3 Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android dengan Mudah

Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android

Halo sobat tekno, apa kabarnya? Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat video jadi karaoke di android.

Pada beberapa moment, sering kali para pecinta karoke kecewa karena video lagu favorit mereka tidak tidak tersedia dalam format karoke karena video lagunya memiliki suara dari penyanyi aslinya sehingga mereka tidak bisa mendendangkannya. Apakah kalian pernah mengalaminya?

Jika kalian mengalami masalah seperti diatas, kalian tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengubah format video menjadi karaoke di HP android kalian. Mengubah video menjadi karoke dapat kalian lakukan melalui android sehingga tidak memerlukan komputer dalam proses pengubahannya. Jadi kalian bisa lebih fleksibel waktu dan tempat untuk mengubahnya.

Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android

Cara membuat video jadi karaoke di android bisa kalian lakukan untuk membuat video menjadi karaoke dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi di smartphone android. Walaupun hasilnya tidak sebagus versi karaoke asli dari lagu tersebut. Tetapi, tidak terlalu mengurangi eksistensi dari acara karaoke yang akan kalian laksanakan atau dengan kata lain hasilnya cukup memuaskan.

Agar tidak penasaran lagi, yuk simak penjelasannya berikut ini tentang cara membuat video karaoke di android.

1. Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android Menggunakan Aplikasi Audio Extractor

Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android

Cara membuat video jadi karaoke di android yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Audio Extractor yang bisa kalian download di Google Play Store secara gratis.

Aplikasi Audio Extractor berguna untuk memisahkan audio yang ada di dalam video. Kegunaan aplikasi ini sangat sesuai dengan tujuan utama yaitu mengubah video yang ada suara penyanyi menjadi video karaoke. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dengan aplikasi Audio Extractor:

  • Download dan instal aplikasi “Audio Extractor” Kalau di HP android kalian belum terinstal aplikasi Audio Extractor maka kalian harus menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kalian download secara gratis di Play Store.
  • Bukalah aplikasi “Audio Extractor” Jika sudah menginstal aplikasinya maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Apabilah aplikasinya memerlukan izin maka izinkan saja.
  • Pilih “lunch video selector” Seetelah kalian membuka aplikasinya maka langkah berikutnya adalah memilih kotak pilihan yang bertuliskan launch video selector.
  • Pilih “video” yang akan dipisahkan Selanjutnya kalian akan diarahkan ke dalam pemilihan video. Pilihlah video yang akan kalian pisahkan antara suara penyanyi dengan music dan videonya.
  • Klik “start extraction” Setelah kalian berhasil memilih videonya maka kalian tinggal mengklik kata yang bertuliskan start extractrion maka video yang kalian pilih akan dimasukan ke dalam tahapan pengeditan.
  • Simpan video dengan klik fitur “simpan” Video yang berada pada proses ekstarksi akan memakan waktu yang cukup lama. Proses ini tidak akan memakan waktu lama jika kapasitas video yang kalian masukan tidak besar. Video yang di ekstraksi akan di proses oleh apliaksi menggunakan format awal. Kalian harus memastikan kalau video sudah tersusun dengan rapi.

Baca Juga:

2. Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android Menggunakan Aplikasi Vocal Remover For Karaoke

Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android

Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android adalah menggunakan aplikasi Vokal Remover For Karaoke. Aplikasi ini berfungsi untuk menghilangkan vokal suara yang ada pada video sehingga menghasilkan audio yang berbentuk karaoke. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi ini:

  • Download dan instal aplikasi “Vocal Remover For Karaoke” Kalau di HP android kalian belum terinstal aplikasi Vokal Remover For Karaoke maka kalian harus menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kalian download secara gratis di Play Store. Kalian harus memastikan bahwa developer dari pemilik aplikasi ini bernama Kasidej K.
  • Bukalah aplikasi “Vocal Remover For Karaoke” Jika sudah menginstal aplikasinya maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Apabilah aplikasinya memerlukan izin maka izinkan saja.
  • Pilih Fitur “Library” Kemudian, tahap yang harus kalian lakukan adalah memilih fitur yang bertuliskan library.
  • Pilih video yang sebelumnya sudah di ekstraksi.
  • Kalian harus memperhatikan video yang di ekstraksi dan belum di ekstraksi, karena nama kedua video tersebut sama. Jadi jangan sampai salah pilih. Video yang kalian pilih selanjutnya akan masuk ke dalam aplikasi tampilan aplikasi.
  • Klik “switch” Setelah kalian memilih video, langkah selanjutnya dalah mengklik fitur switch. Fitur ini terletak bersebelahan dengan tulisan remove vocal.
  • Atur slide dibagian bawah layar. Mengatur layar berguna untuk menyelaraskan kekuatan efek vocal removernya.
  • Klik “save”. Apabila semua tahap sudah selesai dilakukan maka kalian harus menyimpannya dengan cara klik save.
  • Klik “oke” Langkah terakhir adalah klik oke dan tunggu sampai proses penyimpanan selesai.

3. Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android Menggunakan Aplikasi Video Sound Editor

Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android Menggunakan Aplikasi Video Sound Editor

Cara membuat video jadi karaoke di android ketiga dan terakhir yang harus kalian adalah menggunakan aplikasi Video Sound Editor. Aplikasi ini berguna untuk memasukan suara vokal yang di edit sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

  •  Download dan instal aplikasi “Video Sound Editor” Kalau di HP android kalian belum terinstal aplikasi Video Sound Editor maka kalian harus menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kalian download secara gratis di Play Store.  
  • Bukalah aplikasi “Video Sound Editor” Jika sudah menginstal aplikasinya maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Apabilah aplikasinya memerlukan izin maka izinkan saja.
  • Pilih “add audio” Tahap berikutnya adalah memilih kotak pilihan “add audio to video”. Pilihlah video yang sudah di ekstraksi pada langkah pertama. Selanjutnya pilih add audio” dan pilihlah audio yang sebelumnya telah di edit menjadi audio karaoke, setelah itu klik “add”.
  • Klik “ikon centang” Jika tahap demi tahap sudah selesai, maka kalian boleh mengklik ikon centang yang muncul ditampilan layar aplikasi. Proses penyimpanan akan memakan waktu yang cukup lama. Kalian harus memastikan semua telah tersimpan dengan rapi agar tidak mengulang mengedit dan menyimpan kedua kalinya.

Itulah Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android menggunakan tiga aplikasi. Kalian harus melakukan langkah-langkahnya dengan benar agar berhasil. Semoga setelah membaca artikel Cara Membuat Video Jadi Karaoke di Android ini kalian bisa karaokean dengan manyanyikan lagu kesanyangan kalian Bersama keluarga, teman dan sahabat dengan suasana yang bahagia.

Karaoke adalah hiburan yang menyenangkan untuk menghilangkan stres setelah padatnya aktivitas yang bisa dinikmati bersama teman, sahabat, dan keluarga. Ada juga yang menjadikan karaoke sebagai ajang latihan sebelum on air atau tampil disuatu acara tertentu. Bagi sebagian orang biaya untuk menyewa jasa penyedia karaoke tidak murah, loh. Apalagi sedang berada ditanggal tua, hehehe.

Mahalnya biaya atau malas keluar rumah menjadi alasan bagi pecinta karaoke untuk berdendang  dirumah saja. Tapi volumenya jangan kencang-kencang ya sobat, kasihan tetangga kalian mau istirahat, hehehe.

Apabila kalian senang dengan artikel, silahkan share ke teman-teman kalian. Siapa tau mereka sedang membutuhkan tutorial seperti yang dijelaskan di dalam artikel ini.

Demikianlah pembahasan kita mengenai cara membuat video jadi karaoke di android, semoga bermanfaat. Teruslah semangat dalam belajar hal baru!