Cara Reset HP Xiaomi Redmi 7 Agar Tidak Lemot dan Mengatasi Eror

cara-reset-hp-xiaomi-redmi-7

Pada artikel ini teknoapps.id/blog akan membagikan tutorial bagaimana cara reset HP Xiaomi Redmi 7 yang dijamin berhasil dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

Reset HP Xiaomi Redmi 7 dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara untuk memperbaiki masalah HP Xiaomi kamu atau karena kamu hanya sekedar ingin menghapus sampah-sampah yang terdapat di memori internal. Tutorial reset HP Xiaomi Redmi 7 sebenarnta banyak beredar dimana-mana, tapi jangan asal-asalan dalam melakukan reset HP Xiaomi Redmi 7.

Alih-alih HP Xiaomi Redmi 7 menjadi normal lagi, jika kamu salah dalam melakukan reset HP Xiaomi Redmi 7 malah bisa jadi muncul masalah baru seperti bootloop.

Beberapa alasan yang sering mendasari seseorang dan memantapkan hatinya untuk memtuskan bahwa dia harus mereset HP Xiaomi Redmi 7 adalah sebagai berikut:

  • HP Xiaomi Redmi 7 sering mangalami restart sendiri, masalah ini sering dialami oleh kebanyakan pengguna device ini. HP Xiaomi Redmi 7 restart sendiri biasanya terjadi karena penyimpanan internalnya penuh atau mesinnya mengalami overheat. Tapi jika HP Xiaomi Redmi 7 milikmu sering mengalami restart sendiri dan kamu merasa bahwa memori internal kamu longgar atau device kamu tidak sedang over heat maka kamu perlu memperbaikinya dengan cara mereset hp xiaomi milikmu itu.
  • Layar HP Xiaomi Redmi 7 tidak merespon sentuhan, tentu kamu akan merasa kesal jika HP Xiaomi milikmu tidak bisa merespon sentuhan layar. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menjadi sumber dari masalah ini, seperti kerusakan hardware LCD atau masalah sistem. Jika masalahnya ada di kerusakan pada layar LCDnya maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Akan tetapi kamu perlu mencoba untuk mereset HP xiaomi milikmu itu, siapa tahu masalahnya bisa diatasa tanpa harus mengeluarkan uang untuk mengganti layar LCD.
  • Sering Hang, penggunaan performa yang berlebihan pada HP Xiaomi Redmi 7 seperti bermain game berat terus-terusan bisa mengakibatkan HP Xiaomi Redmi 7 sering hang. Tapi kamu tidak perlu khawatir, biasanya game berat menyisakan sampah yang besar dan tersembunyi. Mungkin masalah ini bisa di atasi dengan cara reset HP Xiaomi Redmi 7.
  • Muncul pesan eror. Pesan eror muncul saat HP Xiaomi Redmi 7 tidak menjalankan sistem sebagimana mestinya. Jika ini terjadi kamu bisa mengatasinya dengan cara melakukan hard reset HP Xiaomi Redmi 7.
  • Bootloop. Masalah ini merupakan keadaan dimana HP Xiaomi Redmi 7 mengulang proses booting secara terus menerus. Perangkat tidak masuk kedalam sistem dan hanya mampu menampilkan logo Mi saja.

Cara Reset HP Xiaomi Redmi 7

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan reset pada HP Xiaomi Redmi 7. Untuk cara reset yang pertama ini dilakukan jika kamu tidak bisa masuk ke halaman home screen atau hanya sebatas bootloop.

Jika kamu tidak dapat mengakses menu utama di Home Screen maka kamu perlu melakukan yang namanya hard reset HP Xiaomi Redmi 7, Cara reset Xiaomi yang satu ini memiliki kekurangan berupa akan menghapus emua data penting yang terdapat dalam memori internal kamu.

Hard reset HP Xiaomi Redmi 7 merupakan cara alternatif dengan menggunakan tombol power dan volume. Jadi cara reset hp Xiaomi yang satu ini sangat membantu kamu yang mengalami masalah seperti layar HP Xiaomi mu tidak merespon sentuhan atau kamu tidak dapat mengakses menu utama di homescreen.

Nah cara hard reset HP Xiaomi Redmi 7 dapat kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Perhatian: sebelum melakukan hard reset pada HP Xiaomi Redmi 7, pastikan dahulu baterainya tidak soak dan memiliki daya lebih dari 50%.

  • Pertama-tama pastikan HP Xiaomi Redmi 7 dalam keadaan mati.
  • Setelah dipastikan dalam keadaan mati, tekan tombol power + tombol volume atas / (+) secara bersamaan hingga muncul logo Mi atau Xiaomi.
  • Selanjutnya kamu akan masuk kedalam mode recovery, nah disini layar sentuh HP Xiaomi Redmi 7 tidak akan berfungsi. Sebagai gantinya kamu dapat menggukan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk OK/Yes.
  • Selanjutnya kamu dapat menekan tombol volume kebawah sebanyak satu kali atau memilih Wipe Data.
  • Selanjutnya setelah menakan OK pada Wipe Data, pilih Wipe All Data.
  • Selanjutnya gunakan tombol volume untuk navigasi ke menu comfirm dan tekan tombol power 1x untuk konfirmasi.
  • Pada proses menunggu ini ada baiknya kamu banyak membaca doa, biasanya butuh waktu hingga 5 menit (maksimal).
  • Setelah proses wipe data selesai diproses, maka akan muncul tulisan bahasa inggris Data wiped Successfully yang menandakan proses reset HP Xiaomi Redmi 7 berhasil.
  • Setelah selesai kembali ke Back to Main Menu >> Reboot >> Reboot to System untuk merestart atau booting HP Xiaomi kamu.
  • Sampai disini proses telah selesai. Kamu tinggal mengatur seperti awal pembelian.

Cara Reset HP Xiaomi Redmi 7 Lewat Menu Pengaturan/Settings

Bagi kalian yang masih bisa mengakses menu di halaman home screen ada baiknya kamu melakukan proses reset HP Xiaomi Redmi 7 dengan cara ini. Cara reset HP Xiaomi Redmi 7 melalui menu settings dapat melindungi data penting kamu karena terdapat pilihan back up data.

Mengingat reset merupakan cara untuk menghapus semua data yang ada di HP Xiaomi Redmi 7, membackup data adalah langkah yang cukup bijak. Karena dengan membackup data, kamu tidak akan kehilangan data penting yang tersimpan dalam memori internal HP Xiaomi Redmi 7.

Nah berikut ini adalah cara reset HP Xiaomi Redmi 7 lewat menu pengaturan:

  • Pertama sebelum memulai proses reset hp Xiaomi-mu, pastikan kamu sudah log out dari semua akun Google dan Mi Cloud. Hal ini untuk menghindari kasus HP Xiaomi Redmi 7 terkunci setelah reset dan tidak ingat akun Google atau akun MI yang tersinkron.
  • Jangan lupa pastikan baterai kamu aman, tidak soak, dan memiliki daya lebih dari 50%.
  • Selanjutnya buka menu “Pengaturan”
  • Selanjutnya pilihlah menu “Tentang Ponsel”
  • Kemudian plih menu “Cadangkan & Setel Ulang”
  • Lalu kamu dapat melanjutkan dengan memilih “Reset ulang telepon”
  • Kemudian pilih “Setel ulang Telepon”
  • Lalu akan ada pop up Perhatian, lalu tekan Berikut >> Oke untuk Konfirmasi.
  • Setelah itu tunggu hingga beberapa menit hingga proses reset HP Xiaomi Redmi 7 selesai.
  • Setelah proses reset selesai, biasanya HP Xiaomi akan restart dengan sendirinya dan nanti kamu akan dibawa ke menu pengaturan awal.

Nah itu tadi adalah tutorial bagaimana cara reset HP Xiaomi Redmi 7 dengan baik dan benar. Jika kamu mengikuti langkah-langkah ini dengan teliti, kamu tidak akan gagal dalam melakukan proses reset HP Xiaomi Redmi 7 kesayanganmu itu.

Sekali ingatlah bawha reset adalah proses menghapus seluruh data yang ada di dalam HP dan mengembalikan ke setelan pabrik sehingga HP Xiaomi dapat kembali membaik performanya.