Ketahui Apa Saja Pengertian, Jenis, dan Fungsi Processor

Fungsi Processor

Fungsi Processor – Ketika menggunakan PC, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan processor. Akan tetapi, bagi mereka yang baru saja mengenakan PC tentu belum terlalu paham apa sebenarnya processor beserta fungsinya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh tentang pengertian dan fungsi processor.

Mengenal Pengertian Processor dan Perkembangannya

Processor adalah salah satu bagian yang paling penting dalam PC atau komputer. Tanpa adanya perangkat keras komputer tersebut, maka komputer hanya sebuah mesin biasa yang tidak dapat menjalankan tugasnya. Adapun fungsi processor yang paling utama adalah sebagai komponen utama/otak dari komputer/laptop.

Saat ini sendiri processor yang sedang Anda gunakan dalam komputer sudah dibuat dengan sangat cepat dan canggih. Hal tersebut tentu tidak luput dari perkembangan processor dari waktu ke waktu. Perkembangan perangkat ini sendiri diawali oleh processor intel. 

Pada saat itu, processor intel hanyalah satu-satunya microprocessor yang ada. Akan tetapi, saat ini sudah banyak bermunculan produsen processor. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda saat ingin menggunakan processor tersebut sesuai dengan kebutuhan dan fungsi processor itu sendiri. 

Bagian-bagian Processor

Setelah mengetahui apa itu pengertian dan sejarah perkembangan processor, maka ada baiknya juga untuk mengetahui bagian-bagian dan fungsi processor. Processor sendiri umumnya memiliki tiga bagian yang utama. Agar lebih jelas, simak beberapa bagiannya berikut:

1. Aritcmatics Logical Unit

Merupakan salah satu bagian yang sering disebut dengan istilah ALU. Bagian processor yang bernama ALU atau Aritcmatics Logical Unit satu ini sendiri umumnya berfungsi untuk melakukan semua bentuk perhitungan aritmatika berdasarkan instruksi program. 

Fungsi processor ALU tersebut juga akan melakukan berbagai hal dalam bentuk logika. Tentu saja, bagian processor yang satu ini sangat penting peran dan fungsinya. Akan tetapi, peran dan fungsi tersebut juga perlu didukung dengan berbagai bagian yang lainnya.

2. Control Unit

Control Unit atau CU merupakan salah satu bagian processor yang tidak kalah penting perannya. Fungsi processor pada bagian Control Unit ini sendiri umumnya sebagai pengatur lalu lintas data. Adapun pengaturan tersebut mulai dari input maupun output data pada sebuah komputer.

Umumnya, seluruh peralatan dan sistem komputer tersebut akan diatur oleh Control Unit. Tidak hanya sampai disitu, Control Unit merupakan salah satu bagian dari fungsi processor yang akan mengendalikan semua sistem dan peralatan yang ada dalam komputer itu sendiri.

3. Memory Unit

Bagian terakhir yang ada dalam sebuah processor adalah Memory Unit atau MU. Memory Unit merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi processor sebagai alat penyimpanan kecil. Akan tetapi, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh bagian processor yang satu ini.

Umumnya, Memory Unit tersebut akan menyediakan kecepatan akses yang sangat tinggi. Dengan begitu, meski merupakan alat pentimpanan yang kecil tetapi bagian tersebut sudah didukung dengan kecepatan akses komputer yang tinggi ketika seseorang ingin menggunakannya.

Apa Saja Fungsi Processor

Bagian processor saat ini sudah Anda ketahui dengan baik. Selanjutnya, ketahui juga apa saja fungsi processor itu sendiri dalam sebuah komputer. Pastinya, ada banyak fungsi yang bisa pengguna dapatkan saat processor tersebut disematkan dalam sebuah komputer. Di bawah ini beberapa fungsi processor:

1. Pusat Komputer

Pada dasarnya, fungsi processor merupakan pusat sebuah komputer. Apa yang dimaksud dengan pusat tersebut? Pusat disini berarti sebagai otak komputer. Hal ini tidak lain karena processor memang berlaku sebagai pusat kinerja komputer secara menyeluruh.

Nantinya, fungsi processor akan membantu komputer berpikir dengan baik. Processor juga akan menjalankan perintah yang mereka terima. Selanjutnya, processor akan mengolah informasi serta melakukan pekerjaan yang diperintahkan.

2. Memproses Informasi dan Data

Fungsi processor yang paling utama adalah memproses informasi maupun data dalam sebuah komputer. Processor tersebut akan memproses data yang sudah mereka terima dari proses input. Dengan begitu, saat seseorang menginput data maka processorlah yang akan memproses dan menerima data tersebut.

Selanjutnya, processor tersebut dapat menghasilkan/mengeluarkan output atau tampilan. Tidak lain yakni output yang sesuai diinginkan pengguna. Itulah mengapa fungsi processor tersebut adalah memproses data dan informasi yang berupa output dan input.

3. Meningkatkan Performa Komputer

Tidak hanya beberapa fungsi di atas, fungsi processor pada dasarnya masih sangat banyak. Salah satunya adalah untuk meningkatkan performa komputer. Processor tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menjaga sekaligus meningkatkan performa penggunaan komputer/PC.

Hal tersebut berarti, jika Anda menggunakan kualitas dan spesifikasi processor terbukti baik maka tentu saja akan semaki tinggi performa maupun kualitas komputer yang digunakan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan penggunaan dan fungsi processor tersebut.

4. Mengintegrasi Komponen Komputer

Fungsi processor selanjutnya adalah melakukan integrasi semua komponen internal komputer. Lantas, apa saja yang dimaksud dengan komponen internal dalam komputer tersebut? Komponen tersebut berarti VGA, RAM, harddisk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan begitu, dapat disimpulkann bahwa komponen yang ada dalam komputer tersebut dapat bekerja serta terintegrasi dengan baik satu sama lainnya berkat adanya processor. Itulah mengapa setiap komponen yang ada tersebut dapat berjalan sesuai fungsinya.

5. Mengitung Aritmatika Berdasarkan Instruksi 

Sebuah processor dapat Anda gunakan untuk melakukan segala bentuk perhitungan aritmatika/matematika. Adapun fungsi processor untuk melakukan perhitungan tersebut dapat disesuaikan dengan instruksi perintah atas program yang dijalankan. 

Fungsi processor dalam hal menghitung aritmatika/matematika tersebut akan dijalankan oleh Aritmatics Logical Unit atau ALU. Yakni salah satu bagian yang ada dalam sebuah processor. Bagian tersebutlah yang nantinya akan mengerjakan semua fungsi logika/arimatika tersebut.

6. Pencegah Everlapping Komponen

Fungsi processor lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah untuk mencegah overlapping komponen komputer. Apa yang dimaksud dengan overlapping tersebut? Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa processor yang satu ini nantinya akan melakukan integrasi pada setiap komponen komputer.

Proses tersebutlah yang akan mengintegrasikan setiap komponen komputer agar nantinya tidak terjadi overlapping pada setiap komponen didalamnya. Fungsi processor tersebut yang akan memastikan bahwa sistem kerja komputer dapat bejalan dengan baik sehingga komponen dapat lebih maksimal digunakan.

Bagaimana Cara Kerja Processor?

Berdasarkan fungsi processor, cara kerja processor adalah dengan menjalankan sekumpulan instruksi mesin yang sudah memberitahu processor apa saja yang perlu dilakukan. Nantinya, berdasarkan instruksi tersebutlah processor dapat melakukan beberapa aktivitas. Seperti menjalankan Arithmetic Logic Unit.

Arithmetic Logic Unit tersebut akan melakukan operasi matematis dalam sebuah perangkat komputer. Mulai dari penambahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian. Kemudian, fungsi processor juga akan berperan dalam memindahkan sebuah data dari satu lokasi memori menuju lokasi yang lainnya.

Jika dilihat secara sederhana, cara kerja processor tersebut adalah menerima umpan/perintah masuk. Baik itu lewat keyboard, mouse, atau alat penginput data yang lainnya. Kemudian, semua perintah tersebut akan diproses datanya sehingga dapat meneruskan hasilnya ke hardware maupun software yang ada.

Baca : Pahami Beberapa Cara SS di Laptop ASUS yang Mudah Dilakukan

Apa Saja Jenis-jenis Processor?

Tahukah Anda, bahwa saat ini sudah ada banyak jenis-jenis processor yang bisa digunakan. Tentu saja, semua jenis dan fungsi processor tersebut mulai bermunculan tidak lain berkat adanya perkembangan teknologi sampai saat ini. Agar lebih jelas, simak beberapa jenisnya pada penjelasan berikut:

1. Intel Processor

Siapa yang belum mengenal jenis processor yang satu ini? Intel processor merupakan salah satu jenis produk yang paling populer dibandingkan lainnya. Terlebih, bagi mereka para pengguna teknologi komputer tentu sudah sering menggunakan fungsi processor satu ini.

Kemudian, jika dilihat dari segi produk jenis Intel disini termasuk yang paling bagus. Intel sendiri merupakan sebuah perusahaan multinasinonal yang bernama Intel Corporation. Perusahaan tersebut berdisi pada tahun 1968 yang berpusat di Amerika Serikat.

2. AMD

AMD atau Anvanced Micro Processor merupakan jenis processor lain yang bisa Anda gunakan. Processor yang lebih dikenal dengan sebutan AMD tersebut pada dasarnya masih berada di bawah naungan Intel. Hanya saja, proses produksi jenis processor tersebut terus mengalami peningkatan menjadi lebih baik.

AMD ini sendiri merupakan salah satu perusahaan multinasional terbesar kedua. Setelah yang pertama yakni Intel Corporation. Adapun basis pengembangannya adalah segala jenis produk processor untuk komputer. Untuk jenis processor ini sendiri berpusat di California.

3. Cyrix Processor

Merupakan salah satu jenis processor yang saat ini sudah dikembangkan dengan baik. Cyrix ini sendiri merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan mikroprocessor komputer. Perusahaan penghasil processor ini sendiri awalya didirikan pada tahun 1988.

Adapun pusat produksi dan pengembangan Cyrix Processor tersebut berada di Texas. Lantas, apa saja daya tarik dan keunggulan yang ditawarkan oleh jenis processor tersebut? Fungsi processor yang satu ini pada dasarnya memiliki daya tarik pada kemampuan/performa yang cukup tinggi.

4. ARM Processor

ARM Processor juga termasuk salah satu perusahaan yang menghasilkan produk processor. Perusahaan yang satu ini dikembangkan dan berproduksi di bawah lisensi ARM Limited. Tepatnya berdiri pada tahun 1990 dan berpusat di Cambridge, Inggris. 

Processor tersebutlah yang akan digunakan untuk perangkat seperti smartphone/ponsel. Tentu saja tidak heran jika perangkat hardware tersebut sering terdapat pada berbagai macam smartphone. Jenis dan fungsi processor yang satu ini sendiri memang sengaja didesain untuk berfokus pada pasar mobile.

5. Apple Processor

Merupakan salah satu perusahaan yang juga memproduksi beberapa jenis processor. Perusahaan yang satu ini sendiri umumnya memiliki nama Apple Computer Inc. Hanya saja, perusahan tersebut lebih sering disebut dengan Apple Inc. Sesuai dengan namanya perusahaan ini memrpoduksi processor Apple.

Pusat produksi dan pengembangan perusahaan tersebut berada di California. Perusahaan ini juga memproduksi beragam processor yang fokus pada bidang resource, perancangan, hingga penjualan produk elektrik software untuk komputer. Contohnya seperti Apple DOS, Apple Pascal, dan lainnya.

6. IBM

Merupakan salah satu jenis processor keluaran dari Perusahaan International Bussiness Machines Corporation. Perusahaan tersebut melakukan proses produksi serta penjualan berbagai jenis perangkat keras dan perangkat lunak komputer termasuk processor.

Perusahaan IBM ini sendiri didirikan pada tanggal 16 Juni 1911. Adapun pelaksanaan produksi perusahaan tersebut sudah dimulai sejak 1888. Lantas apa saja jenis processor yang sudah diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan tersebut? Yakni seperti 8080, 8008, 286, dan masih banyak lagi.

Penutup

Itu tadi beberapa informasi dari TeknoApps mengenai pengertian dan fungsi processor yang bisa Anda ketahui. Dengan memahami informasi lengkap tersebut, maka tentu akan sangat mudah bagi mereka dalam memilih dan menggunakan processor tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.