Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala – Layar laptop mati tapi mesin nyala mengakibatkan aktivitas pada perangkat ini terhenti. Tentunya menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pengguna. Ada banyak faktor penyebabnya dan untuk mengatasi hal ini pengguna harus tahu cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala.

Penyebab Laptop Mati

Penggunaan laptop lebih diminati karena ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan komputer. Laptop bisa dibawa kemana saja, namun yang menjadi masalahnya adalah kerusakan pada laptop. Seperti beberapa penyebab laptop mati berikut ini. 

1. Masalah pada Mainboard Laptop 

Laptop bisa mati tiba-tiba bisa disebabkan ada kerusakan atau masalah pada mainboard laptop. Untuk memastikannya, pengguna perlu melepas komponen seperti wifi card, harddisk dan DVD. Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala dengan menghilangkan semua debu yang mungkin menempel di komponen tersebut. 

Jika saat harddisk di lepas dan laptop mau menyala berarti yang menjadi masalahnya pada harddisk tersebut. Namun, jika waktu dilepas layar tetap mati artinya kerusakan yang terjadi bukan pada harddisk melainkan pada komponen yang lain. 

2. RAM Rusak 

RAM bermasalah pun bisa jadi penyebab layar laptop mati tiba-tiba. Mesin indikator menyala tetapi layar tidak menampilkan gambar apapun. Pengguna perlu mengecek RAM. Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala dengan melepas RAM dan membersihkannya. 

Setelah itu, pasang kembali dan lihat apakah ada perubahan atau tidak. Pastikan posisi RAM dengan benar. Jika hasilnya layar tetap tidak mau nyala berarti masalahnya ada pada RAM dan perlu diganti dengan yang baru. 

3. Rusaknya Baterai Laptop 

Masalah juga bisa terjadi pada baterai laptop. Saat baterai terisi penuh, coba hidupkan laptop. Jika layarnya tidak mau hidup, lepaskan baterai tersebut. Kemudian nyalakan laptop selama adaptor masih terhubung ke aliran listrik. 

Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala lepaskan baterai, jika laptop masih menyala maka kerusakan yang terjadi  adalah pada baterainya. Solusinya bisa mengganti baterai dengan yang baru atau menjalankan laptop tanpa menggunakan baterai. 

Baca : Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

4. Masalah pada Adaptor Laptop 

Adaptopr berguna untuk mengisi daya baterai perangkat elektronik ini. Jika layar laptop mati sendiri sedangkan adaptor masih tersambung, yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi aliran listrik dari stabilizer atau stop kontak. Jika tidak terukur hasilnya pada stabilizer, coba gunakan stop kontak yang lain.

Jika lampu indikator menyala, besar kemungkinan masalahnya pada adaptor tersebut. Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala cek kembali kabel adaptor mungkin ada yang terlipat dan patah kawat di dalamnya. Biasanya kabel akan bermasalah selama penggunaannya tidak hati-hati. 

5. Masalah pada Tombol Power Laptop 

Layar laptop mati tetapi mesin nyala  juga bisa disebabkan oleh tombol power yang tidak berfungsi. Mungkin ada kerusakan akibat penggunaan saat aliran listrik tidak stabil. Maka yang harus dilakukan pengguna adalah memeriksa tombol power dan IC power laptop. 

Saat memasang charger pada laptop, biasanya akan terjadi input aliran listrik yang berbeda. Karena itu, cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala dengan lepaskan charger. Kemudian tekan tombol power selama 30 detik sampai daya habis. Selanjutnya bisa pasangkan kembali charger dan nyalakan. 

6. Masalah pada Prosesor Laptop  

Prosesor merupakan bagian inti laptop atau disebut juga dengan otak laptop. Jika prosesor mengalami masalah otomatis semua sistem perangkat ini juga akan bermasalah. Karena itu, jika layar laptop mati sendiri coba cek prosesor. Mungkin saja ada gangguan yang  berdampak pada layar. 

Buka bagian bawah laptop, cek heatsink, saluran pembuangan angin dan fan prosesor. Jika ada debu atau kotoran segera dibersihkan. Jangan lupa lihat juga pasta prosesor mungkin sudah kering atau dalam kondisi yang tidak mendukung. Jika kondisinya seperti ini, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Setelah mengetahui penyebab Troubleshoot Laptop kemudian yang harus dilakukan adalah mempelajari cara mengatasinya. Hal ini penting sekali karena tanpa diperbaiki layar laptop tetap akan mati dan tidak bisa digunakan. 

1. Matikan Laptop 

Solusi pertama yang bisa dilakukan pengguna adalah mematikan laptop secara paksa. Tekan tombol power sekitar 10 detik. Masalah seperti ini bisa terjadi disebabkan oleh perangkat lunak laptop sedang error.

Mungkin saja sistemnya sedang bermasalah atau dumb crash akibatnya sistem tidak dapat membaca file yang sedang berjalan. Hal ini mengakibatkan layar laptop mati tiba-tiba atau tidak menampilkan gambar apapun. 

2. Lepaskan Baterai 

Sebelum lepaskan baterai pastikan laptop sudah mati dengan menekan tombol power. Kemudian tunggu sekitar 5 menit, dan buka bagian belakang untuk melepas baterai. Layar laptop mati tiba-tiba  bisa disebabkan oleh aliran listrik yang tidak setabil sehingga kinerja memori terganggu. 

Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala dengan mendiamkan laptop sekitar 5 menit setelah baterai dilepaskan. Selanjutnya pengguna dapat melakukan electricity reset. Tujuannya agar kinerja laptop bisa kembali lancar. 

Baca : Jangan Panik! Ini Cara Menyalakan Laptop yang Mati Pastinya Worked!

3. Melepas RAM 

Jika penyebanya ada pada RAM seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Maka yang harus dilakukan adalah membuka bagian belakang laptop dan lepaskan memori RAM. Pemakaian laptop dalam jangka waktu yang lama misalnya lebih dari 5 jam, membuat suhu perangkat meningkat. 

Kinerja laptop melambat atau lemot dan jika tidak segera dimatikan, laptop akan memaksa mati sendirinya. Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala  dengan lepaskan RAM untuk mendinginkannya. Boleh juga membersihkan komponen RAM menggunakan karet penghapus pensil agar tidak meninggalkan bekas. 

4. Membongkar Laptop 

Jika ingin mengetahui lebih detail masalah atau kerusakan pada komponen laptop, cara terbaik adalah dengan membongkar perangkat. Bukan satu komponen saja yang bisa dilepas namun semuanya. Jangan lupa cek kabel  yang terhubung pada LCD monitor atau bagian lain. 

Penutup

Itulah cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala dari TeknoApps yang bisa dipraktikkan. Langkah di atas disesuaikan dengan masalah yang terjadi. Jika tidak bisa memperbaiki sendiri, sebaiknya bawa saja ke tukang service.