Tips Mengatasi Layar Laptop Tidak Menyala yang Wajib Anda Ketahui

layar laptop tidak menyala

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop adalah layar laptop tidak menyala. Tentu saja, hal tersebut sangat mengganggu terlebih ketika ingin mengerjakan tugas/menyelesaikan pekerjaan. Apabila masih awam mengenai hal tersebut, maka ada bauknya untuk segera mencari cara mengatasinya.

Pentingnya Melakukan Diagnosis Permasalahan Ketika Layar Mati

Sebelum mengatasi masalah layar laptop tidak menyala, sangat penting bagi Anda untuk melakukan diagnosis permasalahannya terlebih dahulu. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mendiagnosis permasalahannya.

Ketiak ingin melakukannya, maka langkah pertamanya adalah dengan mencoba menggunakan monitor eksternal yang tersambung memakai kabel HDMI/VGA. Apabila tidak ada masalah, maka bisa jadi kerusakan terjadi karena adanya kerusakan di bagian kartu grafis.

Akan tetapi, apabila yang terjadi pada monitor eksternalnya tidak menyala maka jangan terburu-buru menyimpulkan permasalahan. Pasalnya, bisa saja kabel yang terhubung belum terpasang dengan benar. Setelah itu, segera cek lebih detail mengenai keadaan layar apakah masih benar-benar hitam.

Langkah Mengatasi Layar Laptop Tidak Menyala

Ketika masih bergelut dengan layar laptop tidak menyala, maka ada baiknya untuk segera mengetahui bagaimana cara mengatasi Troubleshoot Laptop tersebut. Terlebih jika perangkat yang ada sangat penting penggunaannya sehingga sangat mengganggu pekerjaan. Berikut langkah mengatasinya:

1. Matikan Laptop Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mematikan laptop itu sendiri. Akan tetapi, tentu sangat penting untuk mematikan perangkat tersebut dengan benar. Agar tidak sembarangan, pastikan untuk menerapkan caranya di bawah:

  • Tekan tombol power, kurang lebih selama 10 detik
  • Cek apakah sistem dapat menjalankan perintah dengan baik
  • Jika tidak, maka isa jadi sistem crash atau memori bermasalah
  • Ada baiknya segera bongkar laptop tersebut

2. Periksa dan Bongkar 

Agar Anda bisa memastikan permasalahan apa yang terjadi pada laptop tersebut, maka ada baiknya untuk membongkarnya terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan dengan memeriksa beberapa komponen. Berikut ini langkah membongkar selengkapnya:

  • Setelah laptop mati, segera periksa komponen lainnya
  • Mulai dengan melepas beberapa komponen
  • Salah satunya seperti fan prosesor dan prosesornya
  • Periksa juga kabel-kabel yang ada
  • Cek apakah ada masalah dengan kabel VGA/LCD monitor
  • Apabila ditemui bau menyengat pada board, maka bisa jadi itulah masalahnya
  • Hal tersebut umumnya, akibat menerima panas sehingga terjadi korslet

Baca : 2 Cara Mengatasi Black Screen Laptop Serta Penyebabnya

Apa Saja Hal yang Menyebabkan Layar tIdak Mau Menyala?

Seperti yang Anda ketahui, keberadaan laptop saat ini menjadi perangkat yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan seseorang. Tentu saja, ketika layar laptop tidak menyala akan menjadi masalah tersendiri. Lantas, sebenarnya apa saja hal yang menyebabkan laptop tidak mau menyala?

1. Mainboard Bermasalah

Ketika layar laptop tidak menyala ataupun mati secara tiba-tiba, maka penyebabnya terbilang cukup beragam. Akan tetapi, salah satu penyebab umumnya adalah mainboard yang bermasalah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan lebih lanjut pada bagian tersebut.

Anda juga bisa segera membersihkan debu yang ada pada setiap komponennya. Jika beberapa komponen yang ada tersebut sudah terlepas dan laptop masih bisa menyala maka ada baiknya untuk segera memperbaiki mainboardnya agar dapat digunakan kembali.

2. RAM Bermasalah

Masalah lain yang dapat menyebabkan layar laptop tidak menyala adalah bagian RAMnya. Jika laptop tidak menampilkan apapun sementara mesin dan lampu indikator masih menyala maka sangat penting untuk melakukan pengecekan lebih lanjut pada bagian RAM.

Oleh sebab itu, jangan sampai menyepelekan perawatan pada bagian RAM tersebut. Usahakan untuk membersihkannya dan menjaga bagian ini dari kotoran ataupun debu. Pasalnya, jika bagian ini sudah dibersihkan tetapi laptop tetap tidak menyala maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

3. Masalah pada Adaptor

Adaptor merupakan salah satu bagian penting yang ada pada laptop. Bagian tersebut nantinya berfungsi untuk mengisi daya baterai. Jika terjadi masalah pada bagian tersebut, maka bisa jadi itulah yang menyebabkan layar laptop tidak menyala. Terlebih jika laptop mati tiba-tiba padahal adaptor tersambung.

Untuk itu, jangan sampai Anda menyepelekan keberadaan adaptor. Sangat penting untuk merawat dan menggunakannya dengan bijak. Agar nantinya, bagian tersebut tidak akan menjadi penyebab laptop yang ingin digunakan tiba-tiba tidak mau menyala kembali.

Baca : Cara Mengatasi Layar Laptop Mati dengan Mudah

Tips Merawat Laptop Agar Panjang Umur dan Tidak Mudah Mati

Tidak banyak orang yang memperhatikan betul bagaimana cara merawat laptop mereka. Padahal, dengan melakukan peratawatan yang tepat perangkat tersebut akan terhindar dari adanya masalah termasuk layar laptop tidak menyala. Sebagai informasi, simak beberapa tipsnya berikut:

1. Bersihkan Layar Laptop

Bagi pengguna laptop, sangat penting bagi Anda untuk membersihkan bagian layarnya secara berkala. Jangan sampai menunggu layar dalam keadaan kotor yang membandel sehingga akan sangat sulit untuk dibersihkan. Untuk membersihkannya sendiri tidak dianjurkan menggunakan benda-benda sembarangan.

Anda bisa memanfaatkan lap microfiber yang merupakan salah satu jenis kain untuk mengelap kacamata. Dengan menerapkan cara ini, maka layar laptop akan jauh lebih awet penggunaannya. Selain itu, pastikan juga monitor laptop terhindar dari adanya goresan.’

2. Rawat Baterai Laptop

Selain layar, salah satu bagian penting laptop lainnya yang perlu Anda rawat secara berkala adalah baterai. Terlebih, baterai termasuk komponen yang mudah sekali mengalami kerusakan. Terlebih, bagian tersebut juga akan menjadi sumber energi yang sangat penting bagi penggunaan laptop agar tetap menyala.

Apabila baterai mengalami kerusakan, maka Anda tentu harus rela jika sewaktu-waktu layar laptop tidak menyala. Jangan sampai hal tersebut terjadi karena hanya akan mengganggu produktivitas seseorang ketika ingin bekerja atau mengerjakan tugas.

Penutup

Itu tadi beberapa penjelasan dari TeknoApps tentang bagaimana cara mengatasi layar laptop tidak menyala. Pastikan juga untuk memahami beberapa penjelasan lengkap lainnya. Agar nantinya penggunaan laptop lebih awet dan tahan lama untuk membantu mengerjakan keperluan apapun.