Macam Alat-alat Komputer Lengkap Beserta Fungsinya

Alat-alat Komputer

Alat-alat Komputer – Sama seperti dengan smartphone, kini komputer dan laptop ini menjadi sebuah benda elektronik yang keberadaannya cukup penting di kehidupan sehari-hari. Namun tidak sedikit dari mereka ternyata hanya paham cara menggunakannya saja, namun tidak tahu nama alat-alat komputer dan tugasnya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan tambahan wawasan untuk Kamu mengenai macam alat-alat komputer beserta dengan fungsi atau tugasnya yang perlu Kamu ketahui.

Apakah Komputer Itu?

Komputer memiliki banyak sekali arti, mengingat fungsi dari alat itu sendiri memang sangat banyak sekali. Menurut Wikipedia, Komputer ini adalah alat yang bsisa digunakan untuk mengolah data mengikuti prosedur yang sebelumnya sudah dirumuskan.

Sebelumnya nama Komputer ini diberikan kepada orang yang melakukan pekerjaan hitungan aritmatika, baik itu dengan atau tanpa adanya alat bantu. Namun pada akhirnya nama komputer ini pun diberikan kepada sebuah alat yang saat ini banyak kita temui.

Didalam Komputer ini terbagi menjadi tiga bagian umum, yakni perangkat input, perangkat output, dan juga perangkat prosesor. Setiap perangkat ini memiliki tugas dan fungsi masing-masing, dimana mereka saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Dan berikut ini akan dibahas mengenai apa saja alat-alat komputer tersebut sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Perangkat Input

Kita awali alat-alat komputer kali ini pada bagian perangkat input, dimana ini merupakan alat untuk memasukkan data, informasi, maupun instruksi ke dalam komputer. Peranan dari alat ini sangat penting untuk mengoperasikan sebuah komputer, tanpa adanya alat ini maka Kamu akan kerepotan dan bahkan komputer tidak ada gunannya.

Lantas perangkat apa saja yang masuk dalam kategori ini? simak ulasannya berikut:

Keyboard

Yang pertama adalah Keyboard, pastinya Kamu sudah tidak asing lagi dengan alat ini. Tidak hanya pada komputer saja, keyboard ini juga digunakan pada laptop maupun smartphone. Fungsinya adalah untuk memasukkan data secara manual ke dalam komputer, tidak hanya huruf dan angka saja, namun didalam keyboard ini memiliki banyak tombol lain seperti fungsi, kunci kontrol, maupun karakter spesial.

Cara kerjanya adalah, Keyboard disambungkan ke dalam CPU komputer melalui kabel dengan Port USB, setelah itu Kamu tinggal menekan tombol yang ada di dalam keyboard tersebut. Setiap tombol ini akan memberikan hasil yang berbeda-beda, sesuai dengan keterangan yang ada didalamnya.

Mouse

Tak kalah pentingnya dengan Keyboard tadi, Mouse juga menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah komputer. Dimana alat komputer ini berfungsi untuk mengontrol pergerakan dari kursor pada tampilan monitor.

Selain itu, dua tombol yang ada di bagian ujung mouse kanan dan kiri juga memiliki fungsi yang berbeda. Tombol kiri untuk mengeksekusi (Yes), dan tombol kanan bertindak seperti menu Option. Sementara itu didalam mouse juga terdapat scroll yang bisa Kamu gerakkan untuk menggeser tampilan dari sebuah situs web maupun aplikasi lainnya.

Perangkat Prosesor

Dari namanya saja, mungkin Kamu sudah sedikit bisa menangkap apa kegunaan dari perangkat tersebut? Perangkat ini bertugas untuk memproses perintah yang Kamu masukkan melalui tombol keyboard tadi, dan setelah itu akan ditampilkan kepada Kamu melalui perantara dari perangkat output.

Ada beberapa alat-alat komputer yang masuk dalam kategori ini, dan mereka semua memiliki peranan yang sangat penting untuk memastikan kinerja dari komputer Kamu bisa lancar.  Bisa disebutkan jika perangkat prosesor ini menjadi otak dari komputer itu, sehingga Kamu perlu menjaganya dan merawatnya dengan benar.

Alat-alat komputer di sektor ini diantaranya adalah CPU (Central Processing Unit), GPU (Graphic Processing Unit), Motherboard, dan juga RAM. Nah untuk penjelasan fungsi dari alat tersebut bisa Kamu simak dibawah ini:

Motherboard

Alat pertama yang memiliki posisi paling penting dalam komputer adalah Motherboard. Pada umumnya, alat komputer ini letaknya berada dibagian belakang bawah, meskipun begitu komponen PC ini menjadi penghubung antara CPU, RAM, dan berbagai hardware yang terdapat didalam komputer.

Motherboard ini pertama kali ditemukan pada tahun 1981, dimana sejak saat itu sudah mengalami banyak sekali peningkatan dan salah satunya adalah dukungan informasi tambahan bernama ATX.

CPU (Central Processing Unit)

CPU atau prosesor ini adalah otak dari komputer, hal itu dikarenakan semua perintah yang masuk kedalam alat-alat komputer akan mereka olah dan  dieksekusi seperti apa keinginan user. Tidak hanya dari perangkat keras komputer seperti keyboard saja, namun prosesor juga melayani perintah dari software yang dijalankan oleh user.

CPU ini memiliki bentuk chip persegi dengan bagian bawahnya terdapat ratusan pin konektor. Dan komponen paling utama dari CPU ini adalah arithmetic logic unit, dimana ia mampu menampilkan matematika, logika, bahkan hasil operasi kepada user secara langsung.

GPU (Graphic Processing Unit)

GPU ini tentu ada kaitanya dengan kualitas visual yang ada didalam komputer, seperti video maupun gambar. Bagi para gamer, biasanya mereka ini membeli video card sendiri yang dibuat secara khusus untuk gaming sehingga akan memberikan kualitas grafis yang lebih mumpuni.

Uniknya GPU ini memiliki prosesor sendiri yang memang memiliki tugas khusus mengatur kualitas grafis pada komputer tersebut.  Sehingga ia pun tidak akan mengganggu kinerja dari CPU yang menjadi sumber daya utama dari sebuah komputer.

RAM (Random Access Memory)

Nama dari alat-alat komputer yang satu ini mungkin tidak asing di telinga Kamu, karena perangkat ini tidak hanya tersedia di komputer saja namun juga di smartphone. RAM ini menjadi penyimpanan sementara yang nantinya bakal diproses selanjutnya oleh processor.

Untuk ukuran RAM ini bermacam-macam, kuncinya semakin besar kapasitas RAM tersebut maka semakin cepat pula komputer Kamu dalam menjalankan berbagai perintah yang diberikan.

Baca : Wajib Tahu, Ini Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Perangkat Output

Setelah perangkat input, dan perangkat processor, maka yang terakhir kali ini adalah perangkat output yang bertugas untuk menampilkan perintah dari pengguna. Alat-alat komputer pada sektor ini juga tidak terpisahkan, dimana Kamu harus memilikinya supaya komputer bisa berjalan semestinya.

Monitor

Alat komputer yang masuk pada perangkat output utama kali ini adalah Monitor, dimana ia akan menampilkan perintah yang diminta oleh user.  Dari warnanya, monitor ini terbagi menjadi dua jenis yakni Monokrom yang menampilkan warna hitam pitih, sementara monitor warna mampu menghasilkan banyak warna.

Sementara dari jumlah pixel, maka alat-alat komputer ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti MDA, CGA, HGA, VGA, EGA, dan juga SVGA.

Printer

Alat komputer yang terakhir kali ini adalah printer, dimana ia bertugas untuk mencetak berkas berupa file menjadi sebuah hardcopy dalam sebuah kertas. Bahkan beberapa printer saat ini tidak hanya mampu mencetak kertas saja, namun juga bisa mencetak foto, banner, bahkan plakat sesuai dengan jenis printer yang digunakan.

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentang Alat-alat komputer, semoga apa yang sudah dibahas di atas tadi bermanfaat dan menambah wawasan Kamu.