Fungsi Kabel Power CPU yang Perlu Anda Pahami

Fungsi Kabel Power CPU

Jika bicara mengenai fungsi kabel power CPU tentu sudah tidak asing lagi. Terutama bagi Anda yang setiap harinya menggunakan perangkat komputer dalam sebuah pekerjaan. Secara peran, kabel tersebut umumnya berguna untuk mengalirkan daya ke komputer.

Fungsi Kabel Power CPU Berdasarkan Bentuk

Fungsi kabel power CPU pada dasarnya terbagi menjadi beberapa bagian. Hal tersebut dapat Anda lihat dari bentuknya yang berbeda-beda. Masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Untuk pembahasan lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1. Konektor 20/24 Pin ATX for Motherboard

Motherboard adalah bagian paling krusial untuk komputer. Keberadaannya memungkinkan perangkat dapat bekerja sebagaimana mestinya. Tapi part ini juga memerlukan suplai daya listrik supaya dapat bekerja dengan maksimal dan disinilah fungsi kabel power CPU bekerja.

Konektor 20/24 Pin ATX for Motherboard adalah konektor yang tersambung secara langsung ke part tersebut. Fungsinya ialah mensuplai daya atau energi listrik ke perangkat komputer. Arus listrik yang didapatkan bisa dipastikan bersumber dari catu daya.

2. Konektor 4/8 Pin 12 Volt

Apabila Konektor 20/24 ATX dipakai untuk mendukung sistem Motherboard, maka akan berbeda pada konektor 4/8 Pin 12 V. Salah satu part yang ada kabel power CPU ini memiliki fungsi sama seperti lainnya. Namun arahnya saja yang berbeda.

Seperti yang Anda ketahui bahwa processor adalah bagian terpenting untuk komputer bahkan tak kalah krusial dari Motherboard. Oleh karena itu fungsi kabel power CPU memastikan part tersebut mendapatkan daya yang cukup. Tujuannya supaya dapat bekerja sesuai fungsi.

Baca : Perangkat Keras Komputer : Detail Lengkap Hardware Laptop dan Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

3. 6 Pin AUX Power Cable

Sesuai dengan penjelasan tentang fungsi kabel power CPU yaitu memastikan semua bagian mendapatkan daya atau energi listrik. Hal ini juga berlaku untuk VGA Card jenis PCle. Selain itu, mengontrol bahwa bagian tersebut diberikan arus listrik sesuai pada kriterianya.

Pasalnya, fungsi kabel power CPU yaitu menyuplai daya sesuai dengan kebutuhan. Apalagi, VGA Card PCle adalah bagian yang Memerlukan daya cukup banyak ketika beroperasi. Jadi, Power Supply perlu memberikannya supaya fungsi sistem dapat bekerja maksimal.

4. Konektor 4 Pin Peripheral

Konektor 4 Pin Peripheral salah satu komponen terdapat didalamnya. Fungsi kabel power CPU bukan hanya sekedar mengaliri energi listrik ke satu komponen saja melainkan ke beberapa perangkat. Itulah mengapa keberadaannya dapat dikatakan sangat penting.

Konektor 4 Pin peripheral ialah komponen dengan tugas menyuplai daya ke Casing Fan, CD Rom, Harddisk dan bagian lainnya. Jadi fungsi kabel power CPU ini cukup kompleks. Alhasil keberadaannya sangat diperhitungkan dalam sebuah komputer.

5. Floppy Disc Power Kabel

Komponen berikutnya yang juga berperan penting adalah Floppy Disc Power Kabel. Sesuai dengan sebutannya dimana berperan untuk memberikan energi atau daya ke bagian Floopy Disc. Secara kegunaan tentu tak begitu beda dari lainnya yaitu suplai tegangan arus.

Floppy Disc Power Kabel adalah salah satu komponen dari yang memiliki ukuran cukup kecil. Terlebih jika Anda coba bandingkan dengan tipe lainnya. Walaupun begitu, kegunaannya serta perannya sama krusialnya yaitu supaya perangkat elektronika dapat beroperasi.

Baca : Beragam Fungsi PSU (Power Supply Unit)

6. SATA Power Kabel

Komponen berikutnya yang menjadi bagian dari kabel Power ialah SATA Power Kabel. Tak berbeda seperti lainnya dimana bagian ini berperan untuk memberikan atau dan daya ke berbagai part yang ada. Tujuannya pun sama yaitu supaya perangkat berfungsi.

Beberapa diantaranya yang menjadi tujuan suplai daya yaitu CD Rom sampai Hard Disk. Tapi, selain menyuplai energi, fungsi kabel power CPU ini adalah guna menstabilkan tegangan arus listrik. Pasalnya, hal tersebut merupakan poin penting untuk sebuah perangkat komputer.

Penutup

Itulah tadi pembahasan dari TeknoApps mengenai berbagai macam fungsi kabel power CPU. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung lagi apabila menemukan jenis yang berbeda terutama pada bentuknya. Karena secara umum kegunaannya adalah untuk mengarahkan energi listrik.