Kenali Apa Saja Seluruh Komponen Laptop dan Fungsinya

Komponen Laptop dan Fungsinya

Komponen Laptop dan Fungsinya – Di jaman modern seperti sekarang ini laptop menjadi sebuah barang yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Laptop dinilai fungsional juga minimalis karena memiliki desain yang simple dan ringan dibawa kemana-mana.

Lebih dari itu, di dalam komputer jinjing ini ternyata juga dibekali dengan berbagai komponen canggih dengan fungsi yang berbeda. Komponen laptop dan fungsinya akan secara gamblang dibahas pada artikel di bawah ini. Jadi jika kamu merasa ini penting jangan diskip ya!

Komponen Laptop Lengkap dengan Fungsinya

Secara garis besar, komponen laptop dan fungsinya tidak jauh berbeda dengan komputer. Hanya saja pada laptop, komponen yang diusung jauh lebih kecil karena menyesuaikan dengan desain yang ada.

Selain itu, komponen laptop ini biasanya juga dibagi dalam beberapa bagian seperti hardware pemroses, perangkat aksesoris, hardware utama, hardware output dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Motherboard

Motherboard dalam komponen laptop dan fungsinya adalah sebuah papan induk yang menjadi pusat pengendali serta berperan untuk mengatur semua yang berkaitan dengan semua komponen meliputi:

  • Ethernet port (RJ-45) yaitu port jaringan
  • CD/DVD drive konektor,
  • Port Fire Wire (IEEE 1394)
  • Video chip
  • Roda kontrol volume
  • HDD (Hard Drive)
  • RAM (Random Access Memory)
  • Konektor baterai
  • konektor keyboard
  • Audio jack (Headphone dan mikrofon)
  • Port USB

2. MProcessor atau CPU (Central Processing Unit)

Komponen yang satu ini bisa dibilang sebagai otaknya laptop dimana fungsi processor ialah berperan untuk mengontrol semua sistem dalam laptop. Terutama dalam hal memproses data, melakukan perhitungan hingga menjalankan perintah. 

Ada 3 komponen processor utama dan masing-masing komponen memiliki fungsi atau tugasnya masing-masing:

  • CU atau Control Unit berfungsi mengatur seluruh aktivitas perjalanan data pada komputer
  • ALU atau Aritmatics Logical Unit berfungsi untuk melakukan perhitungan rtimatika setelah processor mendapatkan data masuk
  • RU atau Register Unit menjadi alat penyimpanan

3. Memory RAM

Memory RAM masuk dalam komponen laptop yang berperan untuk menyimpan data bersifat sementara. Memori ini umumnya digunakan untuk mendukung kinerja prosesor saat laptop sedang digunakan. 

Memory RAM ini biasanya disebut dengan SO-DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module) atau DDR3, DDR3L, DDR2, DDR2L,DDR4 dan lain sebagainya. 

4. Hard Disk

Komponen laptop dan fungsinya selanjutnya adalah hardisk. Fungsi hard drive adalah untuk menyimpan semua data dan informasi.

Saat ini beberapa merk laptop telah menggunakan hard drive seri SATA (Serial Advance Technology Attachment), atau yang lebih dikenal dengan  SSD (Solid State Drive). Kedua hard drive ini digadang sangat mumpuni dalam kecepatan transfer sehingga mendukung kinerja. 

5. CD-ROM

CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) adalah salah satu komponen laptop berbentuk balok. Terdapat dua jenis CD-ROM,  ATA/IDE dan SCSI.

Adapun komponen laptop dan fungsinya CD-ROM ialah untuk membaca data dan melakukan proses burning. Proses burning memungkinkan kita melihat data CD atau menyimpan data ke CD.

6. LCD Screen

Selanjutnya ada LCD (liquid crystal display) screen atau lebih dikenal dengan layar laptop dimana fungsinya adalah untuk menampilkan gambar dari kartu grafis (graphic card). Komponen laptop dan fungsinya LCD menerima sinyal dari kartu grafis melalui kabel LCD.

LCD screen mempunyai beberapa resolusi. Semakin tinggi tingkat resolusi semakin jernih pula grafisnya.

Inilah resolusi yang digunakan laptop:

  • HD (high definition) 720p, 1280 x 720
  • QHD (quad high definition) 1440p, 2560 × 1440
  • UHD (ultra high definition) atau 4k 2160p, 3840 x 2160
  • FUHD (full ultra high definition) atau 8k 4320p, 7680 x 4320
  • FHD (full high definition) atau 2K 1080p. 1920 × 1080

7. Display Hinger

Display hinger adalah engsel penghubung dua bagian antara panel layar dengan badan laptop. Laptop memiliki dua engsel di bagian kiri dan kanan. Dibandingkan dengan LCD pada komputer yang hingernya ada di tengah.

8. Webcam

Webcam atau web camera yaitu sebuah komponen laptop dan fungsinya untuk menampilkan wajah saat melakukan sesi video call atau webinar. Kualitas webcam biasanya rendah karena perusahaan laptop berfokus memperhatikan hardware lainnya.

9. VGA Card

Kartu grafis alias Graphic Card, atau yang disebut juga VGA yaitu sebuah komponen laptop dan fungsinya untuk menerjemahkan perangkat output laptop ke layar monitor dan menghadirkan bentuk grafis pada layar laptop.

10. Soundcard

Komponen laptop dan fungsinya selanjutnya adalah Soundcard atau kartu suara yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari laptop. Umumnya, semua laptop memiliki soundcard yang terpasang di motherboard. Soundcard juga ada versi eksternalnyal.

11. Baterai

Baterai laptop masuk dalam komponen laptop dan fungsinya adalah sebagai pemasok daya pada computer jinjing atau laptop. Bentuk dari  baterai laptop biasanya ada beragam tergantung dari brand laptop itu sendiri. 

12. Power AC/DC Adapter

AC/DC Adapter adalah hardware yang berfungsi sebagai power supply dari stop kontak atau sumber listrik. Komponen laptop dan fungsinya AC/DC Adapter untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik. 

13. Keyboard

Komponen laptop dan fungsinya adalah keyboard sebagai perangkat keras komputer untuk memasukkan perintah dan data pada sistem. Keyboard memiliki kegunaan, seperti menulis artikel, main game, atau menjalankan shortcut pada aplikasi.

14. Wireless card

Wireless card adalah sebuah komponen laptop dan fungsinya untuk menghubungkan ke sebuah jaringan tanpa kabel. Dimana Wireless ini juga menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya secara efisien.

Itulah penjelasan berbagai komponen laptop dan fungsinya dari TeknoApps. Semoga bermanfaat, ya!