Arti Shutdown, Perbedaanya Dengan Sleep dan Hibernate

Arti Shutdown

Arti Shutdown, Perbedaanya Dengan Sleep dan Hibernate – Untuk kalian yang sering bermain komputer atu laptop pastinya sudah tidak asing mendengar kalimat Shutdown ? mungkin kalian sering menggunakannya, namun apakah kalian tahu arti Shutdown itu sendiri ?

Umumnya Shutdown ini bisa kalian temukan pada saat menekan tombol Power didalam perangkat laptop dan komputer. Biasanya tombol ini digunakan dalam prosedur untuk mematikan perangkat tersebut secara benar.

Arti Shutdown

Untuk kalian yang ingin tahu arti Shut Down adalah merupakan sebuah fungsi yang ada didalam komputer atau laptop yang berguna untuk mematikannya dengan prosedur yang benar. Dimana dengan menggunakan Shutdown ini maka ia akan memutus aliran listrik secara perlahan dari dalam komponen perangkat.

Nah karena cara mengeluarkan aliran listrik secara perlahan inilah, bisa membuat komponen yang ada didalam PC atau komputer bisa menjadi awet dan tidak gampang rusak. Lain cerita jika kalian mematikan komputer atau laptop secara paksa seperti mencabut baterai atau aliran listriknya, maka hal ini bisa membuat kompnen didalamnya rusak jika dilakukan secara terus-menerus.

Dalam bahasa Indonesia, arti Shutdown ini adalah mematikan, yang mana berati sebuah perintah untuk mematikan benda elektronik maupun yang lainnya. Jadi Shutdown ini tidak hanya kalian temukan pada perangkat laptop maupun komputer saja, karena ini merupakan sebuah kalimat perintah jadi bisa digunakan untuk perangkat yang lainnya.

Di perangkat laptop dan komputer, Shutdown ini bisa kalian temukan pada menu Start. Dan saat proses Shutdown ini berlangsung maka seluruh aplikasi yang sedang berjalan baik itu di foreground maupun background akan dimatikan satu-persatu sebelum perangkat benar-benar mati.

Baca : Pengertian Power Supply Adalah, Berikut Penjelasannya

Sejarah Shutdown

Setelah paham dengan arti Shutdown, kini saatnya kalian ketahui awal mula fitur ini. Sebelumnya ketika sistem operasi masih menggunakan Windows 98 dimana rata-rata banyak perangkat komputer yang masih belum bisa mematikan dirinya sendiri. Jadi pada saat itu, sistem operasi ini hanya memberikan notifikasi kepada pengguna berupa pesan yang memberitahukan jika komputer ini sudah bisa dimatikan secara manual.

Seiring berjalannya waktu komputer makin canggih, sehingga pesan seperti ini tidak akan muncul lagi karena komputer sudah dibekali dengan tombol Shutdown tersebut. Dan saat itu, penggunaan tombol ini dirasa sangat baik karena dinilai bisa menjaga komponen didalam komputer awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Perbedaan Fungsi Shutdown, Sleep, dan Hibernate

Biasanya saat kalian mengakses tombol Shutdown ini bakal ditemani dengan fungsi lain seperti Sleep dan Hibernate. Sebenarnya fitur ini sama-sama memiliki tujuan untuk mematikan laptop atau komputer, hanya saja untuk cara kerjanya yang berbeda.

Setelah kalian memahami arti Shutdown, kini cari tahu yuk perbedaan fitur ini dengan sleep dan hibernate dibawah ini:

1. Mode Shutdown

Pada saat kalian mengaktifkan mode Shutdown ini, maka seluruh program yang sebelumnya kalian jalankan di dalam komputer atau laptop ini bakalan ditutup atau dimatikan. Jika dalam kondisi seperti ini, maka sistem operasi bakal berhenti bekerja dan tidak akan ada daya listrik yang dikonsumsi oleh perangkat tersebut.

Maka dari itu, sebelum kalian memutuskan untuk Shutdown laptop atau komputer ini, maka simpan dulu file kerjaan kalian karena jika tidak maka semua itu bakalan hilang dan tidak akan tersimpan.  Saat kalian menyalakan kembali perangkat dari mode Shutdown ini, biasanya akan butuh waktu agak lama dalam proses boot-up.

Lama tidaknya proses Boot up ini sendiri juga tergantung dengan pengaturan yang ada didalam pernagkat kalian. Selain itu penggunaan jenis memori ini juga pengaruh, pada umumnya jika kalian memakai jenis memori SSD maka hal ini membuat proses Booting lebih cepat dibandingkan memakai memori jenis HDD.

Sebaiknya kalian mengaktifkan Shutdown ini jika dirasa tidak butuh menyalakan laptop lagi dalam waktu yang lama, dengan begini maka tidak akan ada aliran listrik yang masuk kedalam perangkat.

Baca : Cara Mematikan Laptop Acer Anti Mainstream, Udah Coba?

2. Mode Sleep

Jika arti Shutdown ini adalah mematikan komputer atau laptop total, maka lain cerita jika kalian mengaktifkan mode Sleep ini. Biasanya mode ini digunakan oleh mereka jika dalam waktu dekat akan menggunakan perangkat itu kembali, seperti sedang istirahat.

Dalam mode Sleep ini perangkat masih mengkonsumsi daya listrik untuk memastikan data program didalam memori tidak hilang. Sehingga pada saat dibuka kembali maka akan tetap berada di posisi saat awal sleep tadi.

Selain pada bagian memori, komponen lainnya ini juga masih tetap mengkonsumsi daya listrik meskipun jumlahnya kecil. Kelebihannya ketika kalian memakai mode Sleep ini, saat komputer kembali dinyalakan kalian tidak perlu menunggu waktu booting yang cukup lama, karena memang sistem yang ada didalam perangkat tersebut sebenarnya masih bekerja.

Namun jangan sampai kalian lupa saat itu sedang mengaktifkan mode sleep, karena bagaimana pun komputer atau laptop tetap mengkonsumsi daya listrik. Jika ini dilakukan pada laptop, maka baterai kalian juga bisa terkuras jika mengaktifkan mode sleep dalam waktu lama.

3. Mode Hibernate

Yang terakhir kali ini adalah mode hibernate yang memiliki cara kerja hampir mirip dengan sleep. Hanya saja untuk data program yang kalian kerjakan ini tidak disimpan dalam RAM, namun disimpan di SSD atau HDD perangkat kalian.

Kelebihannya ini adalah konsumsi daya dari hibernate ini lebih irit dibandingkan menggunakan mode Sleep. Karena perangkat tak perlu mendapatkan arus listrik secara terus menerus agar data dari pengguna tidak hilang.

Selain itu dengan menggunakan mode hibernate ini kalian juga tidak perlu melakukan booting dari awal saat mengaktifkannya kembali, sehingga proses lebih cepat seperti mode sleep.

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang arti Shutdown, semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nanti.