Penjelasan Tentang DDR RAM dan Perbedaan Fungsinya

DDR RAM

Penjelasan Tentang DDR RAM – Jika membahas soal jenis RAM, ada banyak sekali jenis di dunia ini. Akan tetapi dikesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai salah satu jenis RAM yang sangat populer dan banyak digunakan yakni DDR RAM.

Apakah kalian sudah pernah mendengar istilah DDR RAM ini? mungkin mendengar namanya saja sudah pernah ya, namun bagi orang awam tentu bakalan asing dan mungkin tidak pernah mendengar namanya sama sekali.

Pengertian DDR RAM

Double Data Rate (DDR) adalah jenis RAM yang memiliki kemampuan dua kali lipat dibandingkan seri sebelumnya SDR RAM.  Dimana DDR RAM ini mampu mengerajakan 2x data dalam satu siklus sehingga membuat kinerjanya dianggap lebih optimal.

Nah DDR RAM ini sendiri ada empat jenis sampai sekarang, yakni DDR1, DDR2, DDR3, dan yang paling baru DDR4 yang masih bertahan sampai sekarang. Nah untuk penjelasannya bisa kalian simak dibawah ini.

Baca : 5+ Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Coba Yuk!

Fungsi, Jenis, dan Perbedaan DDR RAM

Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, jika didunia ini ada banyak sekali jenis RAM, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang DDR RAM, jenis, fungsi, serta perbedaanya. Bagi kalian yang sudah penasaran, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini

DDR RAM Generasi 1

DDR RAM yang pertama ini memiliki nama lain RAM DDR1, dimana jenis ini pertama kali muncul pada tahun 1995-1996 silam, dan bisa diterima oleh pasaran secara sempurna di akhir tahun 2000.  Karena kinerja dari SDR (Single Data Rate) RAM yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar, maka DDR ini pun muncul untuk memenuhi kebutuhan pengguna

DDR RAM generasi pertama ini mampu mengerjakan tugas 2x lebih cepat, dan ia memiliki kecepatan transfer data antara 200 – 400 MT/s serta memiliki kecepatan bus clock sekitar 100 – 200 MHz. Saat dirilis dulu, kosumsi daya dari RAM ini cukup lumayan yakni 2.5V dan lebar bandwith yang dimilikinya mencapai 1.6 Gbps.

DDR RAM Generasi 2

Karena perkembangan teknologi makin canggih, maka kemampuan dari DDR RAM generasi pertama pun sudah tidak mampu mengimbangi kecepatan proses CPU. Maka dari itu dikembangkan DDR RAM generasi kedua dengan nama DDR2 yang didukung dengan kemampuan transfer data maupun clock speed yang ditingkatkan.

DDR RAM ini mulai diterima dengan baik dan memiliki kualitas standar yang mumpuni yakni pada tahun 2004 – 2008, ketika itu juga kebetulan sudah masuk pada era komputer dengan prosesor Pentium. Sebagai generasi penerus, maka RAM ini meimiliki kecepatan transfer mencapai 400 – 1600 MTs dengan clock speed mencapai 200 – 533 MHz.

Pada generasi kedua ini, kunsumsi dayanya pun relatif lebih rendah yakni 1,8 V dengan ukuran tiap keping RAM berkapasitas 1 GB – 2 GB.

Baca : Penjelasan Apa itu DDR VGA dan Jenisnya

DDR RAM Generasi 3

Berbeda dengan dua generasi sebelumnya, untuk DDR RAM generasi ketiga ini menguasai pasaran dengan durasi waktu yang cukup lama. Yakni antara periode tahun 2009 – 2019 silam sebelum digeser oleh generasi penerusnya.

RAM DDR3 ini hadir dimana setiap keping memiliki ukuran 8 GB, sementara untuk kecepatan transfer datanya cukup tinggi yakni mencapai 800 – 2133 MT/s dan memiliki clock speed mencapai 400 – 1066 MHz.

Tentu jika dibandingkan DDR RAM generasi kedua, untuk generasi ketiga ini memiliki kecepatan transfer data maupun clock speed 10x lebih cepat.  Sejumlah prosesor yang mulai bekerjasama dengan DDR RAM generasi ketiga inimulai seri Core I dan sekelasnya, untuk konsumsi daya pun lebih rendah lagi yakni 1.5 V saja.

Sebenarnya ada versi lain dari DDR RAM generasi ketiga ini menggunakan nama DDR3L yang didukung dengan voltase lebih rendah yakni 1.3 V, namun RAM ini dikhususkan oleh laptop terbaru dengan ukuran tipis agar tidak gampang panas.

DDR RAM Generasi 4

Sebenarnya DDR RAM generasi keempat ini sudah mulai dikenal dipasaran sejak tahun 2024 – 2024, dimana ia memiliki kecepatan transfer yang sangat cepat yakni 2133 – 4266 MTs dan memiliki clock speed 1066 hingga 2133 Mhz.

DDR RAM generasi 4 ini menjadi generasi terbaik di tahun 2018 – 2019, namun yang namanya terbaik maka harga dari perangkat ini pun sangat mahal dipasaran.  RAM DDR4 ini memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dari generasi sebelumnya, yakni 1.05 V saja, kelemahannya adalah tidak semua CPU bisa menerima keberadaan RAM tersebut.

Baca : Rekomendasi 6 Tipe VGA DDR3 Dengan Harga Terjangkau

Hal Penting Sebelum Upgrade RAM

Yang namanya manusia, pasti kebutuhan akan RAM pada perangkatnya ini selalu merasa kurang. Dimana mereka selalu ingin menambah kapasitas DDR RAM pada perangkatnya supaya bisa berjalan lebih kencang lagi.

Jika didalam laptop atau komputer kalian memiliki 2 slot RAM dan kalian ingin memperbesar kapasitasnya seperti contoh 8 GB. Maka daripada kamu membeli 1 slot RAM 8 GB, maka lebih kamu beli 2 RAM berkapasitas 4 GB karena hal ini akan membuat kinerjanya lebih baik lagi.

Sebelum kalian membeli RAM baru, sebaiknya perhatikan DDR RAM yang ada didalam perangkat kalian terlebih dahulu. Dan Silahkan beli perangkat dengan jenis yang sama karena itu memang sudah menjadi rekomendasi dari sang vendor.

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang penjelasan, jenis, dan fungsi DDR RAM. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.