Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup dengan Mudah

laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup – Sebagai pengguna laptop, Anda tentu sudah sering mengalami beberapa masalah pada perangkat tersebut. Contohnya laptop yang mati sendiri secara tiba-tiba padahal lampu dari indikator baterai masih nyala. Untuk itu, sangat penting mengetahui cara atasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup.

Apa yang Dimaksud dengan Lampu Indikator?

Salah satu bagian paling penting pada laptop adalah lampu indikator. Lampu tersebut nantinya akan menunjukkan beberapa aktivitas yang terjadi pada laptop. Contohnya saja lampu indikator baterai yang akan menunjukkan status daya baterai ada perangkat tersebut.

Apakah statusnya dalam keadaan kritis, kehabisan daya, atau justru masih penuh. Adanya lampu indikator tersebut juga bisa menjadi salah satu simbol ketika pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan laptop mereka sendiri. 

Tidak heran jika beberapa lampu laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup. Hal tersebut akan menyesuaikan dengan keadaan perangkat itu sendiri. Terlebih, setiap lampu juga akan menunjukkan informasi yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan mengetahui apa saja jenis-jenis lampu indikator tersebut.

Mengenal Jenis-jenis Lampu Indikator pada Laptop

Saat menggunakan laptop, Anda tentu akan sering menjumpai lampu indikator. Nantinya, setiap lampu tersebut akan memberikan informasi yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya sendiri. Oleh sebab itu, ketahui apa saja jenis-jenis dari lampu indikator pada perangkat tersebut di bawah ini:

1. Lampu Indikator Utama

Jenis indikator ini berfungsi untuk memberikan informasi bahwa perangkat dalam keadaan on atau menyala. Hal ini berarti, ketika Anda menyalakan laptop maka secara otomatis lampu indikator tersebut juga akan menyala. Adapun yang sering jadi masalah adalah laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup.

Untuk jenis indikator yang satu ini umumnya terletak di dekat tombol power. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui juga bahwa beberapa tipe laptop tentu memiliki posisi atau letak lampu indikator utama yang berbeda satu dengan lainnya.

2. Lampu Indikator Baterai

Yakni salah satu jenis lampu yang berfungsi sebagai indikator baterai. Baik itu indikator ketika baterai masih full, sudah mulai menurun, atau ketika sudah benar-benar kritis. Ketika lampu memberikan informasi bahwa baterai masih dalam keadaan yang masih full, maka tidak perlu melakukan pengisian baterai.

Berbeda ketika lampu yang menyala menunjukkan baterai yang sedang kritis. Jika menemui situasi seperti ini, maka sangat penting bagi Anda untuk segera melakukan pengisian baterai. Jika tidak, maka bisa saja laptop langsung mati dengan sendirinya.

3. Lampu Indikator Hardisk

Merupakan salah satu lampu dengan bentuk indikator seperti kaleng/tabung. Adapun fungsi dari indikator tersebut adalah sebagai simbol media penyimpanan data. Ketika Anda mendapatkan lampu yang berkedip-kedip, maka bisa saja terjadi proses penulisan atau pembacaan ke hardisk.

Kemudian, apabila terjadi keadaan dimana lampu terus menyala maka umumnya hal tersebut menandakan bahwa komputer sedang lemot. Salah satu penyebab umumnya adalah masalah yang terjadi ketika proses pengaksesan data di kepingan hardisk.

Baca : Wajib Simak, Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala

Beberapa Hal yang Menyebabkan Lampu Indikator Baterai Tidak Hidup

Anda perlu mengetahui, bahwa indikator baterai pada dasarnya memiliki peran yang cukup penting. Hanya dengan mengecek indikator tersebut, maka seseorang dapat langsung memperoleh informasi dengan akurat. Lantas, apa saja beberapa masalah yang dapat menyebabkan lampu tersebut mati?

Umumnya, lampu indikator baterai yang tidak menyala tersebut disebabkan oleh beberapa kondisi. Seperti baterai yang sudah mati sehingga tidak terdapat tanda-tanda lampu indikator menyala. Selain itu, ketika baterai Anda copot dari laptop maka lampu indikator juga tidak akan menyala.

Kemudian, jika arus listrik yang ada pada komputer mati saat proses charging maka lampu indikator juga akan tidak menyala. Begitu juga ketika terdapat kerusakan pada charger laptop sehingga tidak ada tanda-tanda masuknya aliran listrik ke perangkat tersebut. Begitu pula dengan lampunya yang tidak menyala.

Cara Atasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup. Dengan mengetahui cara tersebut, maka tentu akan lebih mudah ketika ingin mengatasi Troubleshoot Laptop sendiri di rumah. Berikut cara selengkapnya:

1. Hidupkan dengan Charging

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup adalah dengan mencoba menghidupkan laptop tersebut dalam keadaan charging. Agar lebih jelas, maka pastikan untuk menerapkan caranya di bawah ini:

  • Hidupkan power dengan laptop keadaan charging
  • Jika belum berhasil, lanjutkan dengan mencopot RAM
  • Tunggu beberapa saat
  • Langsung pasang kembali RAM tersebut
  • Coba menyalakan kembali laptop Anda
  • Jika masih belum berhasil, pastikan mencoba cara atasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup lainnya

2. Bersihkan RAM

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencoba menyalakan laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup adalah dengan membersihkan RAM. Pasalnya, RAM dengan keadaan yang kotor bisa jadi salah satu penyebab laptop mati secara tiba-tiba. Berikut tips membersihkannya:

  • Siapkan laptop Anda
  • Hubungkan laptop ke layar monitor lainnya
  • Anda bisa menggunakan kabel VGA
  • Jika layar menampilkan program di laptop maka bisa jadi kerusakan terjadi di bagian layar monitor
  • Jika cara tersebut gagal, maka cek apakah terlihat program yang muncul
  • Jika tidak bisa jadi juga lampu LCD laptop mengalami kerusakan
  • Langsung atasi masalah tersebut dengan membersihkan RAM
  • Pastikan RAM benar-benar bersih dan tidak kotor
  • Pasang kembali RAM yang sudah Anda bersihkan tersebut
  • Coba nyalakan kembali laptop
  • Cek apakah laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup atau tidak
  • Jika belum berhasil, cobalah untuk mengganti komponen RAM ataupun LCD

Baca : Ketahui Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penutup

Itu dia beberapa langkah dari TeknoApps untuk mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, maka siapa saja dapat mengatasi masalah tersebut dari rumah saja. Hal ini berarti, Anda juga tidak perlu membayar jasa service yang mahal sekalipun.