Cara Perbaiki Router Wifi yang Tidak Bisa Connect

Cara Perbaiki Router Wifi yang Tidak Bisa Connect

Cara Perbaiki Router Wifi yang Tidak Bisa Connect – Beberapa kendala yang berkaitan dengan internet memang menyusahkan. Apalagi, di era sekarang, work from home, sekolah daring, yang mana selalu berkaitan erat dengan internet. Salah satu kendala yang kerap dialami ialah router wifi yang tidak bisa connect ke jaringan. Jika kendala ini Anda alami, pasti kesal bukan?

5 Cara Perbaiki Router Wifi Yang Tidak Bisa Connect

Router wifi merupakan suatu benda yang berfungsi sebagai penghubung jaringan. Namun, jika router wifi Anda tidak berfungsi dengan baik, maka cobalah cara perbaiki router wifi yang tidak bisa connect berikut ini.

1. Cara Perbaiki Router Wifi dengan Restart Router

Router wifi atau yang biasa kita sebut sebagai modem, merupakan suatu alat yang menghubungkan suatu jaringan. Alat ini juga sering menjadikan alasan internet tidak dapat terhubung. Oleh karena itu, jika internet Anda tidak bisa terkoneksi dengan jaringan, cobalah untuk memulai ulang router Anda.

Caranya adalah dengan memencet tombol off router selama 30 detik atau hingga router tersebut mati, lalu hidupkan router kembali. Silahkan Anda coba koneksikan ulang, apakah wifi Anda sudah terhubung atau tidak, jika masih tidak dapat terhubung, silahkan coba cara ke 2 sampai ke 5.

2. Cara Perbaiki Router Wifi dengan Restart Gadget

Jika merestart router belum berhasil, mungkin penyebabnya berasal dari gadgetmu. Apa salahnya Anda mencoba memulai ulang gadget Anda, dengan cara yang sama.

Matikan gadget Anda kurang lebih selama 30 detik, lalu nyalakan kembali, serta coba ulang untuk mengkoneksikannya ke jaringan wifi. Restart gadget ini berfungsi me-refresh keseluruhan sistem gadget Anda.

3. Cara Perbaiki Router Wifi dengan Mode Pesawat

Cara selanjutnya, dengan memakai mode pesawat dalam beberapa saat, lalu matikan mode pesawat tersebut, dan coba lagi untuk connect ke jaringan internet. Memakai mode pesawat beberapa saat dapat me-refresh jaringan Anda.

4. Cara Perbaiki Router Wifi dengan Cek Data IP Terblokir

Jika ketiga cara diatas sudah Anda coba, namun tetap nihil. Maka silahkan Anda cek, mungkin data IP Anda terblokir. Cara mengecek data IP yang terblokir dengan masuk ke sistem konfigurasi wifi.

Setelah masuk ke sistem konfigurasi wifi, coba masukkan 192.620.1 pada kolom alamat pada browser Anda. Kemudian log in sebagai guest dengan menggunakan username “admin”, tidak usah menggunakan password. Nah, disini Anda dapat mengetahui semua data IP yang terblokir.

Jika, data IP Anda atau keluarga Anda ada yang terblokir, maka silahkan unblock data IP tersebut dan mencoba untuk melakukan koneksi ulang.

5. Cara Perbaiki Router Wifi dengan Update Driver Adaptor Wifi

Cara perbaiki router wifi yang tidak bisa connect yang terakhir adalah dengan mengupdate driver adaptor wifi tersebut. Ingat, cara ini hanya bisa dilakukan di PC atau laptop saja. Caranya, ialah dengan melihat pada bagian pengaturan atau properties pada PC atau laptop Anda, kemudian klik update pada driver adaptor wifi Anda. 

Bagaimana? Apakah sudah Anda coba semua cara diatas? Semoga berhasil ya. Dicoba saja, dari restart router nya, me-refresh jaringan atau sistem gadget Anda, dan update driver adaptornya. Jangan lupa cek data IP yang terblokir. Semoga artikel mengenai cara perbaiki router wifi yang tidak bisa connect ini dapat bermanfaat!