Penjelasan Baterai CMOS Laptop, Fungsi, dan Jenisnya

Baterai CMOS Laptop

Baterai CMOS laptop ini merupakan sebuah komponen perangkat keras komputer berukuran kecil yang memiliki peranan cukup penting didalam perangkat PC maupun laptop. Dimana komponen ini sangatlah dibutuhkan oleh perangkat khususnya pada bagian motherboard.

Karena bentuknya yang kecil dan letaknya sedikit tersembunyi, mungkin tidak banyak orang yang tidak mempedulikannya dan malah menyepelekan keberadaanya.

Apakah Itu Baterai CMOS Laptop?

CMOS ini memiliki kepanjangan Complementary Metal Oxide Semi-Conductor,adalah sebuah baterai yang menjadi sumber daya bagi BIOS meskipun tidak ada aliran listrik yang masuk kedalam sebuah motherboard.

Dengan keberadaan baterai CMOS laptop ini maka membuat sistem yang ada didalam BIOS ini pun tetap bersfungsi dan pengatura yang ada didalamnya pun juga tetap tersimpan. Selain di perangkat laptop, baterai CMOS ini juga tersedia pada perangkat komputer.

Mengenai Baterai CMOS

Secara singkatnya, baterai CMOS laptop ini adalah sebuah baterai yang selalu memberikan daya listrik pada BIOS agar ia bisa menyimpan berbagai program maupun konfigurasi diagnostik, serta menyimpan infomasi seperti tangal dan waktu.

Jadi pada saat laptop maupun komputer kalian dimatikan, maka sistem didalam Bios ini akan tetap berjalan sehingga data-data yang tersimpan didalamnya pun bakal terus berfungsi. Pemakaian baterai CMOS ini sendiri memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan jenis chip lain seperti NMOS atau TTL.

Selain itu baterai CMOS ini juga dinilai lebih baik dikarenakan ia hanya mengkonsumsi daya ketika transistor dalam keadaan mati, dan pada saat transistor ini kembali hidup maka baterai ini tidak akan mengeluarkan daya apapun, dan BIOS bakal memanfaatkan daya listik yang mengalir kedalam motherboard tersebut.

Baterai CMOS laptop dan komputer ini juga mengkonsumsi daya yang rendah, sehingga membuatnya lebih hemat dan membuat kalian tidak perlu sering menggantinya. Karena daya rendahnya tersebut, membuat baterai CMOS ini pun bisa bertahan sampai lebih dari 5 tahun didalam satu perangkat nanti.

Jenis Baterai CMOS

Baterai CMOS ini sendiri ada beberapa jenis yang perlu kalian ketahui, ada yang bentuknya seperti baterai jam tangan, baterai CMOS laptop yang memiliki ukuran kecil, serta baterai CMOS yang memiliki bentuk seperti IC  Chip. Nah untuk penjelasannya bisa kalian simak di bawah ini :

1. Baterai CMOS Komputer

Untuk jenis baterai CMOS yang pertama kali ini adalah untuk perangkat komputer, dimana mungkin jenis baterai yang satu ini sering kalian temui namun tidak disadari.  Ukuran dari baterai ini cukup besar, bakhkan seukuran dengan baterai jam tangan yang pasti kalian temukan pada komputer lama maupun yang baru.

Untuk bentuk dari baterai CMOS ini seperti pada umumnya, yang membedakannya adalah tampilan bentuknya yang bundar dan pipih sehingga tidak memakan banyak ruang. Untuk menemukan baterai ini kalian bisa mengeceknya pada bagian motherboard komputer.

Namun baterai CMOS jenis ini juga bisa kalian temukan pada perangkat laptop tertentu atau yang sudah berusia jadul. Akan tetapi sesuai namanya, kebanyakan hanya perangkat komputer yang menggunakan baterai jenis ini.

2. Baterai CMOS Laptop

Untuk baterai CMOS laptop ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan baterai CMOS komputer. Selain itu baterai ini juga dibungkus oleh semacam bahan plastik, sehingga para pengguna laptop pun tidak menyadari keberadaanya karena sama sekali tidak terlihat seperti baterai karena dibungkus bahan tersebut.

Bukan karena jarang dibuka, akan tetapi baterai CMOS laptop ini memiliki ukuran yang kecil dan biasanya diletakkan ditempat tersembunyi, belum lagi dibungkus dengan bahan plastik tersebut membuat banyak orang tidak menyadari keberadaanya.

Lantas apa perbedaan dari baterai CMOS laptop dengan yang ada di komputer? Perbedaan yang paling mencolok adalah ukurannya yang lebih kecil dan mendapat bungkus / lapisan dibagian luarnya. Namun secara fungsi kedua jenis baterai ini tetaplah sama yakni sebagai sumber listrik BIOS yang ada didalam motherboard ketika laptop dimatikan.

3. Baterai CMOS bentuk IC  / Chip

Untuk tipe ini masuk kedalam kategori baterai CMOS laptop, hanya saja kalian akan menemukan jenis baterai ini pada beberapa jenis perangkat laptop jadul. Beberapa laptop baru ada juga yang memakai jenis baterai CMOS ini, namun sangat jarang.

Alasannya mungkin karena biaya serta keinginan membuat laptop dengan bentuk lebih kecil dan ramping. Akan tetapi kelemahan dari jenis baterai CMOS laptop ini adalah karena meninggalkan banyak rahang yang bisa merusak susuna sirkuit, serta konsumsi daya yang cukup tinggi membuat jenis ini ditinggalkan.

Baca : Ketahui Apa Saja Pengertian, Jenis, dan Fungsi Processor

Fungsi Baterai CMOS

Diatas tadi sempat sedikit dibahas mengenai apa fungsi dari baterai CMOS laptop maupun komputer, namun berikut ini akan dibahas lebih detail soal apa fungsi penting sebenarnya dari baterai tersebut.

1. Menyimpan Settingan Waktu dalam BIOS

Fungsi baterai CMOS laptop dan komputer pertama kali ini adalah kemampuannya untuk membantu BIOS dalam menyimpan sejumlah pengaturan penting didalam sebuah sistem perangkat. Pengaturan yang dimaksud ini adalah seperti pengaturan waktu yang bisa kalian atur di BIOS maupun dekstop Sistem Operasi.

Lalu baterai CMOS ini juga membantu selalu memberikan data pada BIOS agar tetap bisa menyimpan berbagai pengaturan tersebut agar pada saat tidak ada sumber listrik yang masuk kedalam komptuter maka data ini tidak hilang.

Apa jadinya jika kebetulan baterai CMOS laptop maupun komputer ini dayanya habis atau terlepas? Dengan begini maka BIOS pun tidak akan bisa menyimpan pengaturan waktu secara up to date nantinya. Dengan begini format jam dan tanggal yang ada didalamnya pun bakal berbuah menjadi default ketika kalian mematikan PC atau laptop lalu menyalakannya kembali.

2. Melakukan Diagnostik

Baterai CMOS laptop atau komputer ini memberikan sumber daya kepada BIOS supaya bisa melakukan diagnostik sebelum perangkat tersebut nyala atau masuk kedalam menu sistem operasi, konidisi ini biasa disebut dengan POST-BOOT.

Diagnostik yang dimaksud disini adalah berupa pengecekan perangkat USB apa saja yang terhubung ke laptop atau PC, kondisi RAM baik atau tidak, keyboard sudah terhubung dengan benar dan berfungsi dengan baik apa tidak, hingga mengecek kondisi dari hardisk dalam keadaan baik atau mengalami bad sector.

Sehingga jika daya dari baterai CMOS ini habis atau mungkin baterai terlepas, maka proses diagnostik ini pun bakalan terganggu menjadi perangkat laptop maupun komputer kalian bakal butuh waktu lama dalam proses booting nanti. Dalam beberapa kasus bahkan ada  beberapa perangkat yang mengalami gagal booting.

3. Melakukan Pembersihan BIOS

Untuk sejumlah keperluan, kadang kita perlu melakukan pembersihan  clear pengaturan yang ada didalam BIOS. Dimana hal ini biasanya terjadi karena kalain ingin mengubah susunan perangkat booting ataupun karena BIOS terkunci.

Dengan begini mau tidak mau kalian harus menghapus dan melepas baterai CMOS laptop maupun komputer tersebut. Dengan begini maka password didalam BIOS bakalan terhapus dengan pengaturan didalamnya pun kembali ke setelan default, jadi kalian harus melakukan pengaturan baru lagi nantinya.

Baca : Pengertian Power Supply adalah sebagai Komponen Komputer

Tanda Baterai CMOS Kehabisan Daya atau Rusak

Lalu apa indikasi jika baterai CMOS laptop ini rusak atau kehabisan daya? Pastinya sistem akan memberikan notifikasi kepada kalian, tinggal apakah kalian menangkap maksud dari notifikasi itu apa tidak.

1. Munculnya Peringatan saat POST-BOOT

Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, dimana POST-BOOT ini adalah kondisi ketika BIOS melakukan diagnostik sebelumnya akhirnya menuju ke proses Booting sistem operasi. Nah jika pada saat kalian pertama kali menyalakan laptop atau komputer, lalu muncul peringatan ‘Set Date and Time Error’ atau peringatan lain memberikan kode serupa, maka ini bisa jadi pertanda jika baterai CMOS laptop atau komputer kalian habis.

Ingat dimana baterai CMOS ini memberikan sumber daya pada BIOS agar selalu bekerja secara on-time meskipun kondisi PC atau laptop mati. Jika tidak ada sumber daya yang masuk, maka secara otomatis pengaturan waktu dan tanggal didalam BIOS pun akan error dan kembali ke setelan default terus.

2. Pengaturan Waktu dan Tanggal Dekstop Tak Sesuai

Dengan munculnya notifikasi Date and Time Error, maka ini sudah menjadi indikasi jika pengaturan waktu maupun tanggal pada perangkat kalian bermasalah. Maka dari itu kenapa ketika perangkat selesai proses booting dan masuk kedalam sistem operasi, kalian mendapatkan fakta jika pengaturan waktu dan tanggal tidak sesuai.

Dan seperti yang disebutkan diatas tadi, maka semua pengaturan akan berubah menjadi default pada BIOS karena ia baru mendapatkan sumber daya ketika PC atau laptop dinyalakan.

3. Tidak Bisa Mengakses Internet

Ketika kalian browsing internet dan muncul peringatan diatas, maka secara otomatis tidak akan bisa mengakses internet karena memang pengaturan waktu dan tanggal tidak sesuai. Namun kondisi ini tidak begitu darurat, karena kalain bisa mencoba membenarkannya sendiri secara manual nanti.

Cara Mengatasi Error yang Disebabkan Baterai CMOS Rusak

Untuk mengatasi Date and Timer Error yang disebabkan baterai CMOS laptop dan komputer kehabisan daya atau rusak, maka kalian bisa coba melakukan cara berikut ini:

1. Mengatur Ulang Waktu dan Tanggal

Agar kalian bisa menggunakan internet kembali, caranya ya harus membenahi pengaturan waktu dan tanggal sesuai hari itu.  Komputer tanpa baterai CMOS ini mungkin untuk pengaturan waktunya masi tetap aman karena ia bisa mengambil daya dari Power Supply.

Sementara pada laptop tanpa adanya baterai CMOS karena daya habis / rusak, harus mengatur ulasang waktu dan tanggal setiap kali menyalakannya karena daya listiknya dari baterai. Jika kondisi baterai masih normal mungkin masih mana, namun jika kondisi baterai laptop kalian sudah rusak maka tidak akan ada energi listrik yang mengalir didalamnya.

2. Mengganti Baterai CMOS

Tentu jika baterai CMOS laptop atau komputer kalian rusak atau habis dayanya, maka harus mengganti baterai tersebut. Pastikan untuk menggantinya dengan benar dan jangan asal lepas saja, jika tidak ingin kerusakan yang lebih parah nanti.

Jika kalian ragu atau tidak bisa melakukannya, maka bisa meminya bantuan dari tukang service PC ditempat kalian nanti.

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang pengertian, fungsi dan jenis baterai CMOS laptop, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.