Deretan Komponen Utama Komputer Sekaligus Fungsinya

Komponen Utama Komputer

Jika kalian membahas tentang komponen utama komputer, maka ada tiga poin yang harus kamu ketahui yakni Hardware, software, dan brainware.  Namun apakah kalian sudah memahami akan maksud dari tiga poin diatas tersebut?

Ulasan kali ini akan secara khusus membahas lebih dalam tentang komponen utama komputer tersebut sehingga kamu bisa lebih paham lagi. Jadi tidak sekedar menggunakannya saja, namun kamu juga mengetahui apa nama dan fungsi dari benda tersebut.

3 Komponen Utama Komputer Besereta Kegunaanya

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika perangkat keras komputer ini memiliki tiga komponen utama, dan ketiganya ini saling terhubung satu sama lain agar komputer bisa berjalan bagaimana mestinya. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Hardware

Komponen utama komputer yang pertama kali ini adalah Hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Perangkat Keras. Ini merupakan komponen didalam komputer yang nyata, bisa dilihat dan diraba.

Komponen ini tidak hanya satu, namun ada beberapa jumlahnya yang saling bekerjasama untuk melakukan perintah yang diberikan oleh user. Berikut ini contoh komponen dalam hardware komputer :

Keyboard

Komponen komputer pertama kali ini adalah keyboard, dimana alat ini masuk dalam komponen input. Artinya keyboard ini menjadi salah satu media bagi user untuk memasukkan perintah kedalam komputer sebelum nantinya di proses oleh sistem yang ada didalamnya.

Dulunya keyboard tidak secanggih sekarang, terlebih sebelum memasuki tahun 90an. Namun saat ini komponen utama komputer tersebut sudah memiliki banyak sekali tombol dengan fungsi masing-masing untuk memudahkan pengguna menjalankan komputer.

Bahkan saat ini ada dua macam keyboard yang bisa digunakan oleh user, yakni keyboard yang menggunakan kabel USB, dan keyboard yang tidak membutuhkan kabel. Soal harga, jelas keyboard konvensional jauh lebih murah dibandingkan yang tanpa membutuhkan kabel.

Mouse

Sama halnya dengan keyboard, komponen utama komputer yang satu ini juga masuk dalam kategori komponen input. Dimana pengguna tidak hanya sekedar menggerakkan pointer didalam komputer saja, namun mouse ini juga memberikan perintah sesuai dengan keinginan pengguna.

Dalam perkembangannya saat ini, mouse juga tersedia dua macam yakni menggunakan kabel dengan USB di ujungnya. Serta ada keyboard tanpa kabel alias Wireless dengan memanfaatkan sambungan bluetooth nanti.

Prosesor / CPU

CPU (Central processing unit) merupakan komponen utama komputer yang menjadi otak dari alat-alat komputer tersebut. Tanpa adanya prosesor ini maka komputer kalian tidak akan bisa bekerja, karena setiap perintah yang kalian masukkan kedalam komputer ini akan diolah dulu oleh prosesor.

Namun dalam melakukan pekerjaanya, prosesor ini tidak bisa berjalan sendiri karena masih tetap membutuhkan komponen PC lain seperti RAM dan Kartu grafis. Ketiganya saling bekerja sama untuk memberikan hasil output yang menarik untuk user.

Semakin canggih kemampuan dari ketiga komponen komputer tersebut, maka semakin mantap pula kemampuan yang akan diberikan dalam mengerjakan setiap perintah yang kalian minta.

Printer

Printer ini memang bukanlah komponen bawaan dari komputer, dimana kalian harus membelinya sendiri untuk bisa memilikinya. Pastinya kalian sudah paham ya dengan fungsi dari printer ini? umumnya alat tersebut digunakan untuk mencetak hasil kerja pengguna didalam komputer.

Untuk media cetaknya sendiri bisa berupa dokumen maupun foto, tergantung dari jenis printer yang kalian miliki. Beberapa jenis atau model printer ini tidak hanya memiliki kemampuan untuk mencetak saja, namun juga dibekali kemampuan untuk scan dan fotocopy.

2. Software

Komponen utama komputer selanjutnya kali ini adalah software atau bisa disebut sebagai perangkat lunak. Software ini merupakan sebuah program yang didalamnya berisi berbagai perintah yang mampu dipahami oleh komputer, dimana dalam pekerjaanya software ini dibarengi dengan hardware untuk memberikan respon.

Nah dengan keberadaan software, ini maka pengguna pun bisa melakukan aktifitas yang umum dilakukan ketika memakai komputer, mulai dari menghitung, mengetik, menggambar, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa contoh software yang umum tersedia didalam setiap komputer, diantaranya :

  • Aplikasi pengolah kata, seperti Open Office, Microsoft Word, Notepad, dan lain-lain
  • Aplikasi pengolah angka, seperti SuperCalc, Microsoft Excel, Lotus 123, dan lain-lain
  • Aplikasi pembuat presentasi, sepert StoryBoard, Mircoroft Powerpoint, dan lain-lain
  • Aplikasi pengolah database, seperti FoxPro, Microsoft Access, dan lain-lain
  • Aplikasi pengolah gambar, sepert Corel Draw, ACDSee, Photoshop, dan lain-lain
  • Aplikasi bahasa pemrograman, seperti Visual Basic, Pascal, Java, dan lain-lain
  • Aplikasi permainan, sepert game PC

3. Brainware

Yang dimaksud Brainware dalam komponen utama komputer ini adalah orang yang menggunakan komputer tersebut, atau orang yang bisa mengoperasikannya. Nah untuk Brainware ini sendiri dibedakan menjadi 3 macam, yakni programmer, operator, administrator.

Programmer

untuk programmer ini memiliki tugas yakni merancang sebuah program bagimana perangkat ini bisa berjalan semestinya. Jadi para programmer memiliki tanggung jawab merancang sebuah program didalam komputer ketika saat itu digunakan.

Untuk menyelasaikan tugasnya, programmer ini biasanya butuh bantuan dari hardware dan software guna memastikan rancangannya bisa berjalan dengan baik. Tugas lain dari programmer ini adalah memastikan keamanan dan kelancaran dari program yang mereka bangun.

Operator

Jika programmer ini tugasnya merancang sistem, maka untuk mereka yang mengetes hasil kerja dari programme ini adalah operator. Maka dari itu, operator tidak hanya sekedar menjajal hasil kerja programmer saja, namun ia memiliki tanggung jawab memastikan program tersebut berjalan lancar tanpa ada kendala.

Maka dari itu, bagi operator yang memiliki skill lebih juga bisa diminta tolong untuk melakukan maintenance dalam sebuah sistem yang ada didalam komputer tersebut.

Administrator

Dan jenis Brainware yang terakhir ini paling mudah tugasnya, dimana ia bertugas untuk menjalankan program yang dibangun oleh programmer, dan sudah dipastikan lancar semuanya oleh operator tadi. Selain itu administrator ini juga diminta untuk mengelola struktur dalam sebuah sistem pada jaringan serta program komputer yang ia pakai.

Dengan adanya administator ini, maka fungsi program yang ada didalam komputer pun bisa memiliki struktur yang rapi dan enak untuk dilihat. Seperti contohnya untuk kalian yang memiliki profesi seorang akuntan, yang mana pasti diminta menyusun laporan keuangan memakai aplikasi supaya enak dibaca dan dipresentasikan pada banyak orang.

Menjadi administrator ini juga memiliki plus minusnya, dimana pekerjaan yang dilihat kasat mata sangat mudah namun diperlukan keahlian khusus dalam menjalankan sebuah aplikasi tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Penutup

Nah itu tadi sedikit ulasan dari TeknoApps tentang komponen utama komputer, dimana ketiga komponen ini memang tidak bisa kamu pisahkan satu dengan yang lainnya. Pasalnya ketiga komponen ini memang saling membutuhkan supaya komputer bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang tiga komponen utama komputer yang harus haru kalian tahu. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian nantinya.