Cara Mengatasi AMD Radeon Setting Tidak Muncul

AMD Radeon Setting Tidak Muncul

Untuk kalian yang menggunkan laptop dengan prosesor AMD, kemungkinan mengalami masalah seperti AMD Radeon setting tidak muncul. Ini menjadi hal yang lumrah terjadi, tapi kalian tidak perlu khawatir karena sangat mudah untuk mengatasinya.

Apa Fungsi AMD Radeon Setting?

AMD Radeon Setting ini adalah sebuah antarmuka driver utama yang memungkinkan kalian bisa menyesuaikan berbagai pengaturan driver grafis. Pada umumnya, setelah kalian menginstall driver ini, maka secara otomatis ikon dari AMD Radeon Setting ini bakal muncul pada sistem tray.

Tujuannya adalah untuk mempercepat pengguna dalam mengakses AMD Radeon Setting maupun profil grafis dan video. Entah karena sebab apa, tak jarang jika ikon didalam sistem tray ini tiba-tiba hilang, sehingga kalian akan kerepotan untuk melakukan pengaturan nanti.

Baca : Ketahui Apa Saja Pengertian, Jenis, dan Fungsi Processor

Cara Mengatasi AMD Radeon Setting Tidak Muncul

Jika kalian mengalami masalah dimana ikon pengaturan AMD Radeon setting tidak muncul pada bagian menu option, maka kemungkinan penyebabnya adalah perubahan sistem baru-baru ini. Nah untuk kalian yang kebetulan mengalami masalah tersebut, berikut ini kita kasih cara untuk mengatasinya.

  • Langkah pertama silahkan kalian buka Pengaturan AMD Radeon
  • Caranya adalah dengan klik kanan pada bagian depan dekstop, lalu pilih menu AMD Radeon Settings
  • Atau kalian bisa dengan cara membuka Pengaturan AMD Radeon ini melau menu Program didalam PC
  • Setelah terbuka, langsung saja kalian klik menu Preferensi
  • Pilih menu Enable System Tray
  • Berikan tanda ceklist sampai posisinya berganti ON
  • Klik Done atau Selesai dibagian pojok kanan atas
  • Setelah itu kalian tutup menu Pengaturan AMD Radeon tersebut
  • Nantinya ikon AMD Radeon setting ini bakalan muncul pada System Tray
  • Selesai

Nah itu tadi cara gampang mengatasi AMD Radeon setting tidak muncul, cukup mudah bukan? Kalian pun bisa melakukannya sendiri nanti.

Baca : Pengertian Heat Sink adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Jenis Prosesor AMD yang Perlu Kalian Tahu

Setelah paham cara mengatasi AMD Radeon setting tidak muncul diatas tadi, berikut ini kita akan memberikan rekomendasi AMD Radeon terbaik denagan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan kalian.

1. AMD Radeon RX 560 

AMD Radeon RX 560 ini merupakan kartu VGA dari AMD yang memiliki kemampuan setara dengan NVIDIA GTX 1050 Ti. Dengan banderol harganya lebih murah ekitar Rp 1.7 jutaan, membuat kartu VGA ini cukup menarik untuk kalian miliki.

Kartu AMD Radeon ini memiliki dua varian penyimpanan yakni 2 GB dan 4 GB, dan arsitektur yang digunakannya adalah GCN 4.0 dan memakai GDDR5.  AMD Radeon RX560 ini memiliki clock speed 1175 MHz / 1275 MHz, dan untuk mendapatkan hasil maksimal maka direkomendasikan kalian memakai RAM 8 GB.

2. AMD Radeon RX 570

Sesuai dari kode yang digunakan, jika kartu VGA ini merupakan versi lebih atas dari RX 560 dengan kemampuan yang sedikit lebih baik.  Kartu grafis ini hadir dengan menggunakan dua versi yakni 4 GB dan 8 GB serta memakai GDDR5.

Untuk harga AMD Radeon RX 750 ini sekitar Rp 1.8 jutaan, dengan harga tersebut kartu ini memakai arsitektur GCN 4.0 dengan clock speed mencapai 1168 MHz / 1244 MHz. RAM yang disarankan untuk mendapatkan kemampuan maksimalnya adalah 8 GB.

3. AMD Radeon RX 580

Kartu grafis AMD Radeon RX 580 ini hadir sebagai pesaing GTX 1060, dimana dari hasil benchmark kemampuan dar kartu ini lebih baik dari GTX 1060. Tentu dengan begini membuat kartu VGA ini recommended untuk akamu miliki.

Sama dengan tipe RX 570, dimana AMD Radeon RX 580 ini juga memiliki dua varian yakni 4 Gb dan 8GB dengan arsitektur GCN 4.0 dan memakai GDDR5. Untuk TDP dari kartu grafis ini mencapai 185 Watt dan PSU yang direkomendasikan memiliki daya 500Watt. Harga dari kartu grafis ini sendiri mulai Rp 2.8 jutaan.

Baca : Rekomendasi Kipas Prosesor Terbaik Untuk Gaming

4. AMD Radeon RX 590

Ditahun 2018 lalu AMD telah merilis AMD Radeon seri RX terkuat mereka dengan kode 590. Dimana kemampuan dari kartu grafis ini mampu melebihi NVIDIA GTX 1660 dengan banderol harga yang sama yakni Rp 3.1 jutaan.  

AMD Radeon RX 590 ini hadir dengan satu varian saja yakni 8 GB GDDR5 dan masih menggunakan arsitektur GCN 4.0. Untuk RAM yang direkomendasikan saat menggunakan kartu grafis ini adalah 12 GB, dengan TDP 220 dan memiliki PSU minimal memiliki daya 550 Watt. 

Tentu sangat wajar jika daya yang dibutuhkan lebih tinggi dari ketiga saudaranya, karena memang kemampuan dari kartu grafis ini masih lebih baik dari saudarnya tersebut.

5. AMD Radeon RX 5500 XT

Dan kartu grafis AMD Radeon terakhir yang direkomendasikan untuk kalian gunakan adalah AMD Radeon RX5500 XT. Dimana kartu grafis ini pertama kali dirilis pada akhir tahun 2019 lalu sebagai genarasi bari dari RX 5500.

Untuk kartu grafis ini tentu berbeda dengan AMD Radeon seri RX 560 sampai RX 590 tadi, dimana arsitektur yang digunakan oleh Radeon RX 5500 XT ini adalah RDNA dan GDDR6.  Dengan menggunakan GDDR6 ini maka manajemen VRAM pada karu grafis itu pun lebih efisien nantinya.

Selain itu, untuk kecepatan dari kartu VGA ini pun juga mengalami peningkatan drastis yakni 14GBps, namun untuk TDP dari AMD Radeon ini lebih efisien yakni 130 Watt dengan PSU 450Watt saja. Namun harga dari kartu grafis ini cukup tinggi, yakni Rp 3.1 jutaan.

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang cara mengatasi AMD Radeon setting tidak muncul, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.