Ini Dia Berbagai Komponen Processor yang Wajib Anda Ketahui

Komponen Processor

Komponen Processor – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah processor atau CPU? Processor ini memang termasuk sebagai salah satu perangkat keras di dalam sebuah komputer. Tidak heran jika para pengguna komputer umumnya sudah memahaminya. Akan tetapi, apa saja komponen processor tersebut?

Apa Saja Komponen Processor dalam Komputer?

Pada dasarnya, fungsi processor sebagai otak komputer terdiri atas tiga komponen utama. Tentu saja, setiap komponen tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Agar lebih jelas mengenai beberapa komponen processor tersebut, maka simak dahulu beberapa penjelasannya berikut ini:

1. CU atau Control Unit

Komponen processor pertama yang bisa Anda ketahui adalah CU atau Control Unit. Nantinya, pada bagian tersebut akan melakukan tugasnya yakni mengatur seluruh aktivitas perjalanan data dalam sebuah komputer. Mulai dari data masuk ataupun data keluar.

Tentu saja, dengan adanya komponen processor yang satu ini sebuah komputer dapat digunakan dengan lebih baik sesuai keperluan penggunanya. Selain itu, aktivitas yang dilakukan oleh komputer juga tidak akan terjadi tumpang tindih berkat adanya komponen tersebut.

2. ALU atau Aritmatics Logical Unit

Merupakan sebuah komponen processor yang masih memiliki hubungan dengan Control Unit. Nantinya, setelah prosessor mendapatkan data input/data masuk, komponen ALU akan melakukan perhitungan aritmetika. Adapun perhitungan tersebut dilakukan sesuai dengan perintah yang Anda buat.

Perhitungan tersebut sendiri digunakan agar nantinya sebuah komputer dapat membaca instruksi dengan baik dan benar. Tidak heran jika pada komponen processor yang satu ini, komputer akan melakukan tugasnya sesuai dengan instruksi tersebut.

3. RU atau Register Unit

Komponen processor terakhir yang ada dalam sebuah komputer adalah Register Unit atau RU. Lantas apa saja fungsi komponen tersebut dalam sebuah komputer? Nantinya, RU tersebut dapat menjadi alat penyimpanan kecil dibandingkan memori utama.

Akan tetapi, meski komponen tersebut memiliki ukuran yang cukup kecil RU terbilang mempunyai akses yang cukup tinggi. Pada komponen yang satu ini, nantinya alamat register yang sudah diproses oleh ALU dan CU akan langsung tersimpan dengan baik. Lalu akan diolah kembali jika perlu.

Bagaimakah Cara Memilih Processor yang Berkualitas?

Pada dasarnya, processor merupakan komponen yang paling berpengaruh dalam sebuah komputer atau PC. Untuk itu harga processor biasanya bermacam-macam, sangat penting bagi Anda yang ingin menggunakan perangkat tersebut untuk memilih processor berkualitas. Agar dapat memilihnya dengan tepat, maka simak beberapa tipsnya berikut:

1. Jangan Terpaku dengan Angka

Apabila Anda ingin membeli sebuah perangkat keras komputer, maka penting untuk memilih processornya. Saat ini sendiri ada banyak orang yang terlalu terpaku dengan angka processor pada brosur. Pasalnya, angka tersebut pada dasarnya tidak selalu menentukan kualitas dan performanya.

Lantas bagaimana solusinya? Anda bisa meminta rekomendasi jenis dan komponen processor kepada penjual. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah dalam membandingkan kelebihan dan kekurangan processor itu sendiri sebelum benar-benar menggunakannya.

2. Perhatikan Jumlah Core Processor

Jumlah core processor pada dasarnya sangat penting untuk Anda perhatikan. Pasalnya, sebuah prosessor tersebut tersedia dalam jumlah yang beragam di pasaran. Mulai dari delaman, enam, empat, ataupun dua. Semakin banyak core maka tentu semakin bagus performa dari komponen processor.

Terlebih, jika Anda ingin menggunakan sebuah komputer untuk melakukan banyak pekerjaan. Tentu saja akan lebih baik jika memilih komputer yang menyediakan komponen processor dengan jumlah core tinggi. Agar nantinya proses multitasking dapat terdukung dengan baik.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selain kedua hal di atas, saat ingin membeli sebuah processor ada baiknya juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih, bagi mereka yang ingin menggunakan komputer sebagai perangkat gamers. Tentu prioritas utamanya adalah performa processor itu sendiri.

Pasalnya, processor dengan harga yang mahal dan berkualitas tentu akan memberikan performa yang jauh di atas rata-rata. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan pemilihan jenis processor dengan kebutuhan masing-masing.

4. Pertimbangkan Prospek Processor

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah tentang prospek dan generasi prosesor. Saat ini sendiri, sudah ada banyak generasi processor yang berbeda-beda meskipun memiliki tipe sama. Contohnya saja processor dari Intel dengan generasi 10 yang juga akan mengeluarkan generasi 11.

Adanya perbedaan generasi tersebutlah yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik ketika ingin memilih komponen processor. Hal tersebut tidak lain karena processor dengan generasi terbarulah yang memiliki performa jauh lebih baik dan berkualitas dari sebelumnya.

5. Beli pada Penjual Terpercaya

Seperti yang Anda ketahui, saat ini ada banyak tempat yang menyediakan processor untuk komputer. Setiap tempat tersebut tentu menjual berbagai jenis processor dengan harga yang beragam. Dalam hal ini. sangat penting untuk memilih tempat jual yang terpercaya.

Pasalnya, tempat jual yang terpercaya tentu akan lebih mudah dalam merekomendasikan kepada Anda manakah jenis processor yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, tentu akan ada banyak juga berbagai jenis processor yang bisa menjadi pilihan nantinya.

Penutup

Itu tadi beberapa informasi dari TeknoApps mengenai komponen processor yang bisa Anda ketahui. Saat ini sendiri sudah ada banyak perusahaan yang memproduksi berbagai jenis processor. Tentu saja, pembeli akan lebih leluasa dalam memilihnya berdasarkan kebutuhan dan keperluannya.