4 Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Diputar dengan Mudah

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Diputar

Halo sobat tekno, apa kabarnya? Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan memberikan tutorial cara mengatasi video offline youtube tidak bisa diputar.

Youtube adalah sumber hiburan sekaligus sumber informasi yang sangat bagus. Youtube memberikan kepada penggunanya kesempatan untuk memposting dan menonton konten video secara gratis.

Youtube juga memberikan fitur pengunduhan video, jadi bisa ditonton secara offline. Disinilah tedapat masalah yang muncul, banyak pengguna Youtube yang mengeluhkan video offline youtube tidak bisa diputar.

Jika kamu mengalami hal ini, maka simaklah sampai akhir ulasan cara mengatasi video offline youtube tidak bisa diputar berikut ini.

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Diputar

Ada beberapa cara mengatasi video offline youtube tidak bisa diputar, caranya bergantung pada penyebab atau faktor.

Video youtube tekadang eror atau sering mengalami gangguan saat hendak diputar. Nah berikut ini adalah beberapa cara mengatasi video offline youtube tidak bisa diputar:

1. Hapus Cache Youtube

Tips atau cara mengatasi video offline Youtube tidak bisa diputar yang pertama adalah dengan menghapus cache Youtube. Kamu bisa menghapus cache Youtube di i manager atau file manager (tiap gadget berbeda).

Jika kamu ingin menghapus cache Youtube namun khawatir, atau kamu bertanya-tanya apakah cara mengatasi video offline Youtube tidak bisa diputar yang satu ini aman? Tidak perlu cemas cara ini aman dilakukan.

Menghapus cache Youtube atau cache aplikasi yang lainnya berarti kamu hanya menghapus situs atau file sampah yang tersimpan dalam aplikasi tersebut.

Terlalu banyak cache yang menumpuk dalam aplikasi Youtube dapat mengakibatkan masalah seperti tidak bisa diputarnya video offline atau video yang sudah di download.

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Diputar

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi video offline Youtube tidak bisa dipurar:

  • Bukalah menu “pengaturan/setting” di HP kamu.
  • Kemudian klik “pengelola aplikasi”.
  • Kemudian silahkan cari aplikasi “Youtube”.
  • Lalu pilih “penyimpanan.
  • Terakhir tinggal klik “hapus cache.”

2. Update Aplikasi Youtube

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Diputar

Apabila cara mengatasi vcara mengatasi video offline youtube tidak bisa diputar masih belum bisa, kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini. Kamu bisa meng-update atau memperbarui aplikasi Yotube di hp kamu, lewat Google Playstore.

Tak sedikit memang yang mengalami gangguan dalam memutar video offline youtube karena versi aplikasi yang terpasang adalah versi lawas, sehingga ada beberapa fitur youtube yang tidak support terhadap versi lawas tersebut.

Berikut ini adalah cara meng-update aplikasi Youtube:

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Google Play Store.
  • Kemudian ketuk Menu lalu silahkan ketuk “Aplikasi & game saya.”
  • Jika ada update untuk aplikasi, keterangan “Update” akan ditampilkan.
  • Ketuk Update Semua untuk mengupdate semua aplikasi. Untuk masing-masing aplikasi, temukan aplikasi spesifik yang ingin diupdate, lalu ketuk Update.
  • Terkadang, kamu mungkin perlu memulai ulang perangkat untuk mengupdate aplikasi. Pelajari update otomatis lebih lanjut.

Baca Juga:

3. Install Ulang Youtube

Apabila kedua cara diatas masih belum bisa mengatasi video youtube yang telah didownload tidak dapat diputar, kamu bisa menginstall ulang aplikasi Youtube. Cara ini telah terbuktif sangat efektif pada beberapa kasus. Orang-orang juga mungkin akan lebih memilih cara ini karena tergolong cepat dan tidak repot.

4. Install Ulang Android

Cara terakhir jika kamu masih belum bisa memutar video youtube yang telah kamu download adalah dengan menginstall ulang ponsel kamu. Cara ini dapat kamu lakukan jika ketiga cara diatas tidak dapat mengatasi masalah ini. Namun penting untuk kamu ketahui bahwa ini adalah cara yang cukup ekstrim untuk dilakukan, karena dengan melakukan langkah ini kamu akan kehilangan data atau file yang tersimpan pada memori internal kamu.

Apabila ketiga cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah ini, berarti ada beberapa kendala atau masalah yang menimpa pada sistem sehingga kamu tidak bisa memutar video youtube offline.

Penyebab Video Offline Youtube Tidak Bisa Diputar

1. File Video Offline Yotube Sudah Terhapus

Penyebab Video Offline Youtube Tidak Bisa Diputar

Ada baiknya kamu mengecek apakah file video yotube yang telah kamu download itu masih tersedia atau tidak.

Thumbnail video offline youtube tidak akan terhapus meskipun kamu sudah menghapus atau membersihkan cache youtube lewat aplikasi pembersih.

Banyak orang yang mengira bahwa video tersebut masih bisa diputar, padahal secara tidak sadar mereka telah membersihkan cache video tersebut. Jika kamu merasa tidak pernah menghapus video offline youtube tersebut, kemungkinan besar file itu telah dihapus oleh aplikasi pihak ketiga seperti pembersih sampah.

2. Mencopot Kartu Memori

Ada plihan untuk menyimpan file unduhan Youtube offline, bisa disimpan di kartu memori atau memori internal hp. Jika kamu menyimpan video offline youtube menggunakan lokasi penyimpanan SD Card kemudian kamu mencabut SD card tersebut maka bisa dipastikan viedo yang telah kamu download tidak dapat diputar.

3. Mengubah Lokasi Penyimpanan

Kamu harus mengetahui lokasi penyimpanan video youtube offline itu tersedia pada dua jenis penyimpanan, yakni lokasi penyimpanan internal dan lokasi penyimpanan sd card.

Jika sebelumnya kamu mengunduh video youtube offline di memori internal hp kamu. Kemudian kamu mengubahnya ke lokasi penyimpanan memori sd card, maka kamu tidak perlu terkejut apabila video youtube offline tidak dapat di putar.

4. Video Telah Diprivate atau Dihapus oleh Uploader

Tidak semua video youtube bisa diakses oleh publik. Mungkin saja ketika kamu dahulu pernah mendownload video youtube kemudian tidak bisa diputar, bisa jadi video tersebut telah dihapus atau diprivate oleh pihak atau orang yang mengupload video tersebut.

5. RAM Penuh

Penyebab video offline yotube tidak bisa diputar yang berikutnya adalah RAM HP kamu penuh. YouTube adalah aplikasi yang paling banyak memakan RAM, hal ini biasa terjadi karena YouTube bisa memuat banyak video. Sehingga, apabila RAM HP kamu terlalu penuh tentu akan mengganggu kinerja Youtube dan menjadi lemot.

Coba Download Ulang Video Youtube

Kami memberikan alternatif cara mengatasi masalah video youtube offline tidak dapat di putar dengan mendownload ulang video tersebut. Selain itu kamu juga dapat melakukan recovery file video yang terhapus di android dengan aplikasi pihak ketiga. Namun cara ini tidak mudah di lakukan, karena harus membutuhkan akses root android.

Terkadang kamu juga perlu memperbarui thumnail video yang telah kamu download. Youtube terkadang perlu mendownload ulang atau memperbarui thumnail agar video yang telah kamu download bisa diputar, biasanya ini terjadi pada video youtube yang telah lama.