Cara Gunakan Office Word Online dengan Benar

office word online

Office Word online merupakan layanan berbagai aplikasi dalam pengelolaan dokumen yang berasal dari Microsoft tapi tersedia dalam bentuk web. Untuk sebutan resmi yang dimiliki oleh layanan ini adalah office for the web.

Pengertian Office Word Online

Microsoft Word merupakan sebuah program yang masuk ke dalam paket Microsoft Office. Di mana office word ini memiliki fungsi menjadi perangkat lunak dalam pengolahan kata. Dimulai dari proses pembuatan, proses pengeditan bahkan memformat dokumen.

Dengan zaman yang semakin canggih, sehingga terdapat word versi online, yakni office word online. Yang mana aplikasi tersebut memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan membuat file dokumen menggunakan Microsoft Word offline. Jadi nanti Kamu dapat membuat atau mengedit file online.

Office online juga dapat digunakan untuk berbagai macam browser modern. Misalnya saja seperti basis Firefox, chromium dan juga safari. Layanan yang diberikan juga sangat banyak seperti Google docs, Google sheet dan lain sebagainya. Apalagi layanan tersebut tidak perlu biaya.

Cara Cepat Membuat File di Office Word Online

Bagi beberapa orang yang tidak paham dalam proses pembuatan dokumen dengan office word online maka akan mengalami banyak kesulitan. Maka dari itu, kamu harus banyak belajar Microsoft Word agar tidak kesulitan lagi. Berikut ini merupakan langkah-langkah mudah yang dapat diikuti para pemula:

1. Cara Gunakan Microsoft Word Online Dalam Membuat Dokumen

Jika memutuskan membuat dokumen baru secara online, sedangkan sebelumnya tidak memiliki pengalaman menggunakan office word online. Maka bisa jadi akan ada kesalahan saat membuatnya. Agar tidak salah kaprah dalam pembuatannya, maka berikut ini adalah step yang perlu diikuti:

  • Langkah pertama harus masuk ke dalam office.com.
  • Lalu klik menu pada program agar dapat memulai office untuk web.
  • Apabila belum masuk maka buatlah akun Microsoft terlebih dahulu.
  • Setelah itu pilihlah template untuk memulai seperti halnya membuka dokumen kosong baru.

2. Cara Mudah Mengganti Nama Dokumen Di Word Office Online

Ketika sebelumnya Kamu telah membuat sebuah dokumen dengan menggunakan office word online. Tapi ingin mengganti nama dokumen agar lebih mudah dicari. Maka pengguna bisa mengikuti langkah simple berikut ini:

  • Pertama-tama Kamu telah membuka situs web office.com.
  • Kemudian jangan lupa untuk login akun yang sudah terdaftar pada Microsoft Word online.
  • Kemudian pilihlah judul pada bagian atas lalu ketik nama.
  • Setelah itu nama file dapat tersimpan secara otomatis pada Word web.
  • Jika ingin mengganti nama maka bisa masuk ke file dan pilih menu edit document.
  • Setelah itu pilihlah menu edit di browser.

3. Cara Membuat, Membuka, Atau Edit Dokumen Di Word Online

Penggunaan dari office word online untuk saat ini cukup dibutuhkan, sebab dalam pemakaiannya juga sangat mudah. Office ini digunakan dalam mengedit ataupun pengiriman file ke beberapa akun. Jika masih belum pernah menggunakan word online, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuka halaman Google docs.
  • Lakukan login dengan menggunakan akun email yang Kamu punya.
  • Ketika sudah berhasil masuk maka klik icon + dengan warna merah di pojok bawah kanan.
  • Setelah itu silakan ketik dokumen yang ingin dibuat.
  • Jika ingin membuka sebuah file word maka pilihlah menu file.
  • Kemudian pilihlah tab unggah dan carilah file word yang ingin dilakukan pengeditan.
  • Ketika ingin menambahkan sebuah gambar maka pilih opsi menu sisipkan.
  • Setelah itu pilih menu gambar dan upload menuju komputer.
  • Ketika sudah selesai melakukan pengeditan maka segera menyimpannya.
  • Pilihlah menu file, setelah itu pilih opsi unduh sebagai, lalu terakhir ialah pilih menu Word.

Manfaat Pakai Official Word Online

Setelah tahu bagaimana cara pemakaian dari office word online, maka berikut ini adalah berbagai macam manfaat yang bisa Kamu peroleh ketika memakainya. Dengan begitu pemakaian dari Microsoft Word online ini dapat dipertimbangkan.

1. Mengakses Dokumen Bisa Lebih Cepat

Bisa dikatakan dengan pemakaian office word online gratis maka setiap pengguna dapat mengakses dokumen jauh lebih cepat. Bahkan Kamu dapat melihat dokumen yang terakhir kali diedit pada bagian riwayat. 

Jadi ketika ingin membuka dokumen penting dengan cepat maka bisa disematkan. Bahkan proses pencarian dari dokumen yang dibagikan oleh teman juga jauh lebih mudah. Sehingga tidak membutuhkan aplikasi pembuka lain.

2. Bisa Menyimpan Dokumen Secara Otomatis Di One Drive

Dikarenakan office word bersifat online, tentu saja file dokumen yang telah ditulis mampu disimpan di OneDrive. Proses penyimpanan dokumen juga berlangsung secara otomatis. Sehingga para pengguna juga tidak perlu lagi memakai tombol shortcut ctrl + s setiap kali ingin .

Bisa dikatakan penyimpanan ini jauh lebih menguntungkan. Sebab nantinya para pengguna bisa Kapan saja dan dimana saja membuka file hanya dengan modal browser. Bahkan juga bisa file disinkronkan dengan aplikasi office pada aneka ragam perangkat.

3. Dapat Membagi Dokumen Untuk Kerjasama

Terdapat salah satu hal paling menarik ketika menggunakan layanan office word online. Dimana para pemakai bisa melakukan kolaborasi. Maksudnya adalah, Kamu dapat melakukan pengiriman tautan dokumen ke teman agar dapat masuk dan ikut mengerjakan dokumen tersebut.

Caranya ialah, Kamu hanya perlu tekan tombol share yang ada di sebelah kanan atas. Dan para pengguna juga melakukan setting batasan untuk teman yang datang. Tautan dapat dikirim melalui email atau bisa juga menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp.

4. Bisa Memberikan Komentar

Untuk beberapa bagian yang ada di office word online, para pengguna bisa memberikan komentar. Contohnya saja untuk informasi salah pada bagian formula ataupun Word. Kemudian nanti pada bagian tersebut akan muncul sebuah ikon komentar. Komentar itu biasanya muncul sebagai thread.

Agar dapat memberikan komentar pada bagian yang salah. Kamu hanya perlu klik kanan kemudian pilih menu new comment. Selanjutnya akan muncul kotak percakapan baru pada side bar. Para pengguna hanya tinggal mengisi komentar dan melakukan pengiriman.

5. Bisa Terhubung Ke Smartphone

Rasanya penggunaan smartphone tidak akan bisa lepas dari genggaman setiap orang. Apalagi untuk orang yang sering menggunakan hp dalam bekerja. Maka sangat penting untuk bisa melakukan sinkronisasi dokumen ke hp. Office word online adalah web paling tepat untuk sinkronisasi.

Dikarenakan kebanyakan berkas file dokumen akan tersimpan pada OneDrive. Kamu juga dapat dengan mudah membuka dokumen tersebut menggunakan aplikasi Office yang ada di smartphone. Hal seperti ini bisa dilakukan dengan melakukan sinkronisasi agar dapat mengedit dengan hp.

Penutup

Demikianlah sekilas informasi dari TeknoApps yang dapat diberikan kepada Kamu tentang apa itu office word online beserta manfaatnya. Dijamin ketika menggunakan Microsoft Word secara online ini, pekerjaan bisa dilakukan jauh lebih mudah tanpa adanya kendala. Karena paling penting ialah punya akses internet.