Cara Membuat Video Tiktok Muncul Di Beranda 100% Ampuh

Cara Membuat Video Tiktok Muncul Di Beranda

Hallo Millenial, pada artikel ini teknoapps.id/blog akan membagikan cara membuat video Tiktok muncul di beranda atau FYP yang pastinya ampuh.

Sekarang aplikasi Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang paling digemari oleh kaum muda maupun tua.

Tujuan mereka membuka aplikasi Tiktok bermacam-macam tentunya, ada yang hanya sekedar menonton konten-konten video orang lain atau ada juga yang berusaha membuat konten agar menjadi terkenal layaknya seorang selebritis papan atas.

Seiring berjalannya waktu, tiktok bukan hanya dijadikan sebagai platform untuk menunjukan aktivitas pribadi seorang konten kreator, tapi bisa juga dijadikan sebagai platform marketing dan branding sutau produk tertentu.

Produk yang bisa ditawarkan di Tiktok pun bermacam-macam, seperti fashion, komestik, musik, seputar kesehatan, dan lain sebagainya. Sederhananya Tiktok sudah menjadi wadah iklan yang populer karena sedikit fun dan unik.

Dengan segalah keunikannya Tiktok sangat bisa mengembangkan jiwa kreativitas seseorang. Maka tidak heran apabila Tiktok menjadi aplikasi yang popularitasnya hampir menyamai YouTube meskipun tergolong sebagai aplikasi yang masih baru. Lihat saja, ada banyak pengguna yang berbondong datang dan mendownload aplikasi ini di Playstore.

Jika kalian mampu membuat konten-konten menarik di Tiktok, selain akan membuat diri kalian dikenal oleh banyak orang, kalian juga bisa menjadi conten cretaor Tiktok professional yang dibayar loh sobat.

Hal diatas didasari karena banyaknya perusahaan yang ingin merekrutmen karyawan untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka melalui video-video menarik yang dibuat oleh seorang conten creator Tiktok. Jadi bisa menambah pemasukan cuan buat sobat sekalian.

Cara Membuat Video Tiktok Muncul Di Beranda (FYP)

Cara Membuat Video Tiktok Muncul Di Beranda

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana agar video yang dibuat oleh seorang conten cretaor bisa menjadi tranding dan bisa masuk ke beranda Tiktok atau sering disebut dengan istilah FYP? Yuk kita bahas cara membuat video Tiktok muncul di beranda:

1. Ikuti Trend

Cara membuat video Tiktok muncul di beranda pertama yang bisa dilakukan adalah mengikuti hal-hal yang lagi trend atau buatlah video yang sedang populer. Biasanya setiap minggu Tiktok akan mengeluarkan trend baru atau challenge yang bisa sobat coba.

Sobat bisa membuat ide yang kreatif dan inovatif serta murni karya sobat sendiri yang berbeda dengan hasil karya orang lain walaupun menggunakan trend yang sama.

Jadi, apabila sobat mengikut trend dan challenge maka video yang sobat buat mempunyai potensi yang tinggi agar bisa muncul di beranda atau FYP.

Misalnya topik yang sedang tranding sekarang adalah cara menjaga kesehatan, maka cobalah untuk membuat konten yang berkaitan dengan tata cara menjaga kesehatan.

Catatan pentingnya, meskipun sobat sudah membuat video yang sedang trending, sobat tetap harus mengeluarkan seluruh kemampuan agar video yang kalian buat menarik dan berbeda dari yang lain.

Keluarkanla seluruh kempuan kalian untuk mengedit dan mempercantik video kalian. Buatlah orang yang melihat karya kalian menjadi terkesan dan terkesima sehingga mereka tertarik untuk mengikuti akun kalian dan akan berusaha melihat konten kalian yang selanjutnya.

2. Tambahkan Hastag Yang Lagi Trending

Cara membuat video Tiktok muncul di beranda yang selanjutnya adalah dengan menggunakan hastag.

Ada yang belum paham apa itu hastag? Hastag adalah suatu frasa kata kunci yang dieja tanpa menggunakan spasi, dengan tanda tagar di bagian depannya.

Apabila sobat menambahkan hastag di video yang sobat buat maka sangat mungkin membuat pengguna lain menemukan video yang tidak diikutinya.

Apabila sobat mau menambahkan hastag di video yang dibuat, maka pastikan hastag yang kalian gunakan relevan dengan isi konten yang sobat buat ya. Dengan kata lain sobat harus membuat konten yang menarik dan sesuai dengan challenge yang sedang populer.

Sobat bisa menggunakan hastag #FYP atau #Foryourgae agar video yang sobat buat dapat dijangkau oleh banyak pengguna dan video sobat dapat muncul di beranda Tiktok. Kemudian, sobat bisa menambahkan hastag yang sesuai dengan isi konten yang sedang sobat buat, ya.

3. Gunakan Lagu Yang Sedang Trending

Setelah kalian mengikuti konten yang sedang populer dan menambah #hastag, hal selanjutnya yang bisa kalian lakukan agar video kalian muncul di beranda Tiktok adalah kalian harus mencari dan menggunakan lagu yang sedang trending.

Penggunaan lagu yang sedang populer kedalam konten kalian akan berpengaruh terhadap traficnya. Jika trafic video kalian bagus maka potensi video kalian bisa muncul di beranda Tiktok akan semakin besar.

Misalnya lagu yang sedang trending adalah lagu  yang berjudul “Bila Nanti” yang dinyanyikan Nabila, maka kalian bisa membuat konten video yang sesuai dengan lagu yang berjudul Bila Nanti.

Dengan begitu video kalian mempunyai peluang akan familiar ditelinga orang yang melihat video kalian karena mereka sudah terbiasa mendengarnya. Secara otomatis video kalian akan ikut populer juga.

Baca Juga:

4. Gunakan Waktu Yang Tepat Untuk Membagikan Konten

Tips keempat yang bisa lakukan agar potensi video sobat bisa muncul diberanda Tiktok adalah memperhatikan waktu yang tepat untuk membuat dan membagikan konten.

Waktu tepat ternyata juga mempengaruhi apakah video sobat muncul diberanda Tiktok atau tidak. Pada umumnya pengguna Tiktok akan menggunakannya di waktu-waktu santai mereka seperti jam makan siang, jam pulang kerja, dan saat istirahat malam.

Diperkirakan waktu yang sesuai untuk mengunggah konten adalah jam 12.00-13.00 saat makan siang, jam 16.00 pada saat waktu pulang kantor dan jam 19.00 saat istirahat di rumah. 

Jadi, sobat bisa membuat video kapan saja, tapi sobat disarankan mengunggahnya di jam-jam istiratnya para pengguna Tiktok. Dengan cara ini diyakini video sobat akan muncul di beranda Tiktok.

5. Gunakan Video Dengan Durasi Pendek

Cara membuat video Tiktok muncul di beranda berikutnya adalah dengan durasi video yang tepat.

Durasi video yang bisa sobat buat di platform Tiktok tidak lebih dari 1 menit. Dengan durasi yang singkat itu sobat dituntut agar mampu membuat video yang lebih padat, menarik dan langsung masuk kepada point inti agar bisa menjadi nilai tambah dan daya saing sehingga video sobat bisa muncul di beranda Tiktok.

6. Perhatikan Caption Video

Caption adalah penjelasan secara singkat tentang video yang kita unggah. Caption di Tiktok sangat singkat dan padat, berbeda dengan caption yang ada di platform Instagram dan facebook yang bisa memasukan penjelasan yang panjang dan rumit.

Oleh karena itu sobat harus mampu memasukan caption yang singkat, tapi bisa menjelaskan maksud dari video yang dibuat sehingga pengguna Tiktok tertarik untuk melihat konten yang sobat buat.

7. Konsisten Dalam Membuat Dan Mangunggah Konten

Cara membuat video Tiktok muncul di beranda yang terakhir adalah dengan upload video secara konsisten.

Kita tidak pernah tau video mana dari konten yang kita unggah akan viral dan menjadi magnet agar pengguna Tiktok tertarik untuk terus melihat konten-konten kita selanjutnya.

 Oleh karena itu, sobat harus disiplin dan konsisten dalam mencari dan mengunggah konten yang sesuai dengan minat pengguna Tiktok. Dengan begitu diharapkan konten sobat akan muncul di beranda Tiktok.

Kita harus menyakini bahwa aka ada orang-orang yang meunggu karya kita selanjutnya. karena platform Tiktok adalah ajang menumbuh kembangkan kreativitas yang tidak memandang pemula atau professional. Jadi, never give up ya kalau video kalian belum terlalu viral.

Penutup

Sampai disini pembahasan kita mengenai cara membuat video Tiktok muncul di beranda. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin membuat konten di Tiktok dan semoga konten-konten Tiktok kalian menjadi viral, ya! Semangat Berkreativitas.