Wajib Tahu Penyebab Laptop Mati Total dan Cara Mengatasinya

penyebab laptop mati total

Penyebab Laptop Mati Total – Peran laptop saat ini tidak hanya berguna untuk memudahkan pekerjaan manusia. Namun lebih dari itu yaitu sebagai ladang mendapatkan cuan bagi seorang penulis maupun desainer grafis. Karena itu, jika laptop yang dimiliki rusak bahkan mati total akan mengganggu pekerjaan. 

Penyebab Laptop Mati Total yang Sering Terjadi 

Laptop mati total memang pengalaman yang tidak menyenangkan karena berbagai aktivitas bisa terhenti. Hal ini ini bisa disebabkan oleh pengguna sendiri atau hal lainnya. Untuk lebih jelasnya ikuti penjelasan Troubleshoot Laptop berikut agar lebih paham.

1. Laptop Terkena Air 

Penyebab pertama yang sering terjadi adalah laptop terkena air. Pengguna yang meletakkan laptop sekaligus air minum di sampingnya rentan terjadi hal ini. Akibatnya bukan hanya rusak beberapa komponen saja, fatalnya bisa mati total. 

Komponen yang paling berisiko terkena imbasnya adalah motherboard. Tetapi, jika airnya tidak banyak maka pengguna bisa saja tidak wajib mengganti motherboard dengan yang baru. Pengguna perlu mengecek ke bagian dalamnya untuk memastikan apakah masih bisa digunakan atau tidak. 

2. Laptop Jatuh 

Penyebab laptop mati total berikutnya adala laptop terjatuh biasanya karena tidak disengaja, karena tidak mungkin pengguna sengaja menjatuhkan laptop miliknya sendiri. Perlu diketahui bahwa perangkat ini ditopang oleh beberapa komponen elektronik. Maka saat terjatuh atau terjadi guncangan bisa mengakibatkan komponen terlepas. 

Kalau yang lepasnya hanya beberapa tuts keyboard  maka tidak masalah. Namun, jika yang rusak adalah LCD, mothrerboard, heatsink, prosesor atau komponen  penting lainnya tentu harus segera diperbaiki. Bisa membawanya ke tempat service karena biasanya jasa ini lebih paham. 

3. Laptop Mengalami Konslet 

Penyebab laptop mati total juga bisa karena konslet. Hal ini bisa saja terjadi karena aliran listrik tidak stabil atau penggunaan charger yang tidak original. Bisa juga karena memang cacat dari pabrik. Jika memang kondisi ini yang terjadi  maka pengguna harus mengganti komponen yang terbakar dengan yang baru. 

Tetapi, sebelum itu harus diperiksa secara menyeluruh agar benar-benar ada komponen rusak atau tidak. Laptop yang mati juga dapat diakibatkan oleh baterainya yang rusak. Sehingga saat dihubungkan ke listrik tidak bisa digunakan.

Baca : Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Cara Mengatasi Masalah Laptop Mati Total Versi 2024 

Laptop merek apa saja memiliki risiko kerusakan apalagi yang sudah digunakan bertahun-tahun lamanya. Belum lagi perangkat elektronik ini selalu ada versi terbarunya dengan inovasi fitur dan performa terbaik. Salah satu masalahnya adalah laptop mati total dan begini cara mengatasinya.

1. Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Karena Terkena Air 

Masalah terkena tumpahan air atau jatuh langsung ke air bisa terjadi pada siapa saja. Terkena tumpahan air dan masuk ke mesinnya tentu saja berbahaya. Jika penyebab laptop mati total karena terkena air seperti ini yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.  

  • Lepas charger dan baterai jika laptop masih terhubung dengan power supply. Karena adanya tegangan mengakibatkan komponen di dalamnya terkena konslet. 
  • Laplah tumpahan air dengan kain kering. Tujuannya agar mencegah air tersebut masuk ke bagian lebih dalam lagi. 
  • Balikkan laptop  jika air tadi sempat masuk ke bagian dalam. 
  • Angkat laptop untuk membuang air  dengan cara membalikkan atau memiringkan. 
  • Keringkan perangkat selama 1 sampai 2 jam. 
  • Bukalah laptop dan bersihkan komponen di dalamnya. 
  • Komponen seperti RAM, harddisk ataupun modul wifi. 

2. Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Akibat Jatuh

Penyebab laptop mati total berikutnya adalah karena terjatuh baik disengaja maupun tidak.  Perangkat yang terkena benturan keras tentu akan mempengaruhi komponen dan sistemnya. Jika yang terjadi seperti ini, semua komponen harus dipastikan dalam keadaan terpasang dengan baik. 

Selain itu, harus diketahui bahwa pada motherboard terdapat beberapa jalur. Jika ada bagian yang rusak di beberapa jalur tersebut, sebaiknya motherboardnya diganti dengan yang baru.  Namun, jika yang rusak hanya di jalur yang tidak terlalu berpengaruh maka laptop masih bisa berfungsi. Untuk memperbaikinya sebaiknya bawalah ke tempat service. 

3. Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Konslet

Penyebab laptop mati total juga bisa terjadi akibat konslet karena arus pendek. Konslet bisa terjadi kapan saja karena itu pengguna harus tahu cara mengatasinya. Supaya nanti saat terjadi tidak dipenuhi kepanikan. 

  • Lepaskan  dan pasang kembali komponen seperti harddisk, RAM maupun model wifi. 
  • Pasang kembali dengan posisi yang benar. Biasanya cara ini cukup berfungsi dan laptop bisa kembali dijalankan seperti biasa. 
  • Periksa juga bagian motherboard yang merupakan komponen utama atau vital bagi perangkat. 
  • Periksa secara hati-hati dan jangan sembarangan agar tidak merusak komponen yang lain. 
  • Cara lain adalah dengan menggunakan power supply untuk menemukn komponen mana yang bermasalah. 

4. Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Akibat Masalah pada Baterai

Masalah pada baterai juga bisa menjadi penyebab laptop mati total. Untuk memastikan hal ini coba charger laptop selama beberapa menit. Umumnya, baterai yang digunakan sampai nol persen membutuhkan waktu charge yang lama. 

Jika laptop dan lampu indikator tidak menyala, pengguna dapat melepaskan baterai. Hubungkan charger langsung ke perangkat dan jika menyala berarti solusinya ganti dengan baterai yang baru. Namun, jika tidak bisa melepas sendiri bisa langsung membawanya ke tempat service. 

Baca : Cara Menyalakan Laptop Keyboard Nyala

Penutup

Itulah cara memperbaiki sekaligus penyebab laptop mati total dari TeknoApps yang harus diketahui dengan baik. Jangan langsung memprediksi sesuatu tetapi periksa dengan baik apakah benar komponen laptop ada masalah atau tidak. Jika memang terjadi kerusakan dan bisa diperbaiki, maka tinggal memperbaikinya. Namun jika tidak bisa silakan minta tukang service untuk memperbaikinya.