Jangan Panik! Ini Cara Menyalakan Laptop yang Mati Pastinya Worked!

cara menyalakan laptop yang mati

Cara Menyalakan Laptop yang Mati – Laptop harus dirawat dengan baik agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sebab  perangkat elektronik baik laptop maupun komputer harganya cukup mahal. Mulai dari hard disk, keyboard, monitor dan komponen lainnya. Laptop yang belum lama digunakan pun bisa bermasalah seperti mati tiba-tiba. 

Cara Menyalakan Laptop Mati Sesuai Penyebab Masalahnya 

Sebelum menyalakan harus dicek dulu apa penyebab Troubleshoot Laptop. Tidak hanya disebabkan oleh komponen di dalam tetapi juga faktor eksternal laptop itu sendiri. Cara yang bisa dilakukan dijelaskan berikut ini. 

1. Mengecek Kondisi Aliran Listrik

Jika laptop tiba-tiba tidak bisa digunakan alias mati, apalagi hanya bisa menyala jika tersambung pakai adaptor. Hal ini disebabkan oleh kebocoran atau kerusakan baterai laptop. Boleh saja mengganti baterai baru agar lebih mudah. 

Namun tidak semua orang memiliki cukup dana untuk membeli baterai baru sehingga laptop masih digunakan dengan cara menghubungkan ke aliran listrik setiap dijalankan. Namun, risikonya jika aliran listrik tidak stabil atau tiba-tiba mati lampu maka laptop akan mati.

2. Hidupkan Laptop Kembali 

Saat laptop berjalan normal dan sedang digunakan seperti biasanya, tetapi tiba-tiba mati sendiri. Coba hidupkan kembali dengan menekan tombol power. Jika masih tidak bisa hidup, coba tekan tombol tadi agak lama. 

Namun, kalau laptop masih tidak menyala juga. Ini ada masalah pada hardwarenya. Mungkin saja harddisknya penuh atau komponen mainboard sudah rusak. Jika harddisk hanya muncul bunyi startup tetapi layar tidak menunjukkan apa-apa. Mungkin masalahnya ada di LCD atau monitor. 

Baca : Penyebab dan Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

3. Memperbaiki Sistem Operasi 

Cara menyalakan laptop yang mati berikutnya adalah memperbaiki sistem operasi. Laptop mati sendiri dan saat dihidupkan kembali layar laptop berubah menjadi hitam. Layarnya memang menyala tetapi tidak memunculkan tampilan seperti biasanya. 

Kemungkinan masalahnya ada pada sistem operasi. Mungkin ada file system yang corrupt atau bisa juga terinfeksi virus. Solusi yang bisa dilakukan adalah memperbaiki sistem operasi atau install ulang. 

4. Colokkan ke Adaptor 

Cara menyalakan laptop yang mati saat adaptor tidak digunakan maka yang harus dilakukan adalah menghubungkan dengan adaptor. Pastikan adaptor yang digunakan ini terhubung ke sumber listrik. Selain itu, bisa juga mati sendiri disebabkan komponen powernya kurang daya. Jadi, pastikan masalahnya terlebih dulu kemudian baru perbaiki apa yang rusak.

5. Dinginkan Laptop 

Penyebab laptop mati tiba-tiba bisa juga karena suhunya terlalu panas. Cara menyalakan laptop yang mati ini adalah dengan mendinginkan laptop.  Jika sudah menyalakan laptop dan menjalankan sistem hingga berjam-jam, istirahatkan dulu. 

Tunggu hingga satu jam atau laptop dalam keadaan benar-benar dingin, baru digunakan kembali. Suhu panas membuat laptop menjadi lambat dan sistem sulit beroperasi. Jika dipaksakan terus menerus merugikan pengguna karena menimbulkan berbagai masalah lain.

Penyebab Laptop Mati Sendiri 

Laptop mati sendiri merupakan kondisi yang cukup mengganggu. Jika pengguna baru pertama kali merasakan hal ini pasti khawatir dan panik. Padahal ini keadaan ini sudah dialami oleh banyak pengguna lain. Karena itu harus tahu penyebabnya agar dapat menentukan cara menyalakan laptop yang mati. 

1. Laptop Overheat 

Laptop menjadi panas jika digunakan hingga berjam-jam dan tidak ada istirahatnya. Penyebab lainnya karena menggunakan perangkat di atas bantal, sofa atau tempat tidur. Permukaan kurang rata membuat laptop susah bernafas. 

Sirkulasi udara berjalan tidak stabil dan menyebabkan hardware panas. Selain itu, laptop yang jarang dibersihkan juga menjadi penyebab overheat. Banyak debu dan kotoran menumpuk akhirnya mengganggu sirkulasi udara. Cara menyalakan laptop yang mati kondisi seperti ini adalah menggunakan cooling pad. 

2. Kipas Prosesor Berdebu 

Kipas pendingin yang berada di bagian bawah laptop berguna untuk meniupkan angin dan menghilangkan udara panas dari prosesor. Udara yang berdebu akan menumpuk pada kipas akhirnya menghambat kinerja. Jika dipaksakan dan mengalami overheat laptop akan mati sendiri. 

Cara menyalakan laptop yang mati sendiri seperti ini adalah dengan membersihkan kipas pendingin prosesor dari kotoran dan debu secraa rutin. Menggunakan kuas atau alat penyedot debu agar semua kotoran dapat terangkat. Kipas menjadi bersih kembali dan berfungsi dengan baik. 

3. Pasta Prosesor Berdebu 

Pasta prosesor berfungsi untuk menghambat panas dari prosesor menuju heatsink. Sedangkan heatsink adalah logam aluminium dan tembaga untuk memperluas proses transfer panas pada prosesor. Jika pasta mengering,  suhu panas akan langsung menuju heatsink. 

Hal ini memberikan dampak pada prosesor dan bisa merusak komponen penting. Akhirnya laptop mati sendiri saat sedang digunakan. Jika tidak terus diperbaiki, lama kelamaan prosesornya juga harus diganti. Cara menyalakan laptop yang mati dengan oleskan pasta yang baru secara merata pada bagian bawah kipas. 

Baca : Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

4. RAM Kotor 

RAM kotor juga bisa menjadi penghambat kerja laptop termasuk mati sendiri atau error. RAM memang berada di bagian dalam laptop tetapi bisa juga terkena debu dan kotoran. Posisi RAM penting sekali bagi laptop untuk menyimpan data. 

Jika RAM rusak otomatis berpengaruh pada kinerja laptop. Cara menyalakan laptop yang mati dengan membersihkan RAM secara rutin. Gunakan penghapus agar tidak ada kotoran berbekas.  Bisa juga melakukan pembaruan kapasitas RAM dengan yang baru sesuai kebutuhan. 

5. Penggunaan Tidak Sesuai Spesifikasi 

Jika laptop digunakan tidak sesuai spesifikasi tentu menyebabkan masalah. Semua perangkat baik laptop maupun komputer memiliki spesifikasi masing-masing. Tidak semua laptop cocok untuk game ataupun desain arsitek. Karena untuk hal ini memang ada versi khususnya. 

Oleh karena itu jangan gunakan laptop spesifikasi standar untuk bermain game. Jangan paksakan laptop standar untuk aktivitas berat. Cara menyalakan laptop yang mati gunakan sesuai spesifikasi dan terapkan sesuai masalah yang terjadi.