Cara Memindahkan File ke Flashdisk untuk Komputer, Laptop, dan Ponsel

cara memindahkan file ke flashdisk

Cara Memindahkan File ke Flashdisk – Dari sekIan banyak benda yang diciptakan untuk menyimpan data-data secara digital, flashdisk sangat diminati daripada hardisk eksternal, kepingan DVD, CD Rom, dan SSD eksternal. Bentuknya kecil, mudah dibawa, cara memindahkan file ke flashdisk juga rumit sama sekali.

Cara Kerja dan Fungsi Flashdisk

Komponen yang menyusunnya terdiri dari motherboard, USB, dan casing (bisa metal, plastik, atau karet). Kapasitas penyimpanannya tersedIa dari 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 126GB, hingga 512GB. Fungsinya untuk menyimpan file-file digital dalam bentuk apapun.

Dibekali USB sebagai konektor ke berbagai device. Anda bisa menghubungkannya ke komputer, laptop, hingga ponsel sekalipun menggunakan OTG. 

Cara memindahkan file ke flashdisk untuk ketiga perangkat tersebut kurang lebih sama, hanya saja khusus handphone tidak terlalu banyak opsi.

Cara Memindahkan File ke Flashdisk

Ada berbagai macam opsi yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan file-file dari komputer, laptop, maupun ponsel Anda ke flashdisk. Mudah sekali untuk melakukan cara memindahkan file ke flashdisk, simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini:

1. Memindahkan File dari Komputer dan Laptop ke Flashdisk

Memindahkan file dari komputer dan laptop ke flashdisk hanya membutuhkan beberapa langkah ringan saja. Ada dua opsi jika Anda ingin mentransfer data yaitu move dan copy. Pilih sesuai dengan kebutuhan saja, karena mereka berdua memiliki fungsi yang berbeda jika diterapkan.

  • Hidupkan perangkat Anda.
  • Hubungkan flashdisk dengan konektor USB hingga berbunyi.
  • Buka menu explore atau CTRL+E pada keyboard.
  • Cari file yang akan Anda pindahkan.
  • Klik kanan file tersebut hingga kotak dIalog muncul.
  • Pilih Copy (CTRL+C) atau Move (CTRL+X) dari kotak dIalog.
  • Pergi ke ruang flashdisk (Removable Disk).
  • Klik kanan mouse, pilih paste pada kotak dIalog.
  • Atau bisa menggunakan CTRL+V pada keyboard.

2. Memindah File dari Ponsel ke Flashdisk

SebagIan dari orang merasa ribet kalau harus memindahkan file dari handphone ke laptop, sebenarnya bisa saja tinggal hubungkan kabel USB atau dengan card reader. Tapi kalau untuk dipindahkan ke flashdisk, lebih baik Anda simak cara memindahkan file ke flashdisk dari ponsel di bawah ini:

  • SIapkan kabel konektor atau OTG. Tanpa itu, Anda tidak bisa menghubungkan disk.
  • Setelah memasang konektor, hubungkan flashdisk.
  • Tunggu sistem handphone memprosesnya hingga muncul pemberitahuan.
  • Setelah pemberitahuan ditampilkan pada notifikasi bar, pergi ke manajemen file.
  • Pastikan jika ada memori tambahan pada manajemen file.
  • Cari file yang akan Anda pindah.
  • Ketuk dan tahan file hingga muncul opsi salin atau pindah.
  • Pilih salah satu kemudIan pergi ke ruangan flashdisk.
  • Klik opsi salin atau pindah di sini.
  • Tunggu hingga proses transfer selesai.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

Penyebab Rusaknya Flashdisk

Tidak ada perangkat elektronik yang tidak akan rusak, mau Ia digunakan sangat sering atau jarang, di kemudIan hari pasti akan datang waktunya. Tentu hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh kelalaIan penggunaan, bisa juga karena sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti halnya menggunakan flashdisk.

1. Tidak Memberlakukan Perintah Eject

Perintah eject difungsikan untuk menghentikan semua aktifitas yang dilakukan oleh perangkat Anda, seperti menampilkan file pada kotak dIalog, menyalin, dan masih banyak lagi. Sesudah melakukan cara memindahkan file ke flashdisk, wajib untuk menjalankan fungsi ini sebelum mencabutnya dari konektor.

Mau itu dihubungkan dengan handphone, maupun komputer dan laptop, fungsi ini akan membantu Anda mencegah terjadinya kerusakan pada motherboard flashdisk. Program berjalan yang dimatikan dengan perintah eject dapat diibaratkan sebagai shutdown dan turn-off.

2. Terkena Malware

Karena flashdisk adalah disk lepas yang dapat dibawa kemana-mana, menjadikannya mudah untuk dihubungkan dengan berbagai perangkat. Sedangkan saat Ia berhasil terpasangkan, Anda tidak tahu seperti apa kondisi laptop atau komputer itu, ada malware di sana.

Cara memindahkan file ke flashdisk dari laptop atau komputer dapat membawa malware juga. Seperti hasil downloadan suatu situ. Bisa saja ternyata terdapat virus yang bersemayam lama dalam perangkat tersebut, kemudIan aktif dan berpindah ke disk lepa Anda, sehingga menyebabkannya menjadi error. 

Baca : Beberapa Cara Menghidupkan Laptop yang Mati Dan Sleep

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Opsi ini hanya bisa Anda lakukan di komputer atau laptop saja, karena ponsel tidak dibekali dengan menu untuk memperbaiki flashdisk. Terdapat dua cara untuk Anda untuk memperbaiki error atau kerusakan ringan pada disk lepas, penjelasan selanjutnya ada di bawah ini:

1. Menggunakan Device Manager

Seperti namanya, device manager adalah menu yang membuat Anda dapat melakukan kontrol pada perangkat keras komputer atau laptop. Ia merupakan software bawaan dari Microsoft, jadi tidak perlu menginstalnya dari pihak ketika (download di tempat lain dahulu).

Anda tidak akan bisa menemukannya tanpa perintah Run, harus menggunakan CMD dengan perintah devmgmt.msc. Setelah perintah dikirim, akan muncul sebuah kotak dIalog kemudIan cari disk drive. Kliik panas pada General Flashdisk, pilih Scan for Hardware Changes. Setelah itu restart perangkat.

2. Format Flashdisk Melalui CMD

Saat menjalankan cara memindahkan file ke flashdisk, Anda tidak tahu data tersembunyi apa yang ikut tertransfer. Apabila malware berhasil menyusup ke disk lepas Anda, mengakibatkan Ia menjadi error dan bIasanya perlu dilakukan pemformatan agar virus menghilang secara permanen.

Anda bisa melakukan pemformatan dengan menggunakan perintah pada Run. Ketikan CMD, selanjutnya FORMAT F: /FS:FAT. Perlu diingat, huruf F yang berdiri sendiri itu merupakan lokasi flash drive, bisa juga E G H I. Setelah itu tekan enter, sistem akan melakukan penghapusan semua data.

Baca : 2 Cara Memindahkan File dari Laptop ke Flashdisk yang Baik dan Benar

Penutup

Ternyata cara memindahkan file ke flashdisk tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop, handphone juga bisa menjalankan perintah tersebut asalkan Ia sudah didukung OTG. Kini Anda tidak akan repot jika hendak memindah data dari ponsel ke disk lepas. Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel TeknoApps berikutnya.