Rekomendasi Kipas Prosesor Terbaik Untuk Gaming

Kipas Prosesor

Kipas Prosesor – Memiliki CPU Gaming merupakan sebuah impian banyak orang, dimana kemampuan dari komputer ini memang sudah tidak diragukan lagi. Nah pada kesempatan kali ini akan kita bahas rekomendasi kipas prosesor gaming untuk kalian dengan harga terjangkau.

Apa Itu Kipas Prosesor?

Kipas prosesor ini adalah sebuah komponen yang tugasnya untuk mengontrol suhu panas dari CPU ataupun motherboard agar tidak terjadi overheat nantinya. keberadaan dari CPU Cooler ini sangat penting dan harus ada didalam komputer, agar nantinya CPU kalian tidak gampang rusak meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Nah saat ini ada dua jenis kipas prosesor yang harus kalian ketahui, yakni sistem pendingin biasa yang memakai kipas angin. Sementara yang kedua adalah kipas prosesor yang menggunakan water cooling sebagai radiatornya.

Untuk jenis yang kedua ini memiliki kemampuan yang lebih baik, namun harganya dipasaran jauh lebih mahal. Akan tetapi menggunakan jenis kipas prosesor yang biasanya pun juga tidak ada masalah, selama kemampuannya sudah bisa mengimbangi.

Baca : Pengertian Heat Sink adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Rekomnendasi Kipas prosesor Untuk Gaming

Untuk kalian yang doyan main game PC, pastinya butuh kipas pendingin yang bisa bekerja secara maksimal. Pasalnya sudah bukan rahasia lagi, jika ketika sedang main game kebanyakan dari mereka pasti sampai lupa waktu.

Untuk itu dibutuhkan CPU Cooler yang mumpuni untuk menjagi suhu prosesor tetap stabil dan tidak mengalami overheat. Berikut rekomendasi kipas prosesor yang bisa kalian pilih :

1. Cooler Master Hyper 212 Evo

Rekomendasi kipas prosesor yang pertama kali ini bernama Cooler Master Hyper 212 Evo, harganya dipasaran masih cukup terjangkau yakni dikisaran Rp 400 ribuan namun kemampuannya sudah cukup lumayan. 

CPU Cooler ini sangat terkenal karena kinerjanya yang cukup handal, dimana Cooler Master Hyper 212 Evo ini memiliki 4 buah pipa bisa bisa membuat panas kebagian pendingin. Kipas ini memiliki 1 buah fan berukuran cukup besar, dimana ia memiliki kecepatan 600 – 2000 RPM.

2. Be Quiet! Pure Rock 2

Selanjutnya ada kipas prosesor yang bernama Be Quiet! Pure Rock 2, kipas ini juga direkomendasikan untuk kalian yang butuh CPU Cooler terjangkau namun dengan kualitas yang cukup baik. Untuk reputasi brand Be Quiet! Ini sudah tidak perlu kalian ragukan lagi, begitupun dengan CPU Cooler miliknya tersebut.

Be Quiet! Pure Rock 2 ini juga sudah mendukung banyak proseseor Intel yang memiliki socket 115x, 2024x serta 2066,  sementara untuk prosesor AMD mendukung socket AM3+ dan AM4. Untuk harga dari CPU Cooler ini masih sekitar Rp 500 ribuan, dengan garansi pendingin selama 3 tahun.

Baca : Ketahui Apa Saja Pengertian, Jenis, dan Fungsi Processor

3. Cooler Master Hyper 212 RGB Black Edition

Jika kalian memiliki budget yang lumayan, maka membeli Cooler Master Hyper 212 RGB Black Edition ini juga sangat direkomendasikan. Dimana CPU Cooler ini akan memberikan nuansa gaming kalian makin kental berkat adanya LED RGB didalamnya.

Tidak hanya sekedar tampilannya yang keren, namun dari segi kemampuan dari kipas prosesor ini juga tak kalah handal dari dua kopas diatas. Dimana Cooler Master Hyper 212 RGB Black Edition ini memiliki kecepatan 650 – 2000 RPM yang dirasa sudah cukup handal, untuk harga dari perangkat ini sendiri sekitar Rp 700 ribuan dipasaran.

4. Cooler Master MasterAir MA410M

Untuk mendapatkan proses pendinginan yang maksimal, membuat ukuran dari Cooler Master MasterAir MA410M ini pun cukup besar. Sama halnya dengan kipas prosesor diatas tadi, dimana alat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur RGB yang akan menambahkan nuansa gaming makin kental lagi pada CPU kalian.

Dibanderol dengan harga terjangkau namun memiliki performa yang mantap, maka Cooler Master MasterAir MA410M ini sangat recommended untuk kamu miliki. Namun yang menjadi kekurangan dari CPU Cooler ini adalah, memiliki suara yang cukup bising sehingga cukup mengganggu.

Namun ini menjadi sebuah konsekuensi yang harus kalian dapatkan untuk mendapatkan performa pendinginan maksimal, dimana garansi Cooler yang diberikan juga cukup lama yakni 5 tahun. Untuk harga Cooler Master MasterAir MA410M mencapai Rp 800 ribuan.

5. Noctua NH-L12s

Selanjutnya ada kipas prosesor gaming murah dari Noctua NH-L12s, ini cocok sekali untuk kalian yang memiliki case Mini-ITX. Desain dari CPU Cooler ini sendiri cukup ringkas dengan memiliki kipas berukuran 120 MM saja, dan suara dari kipas ini pun juga tenang sehingga tidak menimbulkan kebisingan.

Untuk kompatibiltasnya pun kalian sudah tidak perlu ragu lagi, dimana kipas prosesor ini sudah mendukung pada prosesor AMD maupun Intel. Noctua sendiri memberikan garansi hingga 6 tahun untuk perangkatnya tersebut, harga Noctua NH-L12s dijual senilai Rp 1 jutaan.

Baca : Inilah Jenis Heatsink Beserta Fungsinya

6. Be Quiet! Dark Rock 4

Jika Pure Rock 2 tadi kurang mantap, maka kalian bisa memilih Be Quiet! Dark Rock 4 ini sebagai kipas prosesor nantinya. Dimana CPU Cooler ini memiliki suara yang hening dengan ukuran kipas cukup besar yakni 135 mm.

CPU Cooler ini sudah dilenglapi dengan 6 buah heatpipe tembaga yang akan membantu mengeluarkan suhu panas secara maksimal pada CPU ataupun motherboard. Untuk harga Be Quiet! Dark Rock 4 ini dijual senilai Rp 1 jutaan dipasaran. 

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang rekomendasi kipas prosesor gaming murah, semoga apa yang sudah kita sampaikan diatas tadi bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk kalian semua nanti.