Harga Komputer Bekas 1 Set Komplit

harga komputer bekas 1 set

Harga Komputer Bekas 1 Set – Kebutuhan akan perangkat komputer sekarang ini semakin membludak. Faktor revolusi industri 4.0 ikut mempengaruhinya karena sekarang serba digital. Membeli sebuah device untuk keperluan sehari-hari sangat perlu, jadi harus tahu harga komputer bekas 1 set di pasaran.

1 Set Komputer Dapat Apa Saja?

Saat Anda membeli satu set komputer bekas, seharusnya banyak sekali komponen yang nantinya akan diterima, tidak dikurangi, lebih baik jika mendapatkan bonus dari sellernya. Bagian-bagiannya terdiri dari, Casing CPU, motherboard atau mainboard yang berisikan seperangkat hardware.

KemudIan PC nya sendiri, RAM, VGA Card, Monitor tentu saja, wireless card, sound card, hardisk atau SSD, optical drive, power supply, keyboard, dan mouse. 

Semua itu adalah serangkaIan komputer yang lengkap tidak ada pengurangan. Masalah software, itu opsional.

Cara Membeli Komputer Bekas 1 Set

Selain mempertimbangkan dari segi harga komputer bekas 1 set dan komponen apa yang akan Anda terima, ada baiknya untuk mencari tahu lebih dalam mengenai spesifikasi komputer serta harga pasaranya apabila itu merupakan barang second. Selain itu, beli sesuai kebutuhan.

1. Membeli Laptop Non-Gaming

Laptop gaming dikenal memiliki performa yang gila-gilaan karena memang didesain untuk menjalankan berbagai macam software-software berukuran besar. Jika Anda membutuhkan laptop hanya untuk pekerjaan ringan seperti perkantoran, harga komputer bekas 1 set relatif lebih murah:

  • Saat Anda melihat iklan dari komputer tersebut, cari tahu spesifikasi aslinya.
  • Periksa harga unit yang sama di pasaran.
  • Saat sudah melakukan uji coba, cek kecepatan prosesornya.
  • Lihat juga berapa besar RAM yang Ia gunakan.
  • Cek dengan teliti kondisi dari PC nya serta lihat performanya.
  • Cek monitornya, apakah ada yang dead pixel atau bergaris.
  • Periksa semua kabel yang akan ditautkan.
  • Periksalah semua konektornya.
  • Periksa juga DVD roomnya.
  • Periksa kelengkapan lainnya seperti konektivitas, kapasitas hardisk, mouse, dan keyboard.
  • Mintalah kartu garansinya.

2. Membeli Laptop Gaming

Harga komputer bekas 1 set untuk gaming lebih mahal daripada perangkat yang tidak dipergunakan untuk bermain game. Tidak hanya itu saja, device jenis ini bIasanya juga sering dipakai oleh para desainer, content creator, dan editor karena dikenal memiliki kecepatan olah data dIatas rata-rata.

  • Pertama, Anda harus mencari tahu spesifikasi seperti apa yang diinginkan.
  • Yang kedua, cek kecepatan pengolahan sistemnya.
  • Cari tahu harga komputer baru dan lama untuk perbandingan harga
  • Lihat ukuran RAM
  • Cek kondisi monitornya.
  • Buka casing CPU dan lihat motherboardnya.
  • Cek jenis prosesornya dan generasi ke berapa.
  • Minta kartu garansinya.
  • Cek kelengkapan hardware lainnya seperti keyboard, mouse, konektor, kabel.
  • Cek konektivitasnya, kapasitas penyimpanan internal.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

Harga Komputer Bekas 1 Set Budget 1 Juta-an

Uang sebesar satu juta juga bisa digunakan untuk membeli satu set komputer bekas tidak terkecuali. Bahkan ada beberapa seller yang menawarkan budget lebih rendah dari itu. Tetap saja, semua itu juga tergantung dengan spesifikasi serta usIa dari semua komponen dan perangkatnya.

1. Harga Komputer Bekas 1 Set Kurang dari 2 Juta, di Atas 1 Juta

Jika Anda memiliki budget sedikit lebih banyak, tidak ada salahnya untuk membeli komputer satu set dengan harga dIatas satu juta namun di bawah dua juta. Kira-kira gambarannya seperti ini, monitor yang paling murah dihargai Rp600.000, kemudIan CPU lengkap Rp1.000.000.

Ditambah keyboard dan mouse, dihitung Rp100.000. Total keseluruhannya adalah Rp1.700.000, dengan harga sebesar itu Anda sudah bisa mendapatkan satu set komputer bekas. Hanya saja, kemungkinan spesifikasinya kurang nendang jika ingin merasakan kecepatan seperti leopard.

2. Harga Komputer Bekas 1 Set 1 Juta Net

Tidak disangka-sangka, ternyata banyak sekali seller yang menjual komputer bekas di kisaran satu jutaan. Pasti Anda bertanya-tanya, dengan budget segitu memangnya nanti dapat apa? Tentu saja sudah mendapatkan satu set dari CPU, monitor, hingga perangkat pendukung lainnya.

Jika digambarkan, kurang lebihnya seperti ini, Monitor kisaran Rp350.000-Rp400.000. KemudIan CPU Rp500.000-Rp600.000, mouse dan keyboard Rp100.000. Jika Anda jeli saat memilih dari kondisi barang hingga budget, Rp1.000.000 bisa mendapatkan satu set bukanlah mimpi lagi.

Baca : Beberapa Cara Menghidupkan Laptop yang Mati Dan Sleep

Harga Komputer Bekas 1 Set Berdasarkan Processornya (Khusus Intel)

Selain kapasitas CPU, RAM, prosesor merupakan bahan pertimbangan penting bagi seseorang untuk kemudIan memutuskan membeli sebuah komputer bekas, sedangkan Intel sendiri yang paling sering digunakan. Karena second, terkadang sulit untuk menemukan barang yang cocok dikantong dan dihati.

1. Pentium 4 dan Dual Core

Pentium 4 sendiri paling dikenal saat komputer mulai populer di IndonesIa, hingga sekarang prosesor jenis ini masih dikembanhkan oleh Intel. Harganya dari komputer jenis ini sangat murah, di kisaran Rp600.000 hingga Rp1.000.000 sudah bisa mendapatkan satu setnya.

Sedangkan untuk Dual Core sendiri, sampai sekarang penggunaannya masih dipakai oleh banyak kalangan. Anda bisa membelinya jika hanya membutuhkan fungsi-fungsi penting saja. Ia dibandrol dengan harga sekitar Rp1.100.000 hingga Rp1.800.000 untuk satu setnya.

2. Intel LGA dan Corei3, Corei5, Corei7

Prosesor Intel VGA ini meliputi Celeron, Xeon, Core 2, dan masih banyak lagi. Jika Anda hanya menggunakan komputer secara ringan seperti mengetik, browsing, menonton video, prosesor ini bisa menjadi pilihan. Harganya sekitar Rp1.300.000 hingga Rp2.000.000. Lebih tinggi sedikit dari Dual Core.

Corei3, Corei5, Corei7 adalah kelas paling tertinggi yang dikembangkan oleh Intel. Harganya komputer yang menggunakannya sekitar Rp2.000.000 hingga belasan juta, tergantung dari Core i apa yang di pakai dan generasi ke berapa. Cocok untuk digunakan saat menjalankan software berat.

Baca : Cara Menghidupkan Laptop Acer yang Tidak Mau Menyala

Penutup

Harga Komputer Bekas 1 Set begitu bervarIasi, hanya tinggal menyesuaikan kebutuhan saja. Semua komputer memiliki fungsi utama yang sama, pembedanya adalah seperti apa nantinya Ia digunakan. Jangan lupa selalu berhati-hati pada penipuan, apalagi jika ingin membeli barang elektronik. Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel TeknoApps berikutnya.