Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop

Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop – Keyboard menjadi salah satu komponen penting bagi perangkat PC maupun laptop, jika keyboard ini mengalami error tentu sangat menyebalkan. Sebagai pertolongan pertama kamu bisa memakai keyboard virtual didalamnya, lalu bagaimana cara menampilkan keyboard di layar laptop ini?

Kalian tidak perlu bingung, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menampilkan keyboard di layar laptop yang bisa kalian coba nantinya. Selain itu kalian juga tidak butuh aplikasi tambahan apapun untuk melakukannya.

Menggunakan On Screen Keyboard

Untuk cara menampilkan keyboard di layar laptop ini kalian bisa memakai aplikasi yang bernama On Screen Keyboard. Dimana aplikasi keyboard virtual tersebut sudah secara otomatis tertanam didalam perangkat kalian, baik itu pada laptop atau komputer.

Aplikasi keyboard virtual ini memang sudah merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi, jadi kalian sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari aplikasi tersebut. Hanya saja keberadaan dari aplikasi ini tak banyak orang yang tahu, sehingga jarang sekali dipakai oleh mereka.

Manfaat On Screen Keyboard

Sebelum membahas tentang cara menampilkan keyboard di layar laptop ini, sebaiknya kalian ketahui dulu apa manfaat dari keberadaan aplikasi On Screen Keyboard tersebut. Tentu ada banyak sekali manfaatnya, khususnya bagi kalian yang menggunakan laptop berjenis layar sentuh maupun tidak.

Keberadaan aplikasi ini sangat penting, dimana akan sangat menolong kalian diwaktu yang mendesak sedangkan keyboard fisik sedang mengalami masalah, seperti pada bagian tombol tertentu yang ternyata tidak bisa digunakan.

Lalu bagaimana cara memunculkan keyboard di laptop? salah satunya adalah dengan mengklik ikon Ease os Access yang secara default sudah muncul pada halaman masuk komputer tersebut. Disana terdapat sejumlah opsi bantuan yang bisa kalian pakai, dan salah satunya adalah On Screen Keyboard tersebut.

Untuk membukanya kalian pun tinggal klik dua kali pada ikon tersebut, lalu tampilan dari keyboard virtual ini pun bakalan muncul pada layar laptop kalian. 

5 Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop

Selain memakai cara diatas, masih ada trik lain yang bisa kalian lakukan untuk memunculkan keyboard di layar laptop tersebut. Dan berikut ini ada lima cara yang bisa kalian coba nanti, diantaranya :

1. Lewat Menu Pengaturan

Cara menampilkan keyboard di layar laptop yang oertama kali ini kalian bisa menggunakan menu pengaturan didalam laptop kalian. Cukup dengan beberapa langkah saja, maka kalian sudah bisa mengakses keyboard virtual tersebut.

  • Langkah pertama silahkan kalian klik logo Windows yang ada dibagian pojok kiri bawah untuk membuka menu start
  • Selanjutnya silahkan kalian klik menu Settings >> Ease of Access > Keyboard
  • Lalu kalian aftikan menu on-Screen Keyboard yang berada di sebelah kana
  • Seslai, nanti secara otomatis aplikasi On-Screen Keyboard bakalan muncul di layar laptop kalian

2. Dengan Control Panel

Untuk cara selanjutnya ini hampir mirip dengan yang pertama tadi, hanya saja untuk langkah-langkah diawal ada sedikit perbedaan. Namun pada intinya kita tetap menuju ke menu Ease of Access Center tadi.

  • Langkah pertama silahkan kaliian buka Control Panel, untuk cara mudahnya bisa dengan kombinasi tombol Windows + U untuk membuka menu Ease of Access Center di Control Panel
  • Selanjutnya kalian klik menu Start On-Screen Keyboard yang berada didalam kotak Aksess Tools cepat yang disediakan
  • Tunggu beberapa waku sampai aplikasi On-Screen Keyboard ini muncul di layar laptop kalian
  • Selesai, kini keyboard virtual tersebut bisa kalian gunakan

3. Dari Kolom Pencarian

Bagi kalian yang memakai laptop dengan OS Windows 10, maka akan menemukan sebuah kolom pencarian khusus yang diletakan pada taskbar di sebelah kiri bawah. Nah untuk cara menampilkan keyboard di layar laptop tersebut, bisa kalian simak caranya dibawah ini:

  • Langkah pertama langsung saja kalian klik ikon pencarian tersebut
  • Selanjutnya silahkan kalian ketik On Screen, Keyboard, atau langsung komplit On-Screen keyboard
  • Nantinya secara otomatis sistem bakal melakukan pencarian terkait kata kunci yang kalian masukkan
  • Selanjutnya jika terdapat aplikasi On-Screen Keyboard didalamya, maka langsung saja kalian klik aplikasi On-Screen keyboard tersebut
  • Tunggu prosesnya, dan jika sudah muncul di layar laptop kalian bisa langsung digunakan aplikasi keyboard digital tersebut

Selain itu dengan memakai Windows 10 ini kalian juga bisa meminta bantuan asisten digital didalamnya, namun sebelumnya kalian harus mengaktifkan fitur Cortana didalamnya.

4. Menggunakan Windows Run

Cara menampilkan keyboard di layar laptop selanjutnya kali ini kalian bisa memakai layanan bernama Windows Run didalam laptop tersebut. Cara ini juga cukup sederhana sehingga kamu bisa membuka keyboard digital ini dnegan mudah.

  • Langkah pertama langsung saja kalian klik tombol Windows + R di keyboard
  • Setelah muncul kotak dialog, langsung saja kalian ketik kata OSK pada kotak pencarian yang disediakan, lalu klik OK
  • Tunggu beberapa waktu, nantinya aplikasi On Screen Keyboard ini bakal tampil di layar laptop nantinya

5. Dengan Command Propt

Dan cara terakhir yang bisa kalian lakukan ialah melalu command prompt atau CMD. Cara ini mungkin cukup ribet khususnya bagi kalian yang masih awam, namun bagi yang sudah kenal dengan CMD maka cara ini cukup mudah digunakan.

  • Langkah pertama silahkan kalian klik tombol Windows + X di Keyboard
  • Setelah menu akses cepat muncul, silahkan kalian klik bagian Command Prompt
  • Lalu setelah muncul, langsung saja kalian ketik OSK, dan tekan Enter
  • Nantinya aplikasi On Screen Keyboard ini bakalan muncul di layar laptop kalian

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang cara menampilkan keyboard di layar laptop, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.