Belum Banyak yang Tahu, Inilah Cara Restart Laptop dengan Keyboard

Cara Restart Laptop dengan Keyboard

Cara Restart laptop dengan keyboard merupakan sebuah langkah alternatif yang sering digunakan oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan memudahkan proses matikan ulang perangkat tanpa menggunakan kursor. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

Beberapa Cara Restart Laptop Dengan Keyboard

Jika bicara mengenai cara Restart laptop dengan keyboard, tentu bukan rahasia umum lagi. Sebab, trik ini hampir diketahui oleh para penggunanya. Namun siapa sangka ternyata masih ada orang yang tidak memahaminya. Berikut beberapa metode yang dapat Anda lakukan.

1. CTRL + Alt + Delete

Cara Restart laptop dengan keyboard pertama yang bisa Anda gunakan adalah melalui sebuah shortcut keyboard. Metode ini merupakan satu langkan paling mudah dan tak memerlukan banyak waktu dalam prosesnya proses. Berikut beberapa tahapannya.

  • Tekan dan tahan CRTL + AlT + Del.
  • Tentuka pilihan opsi jika tidak diproses.
  • Apabila belum tampil, jangan khawatir.
  • Tekan dan tahan kembali CTRL + Alt + Del.
  • Lalu klik perintah Matikan.
  • Kemudian tekan Enter.
  • Pilih tombol atau menu  Tab.
  • Pilih opsi menu Drop-down.
  • Terakhirk arahkan ke perintah Restart.
  • Tekan Enter untuk Restart.

Dengan menggunakan metode tersebut membuat Anda tidak usah lagi mengoperasikan mouse ataupun sejenisnya. Cara Restart laptop dengan keyboard memungkinkan untuk menjadi jawaban jika perangkat sedang stuck. Jadi, jangan lagi panik dan khawatir.

2. Menggunakan Menu Start Melalui Keyboard

Cara Restart laptop dengan keyboard yang satu ini merupakan metode yang paling umum diterapkan oleh orang. Hal itu dikarenakan dapat digunakan dalam berbagai jenis laptop baik berdasarkan versi OS ataupun merknya. Berikut beberapa tahapannya.

  • Buka menu start melalui keyboard.
  • Arahkan ke Ikon Power.
  • Lalu akan muncul beberapa opsi pilihan.
  • Pilih perintah Restart.

Cara Restart laptop dengan keyboard ini sangat diandalkan oleh para penggunanya. Alasannya dikarenakan cujup mudah dalam diterapkan alhasil siapapun bisa memanfaatkannya. Apalagi tak dipengaruhi pasa  spesifikasi laptop yang dipakai.

3. Windows Run (Win + R)

Win+R atau Windows Run adalah sebuah pintasan yang bisa memudahkan para penggunanya. Anda dapat mencari banyak perintah melalui fitur termasuk cara Restart laptop dengan keyboard. Berikut beberapa tahapannya.

  • Tekan tombol Windows + Run.
  • Pastikan dilakukan secara bersamaan.
  • Ketikkan Restart atau Shutdown.
  • Terakhir tekan tombol Enter.

Cara Restart laptop dengan keyboard ini bisa dilakukan dengan dua metode. Pertama bisa melalui menu yang tersedia. Cara kedua adalah menggunakan shortcut yang telah dijelaskan sebelumnya. Alhasil, masalah stuck pada laptop pun bisa teratasi.

4. Command Prompt (CMD)

Cara Restart laptop dengan keyboard berikutnya adalah memanfaatkan pintasan berupa CMD atau Command Prompt. Langkah ini bisa Anda lakukan jika berbagai macam cara sebelumnya tak dapat bekerja secara maksimal. Berikut beberapa tahapannya.

  • Tekan dan tahan Windows + R.
  • Ketikkan Command atau CMD.
  • Lalu tekan Enter.
  • Kemudian ketikkan kembali perintah Restart-r.
  • Terskhir Tekan lagi tombol Enter.

Dengan menggunakan cara ini maka Anda tak perlu lagi repot-repot pakai mouse ataupun gerakkan kursor. Selain itu, cara Restart laptop melalui keyboard memungkinkan untuk dijadikan solusi jika laptop lagi hang. Jadi, tidak usah panik dan bingung.

5. WinX (WIN + X).

Bukan hanya itu saja, cara Restart laptop dengan keyboard lainnya pun masih tersedia.  Salah satu diantaranya ialah memanfaatkan shortcut Windows X (Win x). Untuk itu, agar jadi lebih paham dan jelas, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  • Tekan dan tahan tombol Windows + X.
  • Pilih Shutdown atau Logout.
  • Arahkan ke perintah Restart.

Dengan cara yang satu ini sama seperti metode sebelumnya dimana memanfaatkan pintasan. Jadi, dapat dikatakan merupaka solusi jika laptop berada disituasi hang atau tak bisa digerakkan sama sekali. Dengan begitu, tidak perlu mematikannya secara paksa.

Baca : Perangkat Keras Komputer : Detail Lengkap Hardware Laptop dan Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Penyebab Laptop Hang Dan Perlu Di Restart

Setelah mengetahui cara Restart laptop dengan keyboard, maka selanjutnya adalah mengetahui apa penyebab dari laptop hang. Mengapa demikian? Sebab kedua hal tersebut sangat berkaitan antara sebab dan solusi. Berikut beberapa penyebab laptop hang.

1. Driver

Salah satu penyebab laptop hang adanya masalah terhadap Driver. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan yang Anda gunakan sudah ketinggalan zaman alias versi lama. Alhasil membuat perangkat menjadi berat atau sulit ketika harus mengoperasikan berbagai macam program.

Kalau sudah stuck atau hang, maka pahamilah cara Restart laptop dengan keyboard. Pasalnya hal tersebut merupakan salah satu pangkah alternatif yang dapat dilakukan. Karena tidak memungkinkan untuk memulai ulang melalui kursor atau start sebab tak dapat bergerak.

2. Banyak Program yang Dioperasikan

Cara Restart laptop dengan keyboard selanjutnya dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah hang akibat perangkat terasa berat. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh banyaknya program yang dioperasikan. Sehingga laptop dipaksa untuk bekerja keras.

Cara Restart laptop dengan keyboard adalah salah satu solusi yang dapat Anda gunakan. Karena jika dimatikan secara paksa dengan mencabut baterai, menekan tombol atau sejenisnya maka akan berakibat fatal. Jadi, harus tetap dimulai ulang dengan baik dan benar.

3. Overheating (Terlalu Panas)

Overheating merupakan salah satu penyebab lainnya yang membuatnya jadi hang. Hal itu dikarenakan perangkat dipaksa bekerja keras atau diluar kapasitasnya. Cara Restart laptop dengan keyboard adalah salah satu solusi yang dapat Ansa terapkan disituasi tersebut.

Selain dikarenakan banyaknya program yang dijalankan, overheating juga bisa disebabkan oleh kipas yang tak berfungsi. Kalu sudah begitu, solusinya bukan hanya perihal cara Restart laptop dengan keyboard saja. Anda juga harus segera memperbaiki kipas laptop tersebut.

4. RAM Penuh

Penyebab lainnya dari stuck atau hang adalah RAM penuh. Apalagi jika banyak software yang sedang dijalankan. Untuk membuatnya kembali netral maka cara Restart laptop dengan keyboard adalah solusinya. Selain itu, kosongkan juga ruang penyimpanan memori Anda.

Cara Restart laptop dengan keyboard mungkin bisa dijadikan sebuah solusi untuk masalah ini. Tapi hal tersebut tidak akan bertahan lama dan akan Hang kembali. Sebab, RAM menjadi penuh lagi. Jadi, jalan terbaiknya adalah menghapus berbagai file yang dirasa kurang penting.

5. Masalah Perangkat Eksternal

Jika cara Restart laptop dengan keyboard tidak bisa bekerja secara maksimal, maka cobalah periksa bagian eksternal. Hal tersebut dikarenakan penyebab hang datang dari perangkat Hardware. Cek setiap bagian kabel yang menghubungkan antara keduanya.

Cara Restart laptop dengan keyboard tentu tidak dapat diterapkan jika keyboard tak tersambung ke laptop. Selain itu, hal lain yang dapat membuat perangkat menjadi hang, adanya masalah dibagian kabel. Sehingga bisa memengaruhi kinerjanya yang tak maksimal.

6. Terkena Virus

Terkena virus adalah penyebab lain yang membuat perangkat menjadi hang. Cara Restart laptop dengan keyboard mungkin dapat dijadikan solusi dari situasi tersebut. Namun hal yang perlu Anda ketahui dan pahami adalah, bahwasanya kondisinya akan kembali sama lagi.

Jadi, selain cara Restart laptop dengan keyboard solusi lainnya adalah menghapus virus yang ada. Gunakanlah software antivirus yang mampu membasminya secara maksimal. Kemudian barulah Restart kembali agar semuanya kembali berjalan normal dan lancar pastinya.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara Restart laptop dengan keyboard. Selain itu, terdapat juga berbagai macam penyebab laptop hang. Dengan Anda mengetahui keduanya tentu dapat diterapkan supaya perangkat tetap baik-baik saja dan bagaimana solusinya.

Mungkin kamu tertarik untuk mengetahui cara Restart laptop Windows 7. Sampai jumpa lagi di artikel TeknoApps berikutnya.