Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 7 dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 7

Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 7 – Saat ini, ASUS menjadi salah satu merk laptop yang banyak peminatnya. Jika Anda juga termasuk sebagai salah satu penggunanya, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara screenshot di laptop ASUS Windows 7. Dengan begitu, akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Mengenal Apa itu Screenshot

Sebelum mempelajari tentang cara screenshot di laptop ASUS Windows 7, ada baiknya juga untuk memahami apa itu screenshot. Perlu Anda ketahui, screenshot merupakan tangkapan tampilan layar yang diambil pada perangkat tertentu seperti laptop, PC, atau bahkan smartphone.

Screenshot ini sendiri pada dasarnya dilakukan dengan cara yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, memang ada banyak langkah yang bisa Anda terapkan saat ingin melakukan screenshot. Dengan begitu, tidak ada salahnya jika memilih salah satu cara tersebut sesuai dengan keinginan.

Umumnya, hasil screenshot yang sudah diperoleh dari cara screenshot di laptop ASUS Windows 7 tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memberitahukan informasi kepada orang lain yang sudah dilihat sebelumnya. Screenshot juga bisa menjadi salah satu bukti yang paling akurat saat memerlukannya.

Trik Membuat Screenshot Agar Lebih Efektif

Sangat penting bagi Anda untuk menerapkan pembuatan screenshot dengan tepat agar hasilnya lebih baik. Pasalnya, cara screenshot di laptop ASUS Windows 7 tidak dapat dilakukan dengan cara yang asal-asalan. Dengan begitu proses screenshot pun dapat dilakukan dengan lebih efektif. Berikut penjelasannya:

1. Perhatikan Kualitas

Pada dasarnya, ada banyak cara screenshot laptop ASUS yang bisa Anda lakukan agar hasilnya berkualitas. Hal yang perlu dilakukan tersebut adalah dengan membuat screenshot dengan kualitas gambar yang baik. Pastikan hasil screenshot nantinya tidak blur dan mudah terbaca.

Terlebih jika Anda ingin menguploadnya pada sosial media yang akan dilihat oleh orang banyak. Jika asal-asalan dalam melakukan screenshot, tentu saja tidak akan memperoleh hasil yang berkualitas. Tentu saja, hal tersebut hanya akan menjadikan kualitas screenshot tidak maksimal.

2. Tambahkan Watermark

Saat ingin melakukan screenshot, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menambahkan watermark. Keberadaan watermark tersebut nantinya bis ajadi tanda bahwa screenshot tersebut sudah dimiliki oleh seseorang. Lantas, bagaimana cara menambahkan watermarknya.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi edit foto atau aplikasi screenshot yang menyediakan fitur edit. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memasang watermark sendiri sesuai dengan kebutuhan. Adanya watermark juga dapat menghindarkan diri dari orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Sesuaikan Ukurannya

Selain beberapa hal di atas, hal lain yang perlu Anda perhatikan saat ingin  menerapkan cara screenshot di laptop tersebut adalah menyesuaikan ukurannya. Hal ini berarti, ukuran perlu disesuaikan dengan kapasitas perangkat. Jika tidak, sesuaikan dengan kapasitas sosmed jika ingin membagikannya.

Contohnya adalah Instagram, tentu saat ingin membagikan screenshot pada aplikasi sosial media tersebut maka perlu membuat screenshot dengan ukuran berbentuk segi empat. Sementara sosial media lainnya seperti Twitter, maka diperlukan ukuran berbentuk landscape.

4. Gunakan Aplikasi Screenshot

Tahukah Anda, bahwa saat ini ada banyak aplikasi screenshot yang dapat bermanfaat untuk mengedit hasil tangkapan layar tersebut. Dengan begitu, setelah Anda selesai melakukan cara screenshot di laptop ASUS Windows 7 bisa langsung memakai aplikasi tersebut untuk mengedit hasilnya.

Umumnya, aplikasi screenshot sendiri sudah dibekali dengan berbagai fitur. Seperti menambahkan tulisan, stiker, bingkai, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tentu seseorang dapat lebih mudah dalam mengkreasikan hasil screenshot mereka sesuai dengan keinginan.

Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 7

Setelah memahami beberapa penjelasan mengenai screenshot di atas, sekarang waktunya Anda mempelajari bagaimana cara capture di laptop ASUS. Seperti apa saja caranya? Pastikan untuk menyimak penjelasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini:

1. Tombol PrntScrn

Cara screenshot di laptop ASUS Windows 7 pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tombol PrntScrn/PrtSc. Tombol yang berupa Print Screen tersebut umumnya terletak di ujung kanan keyboard laptop. Untuk melakukan screenshot, maka simak langkahnya berikut ini:

  • Siapkan dahulu tampilan layar yang ingin Anda screenshot
  • Tekan tombol PrntScrn/PrtSc yang ada di keyboard
  • Buka aplikasi Paint
  • Tekan CTRL + V
  • Lakukan edit screenshot jika diperlukan
  • Simpan hasil gambar screenshot tersebut

2. Alt + PrntScrn/PrtSc

Cara screenshot di laptop ASUS Windows 7 lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tombol Alt + PrntScrn/PrtSc. Dengan menerapkan cara yang satu ini, tentu saja proses screenshot dapat dilakukan dengan sangat mudah. Untuk itu, jangan sampai melewatkan caranya seperti berikut:

  • Siapkan tampilan layar yang ingin Anda capture
  • Tekan tombol Alt + PrntScrn/PrtSc pada keyboard
  • Paste gambar hasil screenshot pada aplikasi editing
  • Edit jika diperlukan
  • Simpan hasil screenshot tersebut
  • Proses screenshot selesai

Penutup

Itu tadi beberapa cara screenshot di laptop ASUS Windows 7 dari TeknoApps . Tentu saja, saat menerapkan beberapa cara tersebut sudah tidak perlu lagi memanfaatkan aplikasi tambahan yang memakan banyak ruang penyimpanna. Pilih saja salah satu cara diantaranya agar dapat melakukan screenshot dengan mudah.