3 Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo

Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo

Hallo sobat tekno, apa kabarnya? Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan membagikan cara menampilkan cuaca di hp Oppo.

Apakah anda pengguna HP Oppo yang baru? Sedang kebingungan mencari referensi tentang cara menampilkan perkiraan cuaca di HP anda. Pada artikel ini akan dibahas cara menampilkan cuaca di HP Oppo.

Bagi Sebagian pengguna HP Oppo tampilan perkiraan cuaca mungkin tidak terlalu penting. Terlebih lagi fitur ini memang sering diabaikan oleh pemilik HP. Tapi, untuk orang-orang yang perlu bepergian keluar rumah hampir setiap hari, pastinya tampilan cuaca ini sangat penting keberadaannya.

Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo

Cara menampilkan cuaca di HP Oppo sangat mudah jika anda sudah mengetahuinya. Biasanya, ketika kalian membeli HP Oppo tampilan cuaca sudah ada secara otomatis muncul di beranda HP Oppo kesayangan anda, lho. Tapi, apabila prediksi cuaca milik anda tidak ditampilkan, jangan khawatir karena anda hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti yang dijelaskan pada artikel ini.

Penasaran kan bagaimana cara menampilkan ikon cuacanya? Sebelum kita masuk kepada langkah-langkahnya, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa ada tiga acara untuk menampilkan cuaca di HP Oppo yaitu (1) dengan menggunakan Widget prediksi cuaca bawaan HP Oppo, (2) dengan menggunakan aplikasi lain yang bisa anda download di Google Playstoresecara gratis, (3) Dengan menggunakan WidgetGoodle Search.

Ketiga cara diatas akan kita bahas setu-persatu. Biar lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut:

1. Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo Menggunakan Widget Cuaca atau Weather

Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo

Berikut langkah-langkah cara menampilkan cuaca di hp Oppo:

  • Bukalah HP Oppo anda dan posisikan di layer “beranda atau Home.
  • Kemudian, “tekan dan tahan layer HP” anda kurang lebih 3 detik. Pada saat kondisi ini kalian tahan layer HP selama 3 detik atau cubit layar HP Oppo anda, tepatnya pada home screen atau layar utama oppo.
  • Selanjutnya pilih “Widget” pada menu dibawah layar.
  • Pada dibagian bawah akan muncul 2 opsi menu, yakni Widget dan efek. Disini kalian pilih yang “widget“.
  • Lalu “gulirkan ke bawah dan carilah Widget cuaca dan letakan Widget tersebut di bagian layar yang anda mau.
  • Apabila anda mau mengganti lokasinya, maka “tap widget tersebut, lalu cari dan pilih lokasi saat ini”.
  • Pada akhirnya Widget prediksi cuaca dan suhu sudah tampil di layer beranda HP Oppo anda.
  • Selesai.

Baca Juga:

Catatan penting ketika anda mau menambahkan Widget atau cuaca pada layar beranda HP Oppo anda, maka harus dipastikan bawah dibagian layer tersebut mempunyai area layar yang kosong karena akan dijadikan tempat untuk meletakkan ikon cuacanya.

Apabila tidak ada ruang yang kosong maka ikon cucanya tidak akan bisa ditambahkan dibagian layer tersebut. Anda akan diminta untuk memilih area layar yang kosong jika ingin menambahkan ikon cuaca di layar HP Oppo anda.

Permintaan mengosongkan layar bukan berarti memori penyimpanan HP anda habis, ya. Tapi, karena area layarnya penuh dengan fitur-fitur yang lain, sehingga tidak bisa memasukan fitur cuacanya.

2. Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo Menggunakan Aplikasi Cuaca dari Playstore

Apabila anda mau melihat motif design tampilan cuaca yang lain di HP Oppo anda. Maka cara yang kedua ini bisa kalian jadikan sebagai referensi. Pada acara yang kedua kalian bisa menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis di Playstrore.

Berikut langkah-langkah cara menampilkan cuaca di HP Oppo menggunakan aplikasi:

  • Langkah pertama bukalah “aplikasi Playstore dan cari aplikasi cuaca”.
  • Kemudian download dan install aplikasi Cuaca (Weather)” Sebelum mendowload aplikasi Cuaca maka pastikan HP Oppo anda memiliki ruang penyimpanan yang sesuai dengan kapasitas dari aplikasi tersebut. Jika tidak mencukupi maka anda akan diminta untuk mengosongkan ruang penyimpanan sampai mencukupi.
  • Jika sudah selesai, bukalah “aplikasi tersebut, berikan izin jika dari aplikasi meminta izin”.
  • Lalu pilih “lokasi layar” tempat ikon cuaca akan ditampilkan.
  • Pada tahap ini, pilihla lokasi layar yang kosong. Apabila kalian memilih lokasi layer yang penuh, maka aplikasi akan meminta mengosongkannya terlebih dahulu atau kalian bisa memilih layer beranda yang lain.
  • Dilayar yang anda pilih akan ditampilkan ikon cuaca yang terdiri dari suhu saat saat ini dan prediksi cuaca untuk hari ini dan hari selanjutnya.
  • Selesai.

Menampilkan cuaca menggunakan aplikasi memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Kelemahannya yaitu memakan banyak ruang dan beberapa aplikasi tidak bisa menampilkan ikon prediksi cuaca di layar utama HP Oppo kalian, melainkan anda harus membukanya apabila ingin melihat prediksi cuaca. Sedangkan kelebihannya adalah memiliki beberapa pilihan tampilan yang unik.

3. Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo Menggunakan Google Search

Ada fitur ketiga yang bisa kalian gunakan untuk menampilkan ikon cuaca di HP Oppo anda. Fitur ini adalah Google Search. Tentu keberadaannya cukup membantu anda jika ingin mencari sesuatu memalui Google Search dengan cepat. Berikut langkah-langkah cara menampilkan cuaca di hp Oppo menggunakan Google Search:

  • Pilih “area yang kosong pada homescreen”.
  • “Tekan dan tahan” hingga keluar opsi.
  • Pilih “opsi Widget”.
  • Klik perintah Widget Google Search”.
  • Secara otomatis Widget Google Searchakan ditampilkan.

Penutup

Dengan cara ketiga, anda bisa mengaturnya sesuai kemauan anda. Jika fitur Google Search ingin disembunyikan maka anda bisa melakukan kembali langkah yang sama seperti penejelasan sebelumnya. Demikian juga apabila anda mau menampilkannya lagi, cukup mudah untuk dilakukan.

Penulis menyarankan anda menampilkan ikon perkiraan cuaca di beranda HP kalian. Karena dengan adanya perkiraan cuaca setidaknya anda bisa mengetahui perkiraan cuaca hari ini dan besok sehingga anda bisa mempersiapkan diri, sedia paying sebelum hujan misalnya, hehehe.

Akan lebih baik lagi jika anda mencari informasi perkiraan cuaca yang lain supaya perkiraannya semakin kuat. Misalnya mengikuti media sosial dan berita-berita dari BMKG daerah anda atau melihat siaran berita dari televisi.

Anda juga bisa menggunakan cara diatas untuk menampilkan cuaca di HP Samsung dan HP Android lainnya. Karena yang mempunyai fitur cuaca bukan hanya di Oppo saja, tapi hampir semua merek smartphone telah dilengkapi dengan fitur perkiraan cuaca. Fitur tersebut teletak di depan layar utama.

Jadi, apabila pada smartphone anda fitur perkiraan cuaca tidak terlihat di homescreen, jangan khawatir. Cukup ikuti saja langkah-langkah diatas maka semuanya bisa ditampilkan. Demikianlah pembahasan mengenai cara menampilkan cuaca di layar HP Oppo

Bagikan informasi Cara Menampilkan Cuaca di HP Oppo ini kepada saudara atau teman anda yang menggunakan ponsel mereka Oppo dan ingin menampilkan fitur Widget cuaca, jam, ataupun Google Search. Temukan informasi yang lebih menarik lainnya hanya di website ini dan jangan lupa untuk bookmark agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru.

Tetap jaga kesehatan, salam hangat.