Kenali Beragam Fungsi Utama CPU

Fungsi Utama CPU

Fungsi Utama CPU – CPU adalah perangkat prosesor yang dapat membantu kinerja komputer untuk menjalankan fungsi-fungsi dari komputer. CPU juga bisa dianggap sebagai otak dari sebuah perangkat yang mengoperasikan sejumlah fungsi utama CPU. 

Buat kamu yang penasaran dengan seluk-beluk CPU, komponen yang ada di dalam CPU, dan fungsi yang dijalankan CPU, jangan sampai kamu skip artikel ini, oke?

Komponen-Komponen dan Fungsi Utama CPU

CPU atau central processing unit merupakan salah satu perangkat keras komputer yang krusial dalam instalasinya. Di dalam CPU terdapat komponen yang sangat penting seperti:

1. Arithmetical Logical Unit 

Seperti namanya, arithmetical logical unit melakukan fungsi utama CPU untuk mengerjakan perhitungan logika dan perhitungan aritmetika. Yaitu untuk memroses instruksi yang telah diterima dengan fetching function. Setelah diolah di ALU, data kemudian disimpan di memori utama.

2. Unit Kontrol

Unit CPU selanjutnya memiliki fungsi untuk mengontrol program yang dijalankan di komputer. Unit kontrol juga bertugas untuk menjalankan fungsi utama CPU, yakni menerima data instruksi yang disimpan di memori utama.

3. Register

Komponen terakhir yang dimiliki CPU adalah register. Register adalah sebuah alat penyimpanan dalam CPU. Meskipun ukurannya kecil, register mampu menjalankan fungsi utama CPU untuk menyimpan hasil proses data yang akan mengalami pemrosesan atau data yang tengah diproses. 

Baca : Ini Dia Berbagai Komponen Processor yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi-Fungsi Utama yang Dijalankan CPU

Di bagian ini, kita akan mencari tahu beberapa fungsi utama CPU. Apa sajakah fungsi-fungsi yang dijalankan CPU? Ini dia penjelasannya!

1. Fetching Function

Seperti namanya yang berarti memperoleh atau menerima, salah satu fungsi utama CPU adalah memperoleh atau mendapatkan data dalam bentuk instruksi. Instruksi ini dihadirkan dalam bentuk bilangan biner. Data-data berupa bilangan biner ini dibawa dari RAM menuju CPU.

Data yang diterima tidak hanya satu saja, melainkan dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Dengan kata lain, CPU bertugas menerima sebuah instruksi yang kemudian disimpan di bagian Instruction Register. Setelah proses ini berlangsung, data tadi kemudian diproses dengan fungsi selanjutnya dari CPU.

2. Decoding Function

Fungsi utama CPU selanjutnya adalah decoding function. Decoding function berarti proses CPU dalam memahami instruksi yang telah diterima. Dalam menerjemahkan data, CPU dibantu oleh unit aritmetika logika atau ALU (Arithmetic Logical Unit).

Arithmetic Logical Unit menampilkan bentuk operasi dan perhitungan yang dapat mengatur sejumlah bagian dari komputer. Setelah diterjemahkan, data tadi diubah menjadi bentuk sinyal yang siap dipindahkan ke komponen CPU lainnya.

3. Executing Function

Setelah diterjemahkan, data pun siap untuk dieksekusi oleh komputer dengan menggunakan fungsi utama CPU berikutnya, yakni executing function. Ada beragam bentuk eksekusi yang bisa dilakukan komputer, seperti menampilkan data dari dalam memori data mengerjakan proses perhitungan. 

Setelah menjalankan instruksi yang dibuat oleh user, instruksi ini kemudian diberikan kepada perangkat penghasil output atau disimpan di sejumlah perangkat penyimpanan di komputer.

4. Storing Function 

Fungsi utama CPU yang terakhir adalah storing function alias fungsi penyimpanan. CPU juga berfungsii untuk menyimpan data yang sewaktu-waktu akan dibutuhkan pengguna komputer untuk diakses datanya di kemudian hari.

Baca : Kenali Apa Saja Seluruh Komponen Laptop dan Fungsinya

Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai CPU dan fungsi utama CPU dari TeknoApps. Semoga informasi mengenai unit pemrosesan komputer ini bermanfaat untuk kamu, ya!