian Komputer

Bagian-bagian Komputer – Layaknya smartphone, komputer kini menjadi salah satu bagian hidup dari manusia, maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dari perangkat keras komputer tersebut. Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagian-bagian komputer yang perlu dilakukan perawatan secara rutin.

Untuk kalian yang sudah lama bergelut dengan komputer, pastinya sudah paham komponen mana saja yang perlu dijaga dan dirawat. Namun bagi mereka yang baru pertama kali kenal komputer, maka wajib pahami komponen utama komputer tersebut.

Komputer adalah Partner Manusia

Tidak bisa dipungkiri, jika komputer ini menjadi partner manusia dalam bekerja. Entah itu berupa komputer dekstop atau komputer jinjing (laptop), pasti mereka yang bekeja di perkantoran maupun dunia pendidikan butuh alat ini.

Selain berguna untuk mengerjakan tugas, browsing internet, maupun menikmati konten multimedia, namun komputer ini juga bisa digunakan untuk bermain game diwaktu luang.

Bagian-Bagian Komputer Penting Untuk Dirawat

Sebagai alat elektronik yang sangat membantu aktifitas, maka kalian harus merawar komputer ini dengan baik supaya bisa menjalankan tugas dengan baik. Lantas bagian-bagian komputer mana saja yang butuh perawatan tersebut? simak ulasannya di bawah ini :

CPU

Bagian-bagian komputer pertama yang wajib kamu bersihkan adalah CPU, dimana komponen ini sangat penting untuk dijaga kebersihan dan perawatannya supaya bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Bersihkan seluruh bagian komputer secara menyeluruh dan berkala menjadi salah satu cara membuat komputer panjang umur.

Meskipun letaknya didalam sebuah tabung atau casing, namun bukan berati debu dan kotoran tidak bisa masuk kedalamnya. Karena semua benda tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil dan bisa saja masuk dari sela-sela atau ventilasi tersebut.

Lantas kenapa tidak ditutup saja ventilasi udara tersebut? jangan pernah kalian lakukan ini hanya untuk membuat kotoran tidak bisa masuk kedalam CPU, karena kegunaan ventilasi udara ini untuk membuang suhu panas dari CPU saat digunakan beraktifitas agar tidak mengalami overheat. 

Pasalnya jika bagian-bagian komputer didalam CPU ini overheat, maka bisa membuatnya rusak dan tak bisa digunakan lagi. Selain harganya yang cukup mahal, dikhawatirkan data pribadi kalian yang tersimpan didalam komputer juga ikut hilang nantinya.

Jadi lebih baik memilih untuk membersihkan bagian-bagian komputer ini daripada harus membeli perangkat yang baru. Nah untuk membersihkannya pun cukup gampang, kalian cukup membuka casing dari CPU tersebut.

Setelah itu gunakan blower kecil atau pipet untuk meniup debu yang ada di sela-sela komponen PC itu. Jangan pernah menggunakan benda keras untuk membersihkan CPU ini, karena dikahawatirkan goresan yang ditimbulkan bisa menyebabkan error sistem didalamnya.

Jangan biarkan debu dan kotoran ini sampai menumpuk didalam CPU komputer kalian, selain tidak enak dilihat juga tidak jarang debu yang menumpuk terlalu banyak ini bisa menyebabkan masalah nantinya.

Bersihkan dan Rawat Monitor

Selain CPU, bagian-bagian komputer lain yang cukup penting keberadaannya adalah monitor. Dimana hardware ini bertugas untuk memberikan visualisasi kepada kalian saat menjalankan komputer. Tanpa adanya monitor ini, maka kalian pun bakalan bingung bagaimana mengoperasikan komputer tersebut.

Maka dari itu, karena pentingnya keberadaan dari Monitor maka kalian perlu melakukan perawatan agar nantinya monitor tersebut bisa awet. Perlu kalian ketahui, jika dipasaran ini ada tiga jenis monitor yang masing-masing memiliki cara perawatan berbeda-beda.

Ketiga jenis monitor ini diantaranya adalah model CRT (Cathoed Ray Tube), LCD (liquid Crystal Display), dan juga yang paling baru adalah LED (Light Emitting Diode). Ketiga jenis monitor ini punya spesifikasi berbeda-beda, dan butuh cara perlakukan yang berbeda-beda pula.

Jika monitor kalian berjenis CRT atau monitor tabung, maka kalian bisa menggunakan cairan pembersih dan mengeringkannya dengan kain halus. Namun jangan pernah menggunakan cairan ini pada jenis laya LCD maupun LED, karena hal tersebut akan memberikan warna kuning dilayar. 

Selain itu, jangan pernah kalian menutup kubang ventilasi pada layar, karena itu adalah bagian untuk mengeluarkan suhu panas didalam layar. Jika anda menutup lubang tersebut agar tidak dimasuki debut, maka ini pemikiran yang salah karena justru suhu panas tidak bisa keluar dan monitor rawan terbakar.

Uninstall Program yang Tidak Penting

Seringkali beberapa pengguna komputer ini menginstall berbagai program aplikasi kedalam perangkat miliknya. Pasalnya kapasitas penyimpanan didalam PC ini sangat besar sehingga memungkinkan mereka bisa menginstall banyak aplikasi didalamnya.

Memang bukan jadi masalah berarti apabila kapasitas penyimpanan dalam komputer kalian masih tersisa banyak. Namun masalahnya disini kebanyakan dari mereka setelah menginstall sebuah aplikasi, hanya menggunakannya dalam waktu sebentar saja.

Setelah bosan, mereka sudah menggunakan aplikasi tersebut, dan lebih parahnya sampai lupa jika pernah menginstall aplikasi ini. Nah untuk tips perawatan bagian-bagian komputer kali ini bukan dari sisi hardware, melainkan lebih kedalam sisi software yang juga tidak boleh kalian abaikan begitu saja.

Jika memang kalian merasa aplikasi tersebut tidak dibutuhkan lagi, maka lebih baik di uninstall saja. Hal ini bertujuan agar nantinya kapasitas penyimpanan didalam hardisk komputer kalian tidak penuh sesak, sehingga bisa beperngaruh pada performa perangkat kamu tersebut.

Sebab jika kebetulan hardisk kalian sudah penuh namun komputer masih dipaksa untuk bekerja, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan komputer kalian mengalami masalah seperti hang nantinya.

Matikan Komputer Sesuai Prosedur

Memang terlihat sepele namun cara mematikan komputer yang benar ini akan menjadi penentu usia dari perangkat milikmu tersebut. Kalian dilarang keras untuk mematikan komputer secara langsung dengan cara mencabut sumber energi atau dengan menekan tombol power, karena hal ini bisa menyebabkan bagian-bagian komputer di sisi hardware bisa cepat rusak.

Matikan komputer sesuai dengan prosedur yang ada, seperti menggunakan tombol Shutdown yang sudah disiapkan pada sistem operasi perangkat tersebut.

Gunakan Komputer Pada Listrik Stabil

Tidak jauh beda dengan mematikan komputer sesuai prosedur diatas tadi, kondisi listrik yang tidak stabil juga bisa merusak bagian-bagian komputer di sisi hardware. Tegangan listrik yang naik turun ini sangat berbahaya, karena sumber kehidupan utama dari komputer adalah listrik.

jika komputer sering mendapatkan aliran listrik tegangan rendah-tegangan tinggi terus, maka bisa merusak komponen didalamnya. Dan komponen yang rawan rusak karena kondisi ini adalah motherboard maupun Power supply yang terbakar.

Untuk solusinya, kalian bisa membeli alat penstabil listrik yang bertujuan supaya sumber energi listrik yang masuk kedalam komputer ini tetap stabil. Tidak hanya komputer saja, bahkan kondisi tegangan listrik yang tidak stabil ini juga bisa merusak benda elektronik lain yang ada di tempat kalian.

Penutup

Nah mungkin cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang tips bagian-bagian komputer yang perlu dibersihkan. Semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan kalian.