Cara Mengganti VGA Laptop Menjadi NVIDIA

Cara Mengganti VGA Laptop Menjadi NVIDIA

Ternyata VGA pada laptop juga bisa diganti dengan kapasitas lainnya. Cara mengganti VGA laptop menjadi NVIDIA yang biasanya dilakukan pada laptop dual VGA. Namun sebelumnya Anda juga harus melakukan beberapa langkah agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. 

Cara Mengganti VGA Laptop Menjadi NVIDIA Secara Sederhana

Perbedaan laptop dulu dan sekarang adalah terletak pada sistemnya. Sekarang ini kebanyakan menggunakan dual VGA. Hal ini dikarenakan kebutuhan dari penggunanya juga semakin banyak. Jadi tidak bisa lagi jika sistemnya disamakan dengan dulu. Berikut adalah langkah jika ingin ganti VGA laptop.

Berikut langkah cara mengganti VGA laptop Menjadi NVIDIA

  • Pastikan sudah update driver VGA 
  • Update pada situs resmu 
  • Cari yang sesuai dengan seri VGAmu 
  • Klik bagian kanan pada desktop 
  • Pilih opsi NVIDIA Control Panel 
  • Ubah setting pada panel ‘set physx configuration’
  • Setelah itu pilih ‘Gefore GT’
  • Klik Manage Settings
  • Ubah global settings di ‘High Performance NVIDIA Processor’
  • Pilih ‘Apply’ jika sudah melakukannya dengan benar
  • Cara mengganti VGA laptop menjadi NVIDIA sukses

Baca : Perangkat Keras Komputer : Detail Lengkap Hardware Laptop dan Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Keuntungan Update VGA Menjadi NVIDIA Untuk Laptop ataupun Komputer 

Setelah tau bagaimana cara mengganti VGA laptop menjadi NVIDIA sekarang Anda bisa mencari tahu kelebihan dari NVIDIA. Sistem grafis satu ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2018 lalu. Sampai sekarang tipe ini justru menjadi idola dan sangat populer apalagi di kalangan gaming atau grafis. 

1. Pakai Teknologi Arsitektur Turing 

Satu hal yang membedakannya dengan VGA lain adalah penggunaan teknolog arsitektur turing. Teknologi ini disebut sebagai sistem tercanggih yang pernah dibuat. Memberikan pengalaman melihat visual lebih detail untuk para content creator, grafis ataupun para gaming. 

Selain itu NVDIA juga sudah membenamkan sebuah pelacakan agar membuat sinar yang berfungsi sebagai efek gradasi bayangan agar lebih realistis. Keunggulan ini tentunya belum bisa di dapatkan jika laptop masih menggunakan kartu grafis standar biasa. Hasil akhir tidak semaksimal pakai NVIDIA.

2. Ada Teknologi Ray Tracing Dari NVIDIA 

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia grafis pasti tahu jika proses rendering dari sebuah laptop atau komputer membutuhkan waktu cukup lama. Pada saat bermain game pun proses rendering cahaya juga bayangan pada objek grafis sangat penting. Teknologi dari NVIDIA ini akan memudahkan. 

Jika menggunakan cara mengganti VGA laptop menjadi NVIDIA Anda akan mendapatkan sebuah teknologi rendering 3D konvensional dengan memakai objek dibuayt dari piksel juga bidang gambar lainnya. Dengan begitu semua komponen tersebut bisa mennsimulasikan efek pertemuan jadi objek. 

3. Kualitas Grafis yang Lebih Unggul Daripada VGA pada Umumnya 

Sejak tahun peluncurannya, sampai sekarang VGA dengan tipe NVIDIA semakin banyak peminatnya. Bahkan developer gaming juga menerapkan standar baru dalam pemakaian perangkatnya. Karena dengan begitu mereka bisa mendapatkan gambar visual jadi lebih dramatis dan sempurna. 

Perbedaan ini juga akan sangat dirasakan jika Anda sering bersentuhan dengan dunia grafis. Proses tracing atau rendering lebih mudah dibandingkan konvensional. Update perangkat dengan menggunakan cara mengganti VGA laptop menjadi NVIDIA versi paling terbaru. 

Penutup

Itulah penjelasan tentang cara mengganti VGA laptop menjadi NVIDIA serta keunggulan ketika menggunakannya dari TeknoApps. Spek NVIDIA biasanya hanya bisa digunakan pada laptop atau komputer yang sudah high end. Dengan kata lain harga jualnya diatas Rp 4 – Rp 5 juta, bukan hanya untuk mengetik saja. Anda bisa lihat artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara melihat VGA laptop dengan Mudah dan Praktis.