Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Black Screen, Ini Total Solusinya

laptop black screen

Laptop black screen adalah layar laptop tiba-tiba menjadi hitam atau bahkan tidak mau menyala. Ini sangat merugikan pengguna. Tentu saja Troubleshoot Laptop ini disebabkan oleh berbagai faktor. Gangguan seperti ini dapat terjadi kapan saja. 

Mengapa Laptop Black Screen?

Laptop layar hitam disebabkan oleh beberapa faktor dan harus sekali diketahui oleh pengguna agar ke depannya hal seperti ini dapat dihindari. Mengetahui penyebab dulu sebelum pikirkan cara untuk menyelesaikan atau memperbaikinya. 

1. Laptop Mengalami Panas Berlebih 

Suhu panas yang semakin tinggi pada laptop dikarenakan penggunaan yang terlalu lama. Hal ini sering terjadi jika terus menerus menggunakan laptop tanpa istirahat. Mesin yang bekerja dalam waktu yang lama akan memanas.

Keadaan ini disebut dengan overheat akibatnya kinerja melambat atau lemot. Lebih parahnya lagi laptop bisa mati tiba-tiba atau laptop black screen. Selain itu, jika kedaan sepert ini terus berlangsung hingga beberapa hari berikutnya, akan muncul kerusakan lain pada laptop.

2. Terjangkit Virus 

Virus bukan hanya menyerang manusia saja. Namun juga dapat menyerang perangkat termasuk laptop. Virus merupakan software yang sengaja dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan tertentu. Sesuai dengan namanya, virus ini menjadi parasit bagi perangkat.

Salah satunya bisa mengakitabkan laptop black screen. Mungkin virus secara tak sengaja dan tak diketahui pengguna masuk ke perangkat. Kemudian menginfeksi operasi sistem membuat performa menurun. Jika dipaksakan laptop akan mati tiba-tiba. 

3. Kabel Konektor Bermasalah 

Kabel kontektor merupakan kabel penghubung  antara motherboard dengan layar. Jika kabelnya bermasalah tentu saja akan berpengaruh pada laptop.  Penyebab laptop black screen ini memang jarang terjadi,  tetapi bukan berarti tidak bisa terjadi. 

Pengguna perlu mewaspadai hal ini agar tidak mengganggu pengalaman selama menjalankan perangkat. Apalagi di era sekarang ini hampir semua pekerjaan kantor atau di kampur menggunakan laptop. Jika la ptop dijalankan dengan cara yang benar, kemungkinan risiko masalah ini bisa dikurangi.

4. File Missing Saat Baru Update Windows

Penyebab laptop black screen yang bisa juga terjadi saat windows 10 baru saja diupdate atau diperbarui. Saat merestart laptop akan muncul layar hitam. Bagi yang pertama kali mengalami hal ini pasti panik sekali. 

Harus diketahui bahwa ketika melakukan update maka semua file yang ada diperangkat akan diupdate juga. Jika proses pembaruan gagal, tentu saja file yang tersimpan akan hilang. Jadi, saat proses update lakukan dengan koneksi bagus dan laptop selalu diaktifkan, jangan mati tiba-tiba akibat putus aliran listrik. 

5. VGA Rusak 

Laptop black screen juga bisa disebabkan oleh VGA mengalami kerusakan. VGA merupakan perangkat keras yang membantu menampilkan sinyal digital ke bentuk visual dalam monitor. Jika masalah black screen terjadi saat laptop dinyalakan padahal keyboard berjalan normal, bisa jadi penyebabnya di VGA card. 

Selain itu, jika baru saja melakukan update driver VGA, layar laptop akan berubah menjadi hitam. Hal ini karena ada kesalahan saat proses pembaruan berlangsung. Maka data yang tersimpan sulit dibaca sehingga muncullah layar hitam. 

Baca : Jangan Panik! Praktikkan Cara Menghidupkan Laptop yang Mati Total Berikut

Cara Mengatasi Masalah Laptop Black Screen 

Mengetahui penyebab laptop layar hitam sudah diketahui. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempelajari cara mengatasinya. Terdapat tutorial yang mudah sekali untuk dilakukan bahkan bisa langsung dipraktikkan sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain.

1. Gunakan Mode Aman 

Pertama sekali yang bisa dipraktikkan saat laptop black screen adalah menjalankan mode aman. Langkah ini sangat mudah  dengan memanfaatkan tombol F8 yang dimiliki keyboard. 

  • Nyalakan laptop seperti biasa. 
  •  Tekan tombol logo windows dan F8 secara bersamaan sampai keluar layar.
  • Muncul daftar program serta sistem yang bisa dipilih.
  • Cari tulisan Save Mode. 
  • Tekan Enter, sistem akan menjalankan program booting. 
  • Masuk ke Svae Mode, tekan Start. 
  • Klik All Progragms, pilih Accecories. 
  • Lanjut ke System Tools. 
  • Restore. Tekan System Restore. 

2. Install Ulang Windows 

Cara memperbaiki laptop black screen  yang juga tidak sulit untuk dilakukan adalah menginstall ulang windows. Sebelum ini semua data yang tersimpan di perangkat harus diamankan terlebih dulu atau back up. Boleh memindahkannya ke flashdisk atau tempat lain. 

Menginstall bisa menghapus sejumlah data. Karena itu jangan langsung melakukan install ulang windows tanpa memperhatikan hal ini. Install ulang bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa orang lain. 

3. Manfaatkan Program Task Manager

Cara ini dilakukan jika black screen laptop belum terlalu parah. Menggunakan cara pertama dan kedua bagi sebagian laptop sudah ampuh. Sedangkan laptop lain bisa saja belum cukup karena penyebabnya berbeda, maka coba jalankan langkah  berikut ini.

  • Nyalakan laptop seperti biasa. 
  • Tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + delete
  • Layar akan muncul. Klik Task Manager di kolom pencarian. 
  • Klik Add New Task 
  • Ketik explore.exe di kotak yang tersedia. 
  • Buka apliaksi eplore.exe dan laptop akan menjalankan proses ini secara otomatis. 

4. Kembalikan Pengaturan Default BIOS

Jika terjadi kesalahan pada pengaturan bios juga dapat menyebabkan laptop black screen. Mungkin saja pengguna pernah mengutak-atik BIOS, sehingga terjadi kesalahan akibat minimnya ilmu pengguna. Kemudian muncullah masalah pada laptop dan harus dikembalikan ke pengaturan awal. 

  • Masuk ke BIOS. 
  • Bawa kursor ke menu EXIT. 
  • Klik pada tulisan Load Setup Defaults. 
  • Muncul tulisan Load Default Configuration now. Klik yes. 
  • Laptopakan kembali ke pengaturan defaults secara otomatis. 
  • Reboot ulang dan tunggu sampai proses selesai. 

5. Menggunakan Monitor Eksternal 

Cara mengatasi laptop black screen selanjutnya adalah dengan menggunakan monitor eksternal. Bisa dilakukan dengan minjam laptop teman atau mengeceknya di toko service komputer terdekat. Cara ini berguna untuk mengecek dua komponen perangkat yaitu LCD dan VGA card. 

  • Sambungkan laptop ke monitor komputer menggunakan kabel.
  • Tekan tombol FN + F1 sampai F12. 
  • Cek di keyboard. Terdapat logo untuk mengganti mode ke layar eksternal. 
  • Jika muncul gambar, itu artinya LCD nya yang rusak. Maka LCD sebaiknya diganti ke yang baru. 
  • Jika tidak muncul gambar, mungkin yang mengalami kerusakan adalah VGA nya. 

6. Cek Harddisk 

Jika harddisk rusak, maka hampir semua komponen susah untuk dijalankan bukan hanya laptop black screen saja. Alasannya karena  semua dokumen berada dalam harddiks dan tersimpan di sistem C. Proses booting juga sulit untuk dijalankan.

Pengguna harus mengecek harddisk terlebih dulu untuk memastikan ada kerusakan atau tidak. Lepaskan harddisk dari perangkat yang mengalami layar hitam. Pasang harddisk tersebut ke perangkat lain yang normal atau tidak bermasalah.  

Jika saat dipasang ke perangkat ini, layar yang muncul juga hitam padahal sebelumnya tidak seperti itu. Berarti masalahnya sama yaotu harddisk mengalami kerusakan. Boleh ganti dengan yang baru atau langsung ganti dengan SSD.

Penutup

Itulah penyebab laptop black screen yang perlu diketahui dari TeknoApps. Lengkap dengan penjelasan cara mengatasinya sehingga pengguna jika mengalami masalah ini tak perlu khawatir lagi. Jangan panik, usahakan tetap tenang saat ada masalah pada laptop dan cari solusinya.