Pelajari Cara Atasi Laptop Tidak Mau Menyala Berikut Ini!

laptop tidak mau menyala

Laptop tidak mau menyala saat ditekan tombol power, kemungkinan terdapat beberapa masalah atau Troubleshoot Laptop. Jika hal ini terjadi tentu cukup mengganggu apalagi jika butuh dalam waktu cepat. Karena itu sebagai user harus paham bagaimana cara mengatasinya. 

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala

Saat menekan tombol power tetapo layar laptop tidak hidup bukan hanya karena hardwarenya yang rusak, tetapi bisa juga software. Beberepa penyebab pada umumnya baterai laptop mengalami kebocoran atau sel-sel baterainya sudah rusak. Selain itu, bisa juga dikarenakan tegangan listrik yang kurang stabil. 

Penyebab lainnya karena bagian tombol power itu sendiri yang rusak baik itu patah, berdebu dan kotor. Namun bisa juga karena switch tombol power ada masalah. Sebenarnya banyak sekali penyebabnya misalnya kerusakan pada perangkat keras chipset, harddisk atau motherboard. 

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala 

Laptop tidak mau menyala memang cukup membuat pusing saat dibutuhkan. Kemungkinan penyebabnya sudah disebutkan di atas. Meskipun begitu jangan menyerah dulu sebab masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut tutorial cara mengatasi laptop tidak mau menyala.

1. Periksa Catu Daya Baterai 

Mulailah memeriksa catu daya atau bateri pada laptop tidak mau menyala. Sebelum memperbaikinya pastikan terlebih dulu semua kabel tersambung dengan benar. Untuk menguji atau memeriksa baterainya, ikuti langkah berikut ini. 

  • Lepas semua baterai yang dimiliki laptop 
  • Colokkan laptop ke stop kontak. 
  • Pastikan stop kontak tersebut berfungsi dengan baik
  • Jika laptop nyala tanpa memasang baterai, berarti masalanya bukan pada catu daya melainkan pada baterai. 
  • Beli baterai baru, namun laptop bisa digunakan sementara menggunakan AC daya. 
  • Jika tidak ingin beli yang baru, maka setiap kali menggunakan laptop harus mencolokkan ke stop kontak.

2. Diagnosis Masalah Layar 

Jika laptop tidak mau menyala layarnya atau tidak menampilkan gambar. Ini artinya yang rusak adalah panel LCD laptop itu sendiri. Berikut cara untuk memeriksanya. 

  • Lepaslah sambungan semua perangkat layar eksternal yang tidak penting misalnya monitor atau proyektor. Langkah ini berguna untuk memastikan perangkat tersebut tidak mengganggu proses startup.
  • Jika tombol power menyala dan kipas angin hidup tetapi layar tidak menampilkan gambar. Matikan lampu untuk melihat mungkin saja ada gambar yang ditampilkan dalam keadaan redup.
  • Jika ada melihat ada gambar, berati yang rusak adalah inverternya dan harus mengganti. 
  • Boleh juga mengganti tombol kecerahannya sekaligus sehingga tidak perlu bolak balik ke tempat perbaikan. 

3. Cek Kondisi RAM 

Layar tidak mau menyala tetapi lampu indikatornya hidup ini artinya RAM laptop yang rusak. Biasanya akan muncul bunyi beep berkali-kali pada laptop namun bisa juga tidak. Bisa cek RAM di pengaturan, jika memang produk keluaran lama, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Cara yang bisa dilakukan adalah menghidupkan kembali laptop. Jika masih tidak menampilkan apa-apa, harus mencoba menggunakan RAM yang lain. Misalnya meminjam RAM punya teman, dan masih tidak menyala. Ini seratur persen RAM yang rusak dan silakan ganti dengan yang baru.

4. Laptop Terlalu Panas membuat Laptop Tidak Mau Menyala

Jika suhu laptop sudah meninggi juga bisa menyebabkan laptop mati tiba-tiba. Ketika dinyalakan lagi, tetap saja laptop tidak mau menyala. Ini dikarenakan overheating atau kelebihan panas yang disebabkan oleh lubang ventilasi tertutup debu dan kotoran. 

Tunggu beberapa saat hingga suhu laptop berkurang atau menurun. Bersihkan debu dan kotoran yang ada pada laptop termasuk kipas. Saat menggunakan laptop selanjutnya pastikan bersama kipasnya untuk menghilangkan suhu panas. 

5. Cek Pengaturan BIOS dam VGA

Bisa juga laptop tidak mau menyala da bios berhenti bekerja. Matikan laptop dan cabut adaptor serta keluarkan baterai laptop. Tekan tombol power 20 detik. Hidupkan kembali laptop dan jika tidak berhasil, kemungkinan yang salahnya di bagian yang lain. 

Misalnya kondisi VGA yang rusak. Untuk memperbaikinya sebaiknya menghubungi yang ahli di bidang ini. Sebab VGA ini tempatnya dalam motherboard. Maka yang tidak punya pengalaman tidak bisa menyelesaikan mengganti sendiri dan bisa berisiko terkena masalah lain. 

6. Melakukan Reset Baterai 

Jika cara atasi laptop tidak mau menyala di atas tidak berhasil, coba reset baterai. Caranya dengan melepaskan baterai dari laptop. Kemudian cabut kabel charger yang dari laptop. Tekan tombol power yang dimiliki laptop selama sekitar 30 detik. Jika sudah lepaskan. Baterai dipasang kembali dan cobalah menchargernya lagi.

Baca : 2 Cara Mengatasi Black Screen Laptop Serta Penyebabnya

Cara Membersihkan Debu Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala

Sudah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab laptop tidak dapat menyala adalah karena banyaknya debu yang menumpuk dalam perangkat. Karena itu harus dibersihkan agar ke depannya bisa digunakan lagi. 

1. Siapkan Pembersih

Terdapat empat hal yang perlu dimiliki untuk menjaga kebersihan laptop yaitu alkohol, kain microfiber , peniup debu dan kapas atau kipas angin dan juga salah satu cara atasi laptop tidak mau menyala.Alkohol 90 persen tidak menyebabkan kerusakan pada laptop. Boleh juga menggunakan spons melanin untuk membersih kotoran membandel.

Jika tidak cukup dana untuk membeli set pembersih khusus laptop, tidak masalah. Sebab peralatan yang ada di rumah pun bisa digunakan. Jadi lebih menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan alat-alat yan ada saja. 

2. Bersihkan Laptop dari Dalam

Membersihkan kotoran yang ada pada keyboard memang mudah untuk mencegah laptop tidak mau menyala. Sebaiknya bersihkan dari dalam menggunakan alat peniup debu untuk menerbangkan kotoran. Percuma saja jika yang dibersihkan hanya bagian luar sedangkan bagian dalam masih kotor.

Karena itu, tiuplah debu yang ada di sela-sela perangkat menggunakan udara yang dikompresi. Sebelum itu, laptop harus dimatikan terlebih dulu. Cabut kabel power dan lepaskan baterai. Gunakan peniup debu ke semua celah seperti lubang angin, port USB dan keyboard.

3. Bersihkan Bagian Luar Laptop 

Untuk membersihkan bagian luar, gunakan kain microfiber, tuangkan alkohol. Bersihkan permukaan laptop. Sedangkan untuk ruang kecil antara keyboard dapat dibersihkan menggunakan kapas dan alkohol. Jika kotoran sudah hilang, gosokkan spons melamin secara perlahan untuk mencegah kerusakan penampilan laptop. 

Saat membersihkan layar laptop tidak mau menyala, pengguna harus dapat membersihkan sidik jari yang menempel menggunakan kain microfiber kering. Boleh menuangkan air sedikit pada kain untuk membersihkan kotoran membandel. Jangan gunakan sabun detergen rumah tangga sebab berbahan kimia dan bersifat keras. 

4. Hilangkan Bau Laptop 

Jika ada bau yang melekat pada laptop, pun harus dihilangkan. Misalnya sumber bau tersebut dari dalam laptop. Gunakan pewangi alami terbaik yaitu arang. Jika sulit mendapatkan arang, bisa menggantinya dengan pasir kotoran kucing. 

Sebab dalam pasir ini biasanya mengandung formula aktif. Tetapi gunakan pasir yang belum disentuh oleh kucing. Bungkus laptop dalam sebuah kantong yang sudah diisi pasir tersebut. Biarkan selama 24-48 jam. Semakin lama laptop didiamkan maka bau akan hilang dengan sendirinya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengatasi laptop tidak mau menyala dari TeknoApps yang bisa dipraktikkan langsung. Laptop mati memang banyak penyebabnya salah satunya tidak menjaga kebersihan laptop. Oleh karena itu, setelah ini usahakan laptop dalam keadaan bersih baik debu maupun kotoran lain.