5+ Jenis RAM yang Wajib Kalian Ketahui

Jenis RAM

Jenis RAM yang Wajib Kalian Ketahui – RAM adalah sebuah komponen kecil yang sangat penting didalam benda elektronik, semacam komputer, laptop, maupun Smartphone. Nah dikesempatan kali ini kami akan membahas tentang jenis RAM  beserta fungsinya.

Pengertian RAM

Random Access Memory adalah memori penyimpanan sementara didalam sebuah perangkat. Keberadaanya sangatlah penting untuk membantu pengguna dalam membuka sebuah aplikasi lebih cepat nanti.

RAM ini bekerja sama dengan prosesor dalam melakukan tugasnya, sehingga kedua komponen ini saling terintegrasi satu sama lain. Berikut ini akan dibahas tentang jenis RAM dan fungsinya untuk menambah wawasan kalian.

Baca : 5+ Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Coba Yuk!

6 Jenis RAM yang Wajib Kalian Tahu

Banyak orang awam yang berfikir jika RAM ini hanya satu jenis, padahal ada beberapa jenis RAM yang memiliki kemampuan masing-masing. Bahkan bisa jadi dalam beberapa jenis laptop atau komputer ini menggunakan jenis RAM yang berbeda juga.

Gak percaya? Langsung saja simak ulasan tentang macam-macam RAM di bawah :

Dynamic RAM (DRAM) 

Jenis RAM yang pertama kali bernama Dynamic RAM atau bisa disebut dengan DRAM. Ini merupakan RAM yang di refresh oleh CPU (Central Procesing Unit) secara berkala, tujuannya adalah agar data yang ada didalamnya ini tidak gampang hilang.

Yang menjadi salah satu keunggulan dari pengguna DRAM ini adalah struktur sederhana yang ada didalamnya yang mana hanya butuh satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, jika dibandingkan dnegan empat buah transistor S RAM.

Sychronous Dynamic RAM (SD RAM)

Untuk jenis RAM selanjutnya kali ini bernama Sychronous Dynamic RAM atau lebih mudanya disingkat (SD RAM). Ini merupakan tingkat lanjut dari D RAM, dimana keduanya telah mengalami sinkronisasi oleh clock system.

Sebagai tingkat lanjut, yang pasti kemampuan SD RAM ini masih lebih cepat dibandingkan D RAM. Kecepatan akses dari Sychronous Dynamic RAM ini adalah 100 sampai 133 MHz, dimana RAM jenis ini memiliki ciri dengan memiliki dua celah dibagian kakinya serta diletakkan pada slot SD RAM / DIMM pada motherboard. Selain itu RAM ini juga memiliki kemampuan untuk menampung memori hingga 1 GB.

Baca : Rekomendasi 6 Tipe VGA DDR3 Dengan Harga Terjangkau

Rambus Dynamic RAM (RD RAM)

Jenis RAM selanjutnya yang merupakan versi upgrade dari SD RAM memiliki nama Rambus Dynamic RAM (RD RAM). Sebagai versi upgrade maka kemampuan atau kecepatan dari RAM ini masih lebih baik dibandingkan saudaranya tersebut.

Pada umumnya, jenis Rambus Dynamic RAM ini dipakai pada komputer yang memakai prosesor Pentium 4 dengan slot memori hingga 184 pin. Jenis RAM ini memakai slot RIMM yang sama dengan SD RAM tadi, dan menjadi sebuah teknologi chip dinamis karya Rambus, Inc. 

Yang menarik, Rambus Dynamic RAM ini dibekali dengan lisensi khusus sebagai teknologi semi konduktor yang memproduksi sebuah chip komputer.

Static RAM (S RAM)

Jika yang awal tadi adalah jenis RAM diynamic, maka untuk yang selanjutnya ini adalah tipe RAM Static. Dimana RAM ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data didalamnya tanpa perlu melakukan penyegaran atau refresh setiap waktu dari CPU. 

Dibandingkan D RAM, Static RAM ini memiliki proses kerja yang lebih cepat.  S RAM ini juga memiliki desain cluster enam transistor dimana hal ini membuatnya memiliki kemampuan untuk menyimpan setiap bit informasi. Karena kemampuannya tersebut, maka jangan heran jika harga RAM ini jauh lebih mahal.

Untuk biaya produksi dari Static RAM ini cukup mahal, mengakibatkannya persediaan dipasaran sangat terbatas, dan hanya bisa digunakan pada bagian yang benar-benar penting.

Extended Data Out RAM (EDO RAM)

Extended Data Out RAM atau bisa disebut dengan EDO RAM adalah jenis RAM yang secara khusus digunakan untuk pengguna komputer dengan OS Pentium. Selain itu RAM ini juga cocok sekali digunakan pada komputer yang memiliki bus hingga 66 Mhz.

Kecanggihan dari Extended Data Out RAM ini adalah kemampuannya dalam melakukan proses pengambilan data dan penyipanan data di waktu bersamaan. Untuk Jenis RAM ini banyak dipakai sebagai pengganti primary memori yang ada pada komputer jaman dulu yaitu FPM RAM. 

Karena kemampuannya dalam membaca dan menyimpan data, membuat kecepatan akses dari Extended Data Out RAM ini lebih cepat juga.

Baca : Penjelasan Tentang DDR RAM dan Perbedaan Fungsinya

Non Volatile RAM (NV RAM)

Dan jenis RAM terakhir kali ini bernama Non Volatile RAM atau disingkat NV RAM. Berbeda dengan lima jenis RAM diatas tadi, dimana NV RAM ini merupakan memori komputer dengan akses acak.  Biasanya hal ini digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang sudah dilakukan firmware semacam BIOS, EFI, maupun firmware lain pada perangkat seperti router.

Non Volatile RAM ini dirancang dengan manugaktor CMOS pada umumnya, tujuannnya adalah agar daya yang digunakan oleh RAM ini kecil. Supaya data didalam NV RAM ini tidak hilang, maka ia memakai baterai Litium dengan CR-2032, dengan begini data didalamnya tidak akan hilang meskipun perangkat dimatikan.

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps tentang jenis RAM kali ini, semoga bermanfaayt dan menambah wawasan kalian nanti.