Inilah 10 VGA Laptop Pilihan Terbaik untuk Gaming

VGA Laptop

VGA Laptop atau Video Graphics Array merupakan komponen penting yang harus ada dalam perangkat keras komputer atau laptop, khususnya untuk mendukung kinerja yang berhubungan dengan penampilan grafis dan aktivitas bermain game.

Karena berhubungan dengan stabilitas visual serta kinerja saat bermain game, memilih VGA card laptop ini tidak boleh sembarangan. Jika Kamu belum paham betul, berikut ada beberapa tips serta rekomendasi VGA laptop gaming terbaik yang bisa Kamu pilih. 

10 Rekomendasi VGA Laptop Gaming Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, VGA laptop dapat mendukung mobilitas pengguna yang tinggi. Terutama untuk bermain game dan mengerjakan urusan pergrafisan, seperti edit gambar atau video. Dan berikut beberapa rekomendasi produknya: 

1. Nvidia GeForce RTX 2070 Super

Rekomendasi VGA laptop pertama datang dari merek Nvidia. Brand ini terkenal sebagai produsen unit pemrosesan grafis berkualitas baik dan memiliki performa yang optimal salah satunya Nvidia GeForce RTX 2070. 

VGA ini memiliki spesifikasi mumpuni yaitu memori 8 gigabyte, GPU cores 2,560, boost clock 1,770 MHz, dan base clock sebesar 1,605 MHz. Nvidia GeForce RTX 2070 Super dibanderol dengan harga sekitar 8 jutaan rupiah. Cukup terjangkau bukan untuk sebuah kartu VGA dengan performa yang optimal. 

2. Nvidia GeForce GTX 1050 Ti 4 GB DDR5

Dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp5 jutaan, Kamu akan mendapatkan kartu grafis berkualitas unggulan untuk mendukung aktivitas gaming. Kartu VGA Nvidia dibekali dengan memori sebesar 4 GB yang memungkinkan untuk mengupgrade boost clocknya mencapai 1480 MHz. 

VGA laptop Nvidia GeForce GTX 1050 Ti ini juga dapat mendukung aktivitas graphic editing Kamu karena dapat mendukung resolusi hingga mencapai 4096×2160 pixel. Selain itu, kartu grafis ini dilengkapi dua kipas untuk mencegah kenaikan suhu laptop kamu.

3. AMD Radeon RX 580 8 GB

Selanjutnya ada AMD Radeon RX 580 8 GB yang dapat dijadikan pilihan VGA laptop yang tangguh mendukung tampilan grafis game yang maksimal mencapai resolusi 4K. Kamu juga akan dapat merasakan sensasi memainkan game secara rata kanan berkat memorinya sebesar 8 GB.

Memori 8 GB tersebut dapat Kamu tingkatkan base clocknya mencapai 1,257 MHz. Kualitas grafis mumpuni yang dihasilkan kartu VGA ini bisa Kamu dapatkan dengan harga sebesar Rp 4jutaan saja!

4. Nvidia INNO3D GeForce GTX1650 Super Twin X2 OC

Kartu VGA ini direkomendasikan untuk Kamu yang gemar memainkan game berjenis realitas virtual atau VR. Nvidia INNO3D GeForce GTX1650 Super Twin X2 OC memberikan hasil rendering game VR yang semakin nyata dan smooth

Dibekali juga dengan VR Audio dan VR Works untuk memaksimalkan pengalaman bermain kamu. Kapasitas yang ditawarkan VGA laptop ini sebesar 4 GB dengan bandwith mencapai 12 GB/detik. Kamu bisa mendapatkan kartu VGA ini seharga Rp2 jutaan.

5. AMD Radeon RX 5700 XT

Segala game berperforma tinggi kini bisa dijalankan dengan dukungan dari AMD Radeon RX 5700 XT. Agar lebih gahar, Kartu VGA AMD Radeon RX 5700 XT juga dilengkapi dengan teknologi DLSS dan memori sebesar 8 gigabyte.r. 

Memori berkapasitas 8 GB yang tersedia di kartu VGA laptop ini didukung juga dengan GPU core sebesar 2,560. Bandwith memorinya mencapai 448 GB/detik. Harganya pun affordable, yaitu hanya sekitar Rp5 jutaan saja. 

6. MSI GeForce RTX 2080 11 GB DDR6 Gaming X Trio

Kamu butuh VGA laptop yang cocok buat memainkan game beresolusi 4K? ya, kartu VGA dari MSI ini adalah jawaban yang tepat! Dilengkapi dengan 11 GB memori jenis DDR6 yang dapat mendukung aktivitas gaming dan keseluruhan pekerjaan yang dilakukan di laptop kamu. 

Tak ketinggalan kecepatan memorinya mencapai 14 Gbps. Jangan khawatir laptopmu bakal panas karena terdapat kipas jenis Torx 3.0 yang menjaga kestabilan suhu dengan suara yang minim.

7. AMD Radeon Sapphire RX 580 8 GB DDR5

VGA laptop dari Sapphire ini menawarkan performa gaming yang maksimal dengan daya yang minimal, yakni hanya 225 watt saja. Visual yang dihasilkannya juga amat memanjakan mata karena dapat mendukung resolusi 5120 x 2880 Hz. 

Sapphire Radeon juga turut memaksimalkan pengalaman gaming dengan sejumlah fitur, seperti dual cooling technology yang menjaga laptop tetap sejuk dan Eyefinity Technology.

8. Razer Core x Chroma External GPU Enclosure e-GPU

Buat Kamu yang mencari VGA laptop eksternal untuk mendukung kinerja laptop, kartu VGA dari Razer Core x Chroma bisa Kamu andalkan karena dibekali kartu grafik AMD dan kabel jenis Thunderbolt 3 yang dapat diaplikasikan ke laptop yang tipis. Kamu bisa mendapatkan VGA eksternal ini seharga Rp8 jutaan.

9. Gigabyte Radeon RX 550 2 GB DDR5

Kartu VGA Gigabyte ini cocok diterapkan untuk aktivitas graphic processing tingkat rendah dengan dukungan memori jenis DDR5 sebesar 2 GB dan boost clock gaming yang mencapai 1195 MHz. Kamu tak perlu mengeluarkan budget besar untuk mendapatkan VGA laptop ini, cukup sediakan Rp2,2 jutaan saja!

10. ASRock Phantom Gaming R570 AMD Radeon GDDR5 4GB

Berbekal memori jenis GDDR5 sebesar 4 GB, kartu VGA laptop ini dapat memberikan pengalaman memainkan game yang optimal. Selain itu kapasitas boost clock yang ditawarkan mencapai 1244 MHz dan memori yang dapat dijalankan dengan bandwith 7 Gbps. VGA laptop ini affordable banget, lho, cukup Rp 2.900.000 saja.

Tips memilih VGA Laptop Gaming yang Tepat

Di pasaran terdapat banyak sekali jenis VGA yang dijual dengan beragam kapasitas dan spesifikasi. Sebelum membeli, yuk simak tips memilih VGA laptop:

1. Perhatikan jenis memori dan jalur data yang digunakan

Tips pertama untuk memilih VGA laptop yang tepat adalah memperhatikan tipe memori yang digunakan, apakah GDDR atau DDR? Jenis memori GDDR misalnya, mampu meningkatkan kecepatan proses transfer data dari prosesor sampai ke VGA.

Sedangkan untuk jalur datanya, biasanya kartu VGA hadir dalam beragam jalur, mulai dari 64 hingga 128 bit. Pilihlah kapasitas jalur data sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Cek kapasitas GPU yang dimiliki sebuah kartu VGA

Daripada melihat dari merek sebuah VGA laptop lebih baik Kamu cek terlebih dulu kapasitas GPU yang tepat untuk laptopmu. Hal ini penting agar proses rendering grafis yang Kamu lakukan jadi maksimal.

3. Pilih kartu VGA dengan jumlah core yang sesuai

Saat memilih kartu VGA laptop, jangan lupa memastikan jumlah core yang dimiliki kartu VGA tersebut. Jumlah core yang banyak tentu akan meringankan pekerjaan yang Kamu lakukan sekaligus kinerja laptop yang dipakai. Alhasil, laptopmu pun akan cepat juga.

4. Cari kartu VGA yang menggunakan daya listrik minimal

Aktivitas gaming maupun proses pengerjaan grafis dapat meningkatkan suhu kartu VGA. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka kartu VGA laptop akan rentan mengalami kerusakan. 

Maka dari itu, coba cari kartu VGA yang menggunakan watt listrik yang dapat meminimalkan panas yang diserap sekaligus menghemat penggunaan listrik.

Penutup

Bagaimana? Apakah Kamu telah menentukan pilihan VGA laptop terbaik versimu? Sampai disini dulu penjelasan dari TeknoApps pada artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.