Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note10

TeknoApps.id – Belakangan ini Samsung menghadirkan smartphone tipe Note khusus bagi kalangan flagship. Bahkan langsung banyak diburu karena menyuguhkan fitur lengkap. Beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note10 ini mungkin masih ada di seri yang sebelumnya seperti Galaxy Note 9 ataupun 8.

Di pasaran, smartphone yang menyandang predikat harga termurah ini dijual sekitar sepuluh jutaan. Meski ekonomis, tapi membawa desain yang terkesan premium dan sudah mengalami banyak pembaharuan. Jika ingin tahu lebih lanjut, mari langsung simak review Samsung Galaxy Note10.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note10

  • Detail Prosessor : Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm)
  • RAM : 8 GB
  • OS : Android
  • Detail OS : Android 9.0 (Pie), upgradable to Android 12, One UI 4
  • Jaringan : 2G/3G/4G
  • Sim Card : Nano SIM
  • Display : 6.3 Inch
  • Resolusi : Dynamic AMOLED 2280 x 1080 (FHD+) 401 ppi, 19:9
  • Memori Internal : 256GB
  • Memory External : MicroSD, up to 1 TB (uses shared SIM slot)
  • Kamera (Utama) : 12MP + 16MP + 12MP
  • Kamera (Depan) : 10MP
  • Audio : MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA, DFF, DSF, APE
  • Video : MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM
  • Ragam Pesan : SMS (3messages/459char), MMS (Max sixe 300 KB), Email (Google Mail,Native Client), Direct Push E-Mail for Exchange
  • Interface : USB 3.1 Gen 1, Type-C
  • Baterai : Non-removable Li-Ion 3500 mAh , Super Fast Charging & Fast Wireless Charging 2.0
  • Dimensi Produk : 151.0 x 71.8 x 7.9 mm
  • Berat : 168 g
  • GPU : Adreno 640

Kelebihan Samsung Galaxy Note10

Seperti halnya smartphone pada umumnya, cukup banyak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note10. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang disuguhkan oleh smartphone besutan Samsung ini:

1. Desain Premium

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Sektor bodi desain yang dimiliki produk Samsung ini jika dilihat secara sekilas memang sudah nampak mewah, sehingga sangat menarik untuk dimiliki. Pada bagian belakangnya dibuat dari bahan kaca yang terasa premium dan berkelas.

Meskipun kaca, tapi sangat rentang mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan smartphone yang berbahan logam ataupun plastik. Selain itu, dengan bentuknya yang ideal dan fleksibel juga membuatnya mudah dioperasikan dengan satu tangan.

2. Layar Besar Ukuran 6,3 Inci

Samsung Galaxy seri ini mengandalkan sebuah layar panel Dynamic AMOLED yang memiliki ukuran seluas 6,3 inci. Panel ini merupakan versi terbaru yang hanya digunakan untuk smartphone kalangan atas. Di bagian atas layarnya nampak ada suatu lubang yang merupakan tempat dari kamera depan.

Sektor layar visual ini mampu memberikan resolusi hingga 1080 x 2280 yang memiliki rasio 19:9 dengan kerapatan sebesar 401 ppi. Dengan fakta ini, maka bisa dipastikan bahwa layarnya dapat memberikan kejernihan yang sangat tinggi dan akan terkesan secara lebih real atau nyata.

3. Triple Kamera yang Handal

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Berkaitan dengan fotografi, Samsung diketahui telah mengusung teknologi kamera yang cukup mumpuni dan tanggung. Kelebihan Samsung Galaxy Note10 ada pada kamera belakangnya yang terdiri dari 3 kamera atau triple beresolosi 12 MP (telephoto), 12 MP (wide), dan 16 MP (ultrawide).

Sedangkan untuk mendukung kegiatan selfi, Samsung sudah melengkapinya dengan kamera depan beresolusi 10 MP. Faktor ini menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note10 karena resolusinya rendah. Hanya saja sudah dilengkapi fitur Dual Pixel PDAF, Auto HDR dan dual video call.

4. Konektivitas Jaringan dengan Fitur Jarak Dekat

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Kecanggihan fitur dari Samsung ini juga ada pada bagian konektivitas yang diusungnya. Samsung sendiri telah memanjakan para penggunanya karena menggunakan jaringan 4G Cat20 LTE. Jaringan ini diklaim mampu memberikan kecepatan akses untuk internet sampai dengan 2048/150 Mbps.

Perangkat yang super canggih ini juga sudah memiliki beberapa fitur konektivitas untuk jarak dekat. Beberapa diantaranya yaitu dual-band, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth, hotspot, USB Type C, NFC, dan lain sebagainya. Bahkan juga memiliki sistem navigasi seperti GALILEO, BDS, dan A-GPS.

5. Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas baterai sebesar 3.500 mAh menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note10. Pasalnya banyak yang beranggapan bahwa kapasitas ini rendah dan ada juga yang menganggapnya cukup besar. Namun dengan kapasitas tersebut, perangkat ini mampu bertahan hingga 12 jam lebih.

Tak sampai disitu, baterai ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur mumpuni seperti USB Power Delivery 3.0, Fast Qi/PMA wireless charging 20w, dan juga Fast Battery Charging 25W. Dengan begitu maka proses pengisian daya mulai dari 0 sampai penuh dijamin akan menjadi efektif dan efisien.

6. RAM dan Memori Internal yang Besar

Smartphone ini menghadirkan RAM berukuran jumbo yang memiliki kapasitas mencapai 8 GB. RAM jumbo ini tentu bisa menjamin kegiatan multitasking menjadi lebih agresif sekaligus responsif. Pengguna juga menginstall banyak aplikasi sekaligus tanpa takut mengalami yang namanya lag.

Tak kalah dengan ukuran RAM, memori internal yang diusung juga mempunyai kapasitas yang cukup besar, yaitu 256 GB. Dengan ukuran sebesar ini, sudah diketahui dengan jelas bahwa ponsel besutan Samsung ini bisa digunakan untuk menampung file berupa video atau foto menjadi lebih maksimal.

7. Menggunakan Prosesor Terbaru

Kelebihan Samsung Galaxy Note10

Kelebihan yang sering dijadikan sebagai bahan perbincangan dari perangkat ini yaitu pada dapur pacunya. Pasalnya, Samsung Galaxy seri ini sudah dibekali dengan prosesor terbaru Exynos 9825 yang dibuat dengan menggunakan teknologi EUV atau Extreme Ultra Violet sebesar 7 nm.

Selain itu, masih ada lagi prosesor dengan chipset Qualcomm SDM8555 Snapdragon yang juga sebesar 7 nm. Tapi untuk jenis ini hanya dipasarkan secara khusus di USA atau China bersamaan dengan prosesor Octa Core.

8. S Pen Makin Canggih

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Smartphone ini hadir dengan teknologi S Pen sebagai fitur pelengkap yang penting. S Pen ini yang ada dalam smartphone ini sudah bisa mendukung gesture dalam udara dengan fitur yang dimilikinya atau yang biasa disebut Air Action. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis tanpa menyentuh layar.

Selain itu, ada juga sudah disematkan beragam fitur yang lain seperti AR Doodle yang dimana penggunanya bisa menggambar langsung dengan latar yang ada di sekitar. Dengan adanya teknologi yang sangat canggih ini tentu smartphone akan menjadi makin unggul dan memudahkan pengguna.

Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Samsung seri ini memang sudah mengalami peningkatan secara signifikan, tapi bukan berarti tak luput dari kekurangan sama sekali. Berikut ini beberapa kekurangannya, yaitu:

1. Jack Audio Dihilangkan

Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Jack Audio menjadi salah satu kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note10. Penggunaan fitur ini memang menawarkan lebih banyak keunggulan daripada earphone nirkabel. Tapi perangkat seri terbaik ini hadir tanpa dilengkapi dengan jack audio.

Meski begitu, Samsung sudah menggantinya dengan jack audio to USB Type C. Jika ingin menggunakan jack audio yang memiliki bentuk OTG ini, pengguna tidak akan bisa mengisi daya melalui USB saat mendengarkan music.

2. Tanpa Iris Scanner, SpO2, dan Sensor Heartrate

Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Berbeda halnya dengan beberapa generasi yang sebelumnya, beberapa sensor yang memiliki peran cukup penting juga tidak ada dalam seri ini. Sebut saja seperti Sensor Heartrate, SpO2, dan juga iris Scanner.

Kekurangan yang satu ini sebenarnya bisa dibilang sebagai minor dan tidak terlalu berpengaruh. Tapi bagi pengguna yang bisa memanfaatkan sensor tersebut, tentu hal ini menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note10 yang penting diperhatikan.

3. Tidak Ada MicroSD

Kekurangan Samsung Galaxy Note10

Fitur MicroSD secara pribadi mungkin tidak terlalu penting, tapi bagi pengguna yang selalu membutuhkan banyak penyimpanan tentu fitur ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Fitur slot MicroSD masih belum terpasang dalam perangkat besutan Samsung ini. Namun jika fitur ini cukup penting maka bisa memilih generasi lain setelahnya seperti Samsung Galaxy Note10+.

Akhir Kata

Dengan semua kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note10 yang di bahas TeknoApps di artikel ini, pastinya smartphone flagship yang satu ini patut dipertimbangkan untuk menunjang beragam aktivitas. Fiturnya terbilang sangat canggih dan memiliki chipset terbaik yang bisa membuat performanya makin tangguh.