Rekomendasi Motherboard Gaming Terbaik untuk Kamu Miliki

Motherboard Gaming

Istilah motherboard gaming mungkin sudah tidak asing lagi ya ditelinga kalian, dimana istilah tersebut memang digunakan untuk mereka yang suka bermain game di perangkat PC. Lantas apa sih keunggulan dari motherboard tersebut?

Apa Itu Motherboard Gaming?

Motherboard gaming ini sebenarnya adalah motherboard yang sama dengan pada umumnya, hanya saja kemampuannya telah ditingkatkan oleh sang  produsen untuk menarik minat dari pada PC Builder khususnya dari kalangan gamer.

Nah peningkatan performa yang ada didalamnya ini menajdi salah satu keunggulan yang dimiliki Motherboard gaming, hanya saja hal ini juga dibarengi dengan harga perangkat yang lebih mahal dari motherboard pada umumnya.

Rekomendasi Motherboard Gaming Intel

Untuk motherboard gaming dari Intel yang akan kita rekomendasikan kali ini berasal dari dua vendor ternama, mereka adalah Asus dan juga MSI yang sudah terbukti akan kemampuannya. Lantas tipe apa saja kah itu? Berikut daftarnya:

1. ASUS TUF Z590-PLUS GAMING Wifi

Untuk motherboard gaming yang pertama kali ini adalah ASUS TUF Z590-PLUS GAMING Wifi, seri TUF  (The Ultimate Force) ini awalnya hadir untuk kelas premium yang dibangun diatas daya tahan dengan memiliki garansi yang lebih baik dari standar, karena mendapat pelindung seluruh tubuh.

Akan tetap dalam beberapa waktu ke belakang, motherboard dari ASUS TUF untuk seri ini mengalami pergeseran dan sekarang mewakili untuk gamer level pemula. Dalam iklannya, motherboard ini memiliki pengiriman daya fase 14 + 2, dengan satu pasangan input daya CPU 8-pin dan 4-pin 12 ATX, memiliki tiga slot M.2, serta jaringan Intel 2.5 GbE dan didukung oleh Wi-Fi 6.

Lantas yang membedakan ASUS TUF Z590-PLUS GAMING Wifi dengan seri biasa adalah untuk seri terbaru ini memakai modul CNVi nirkabel, sementara untuk spesifikasi lainnya masih sama. Dalam motherboard ini, pihak ASUS menyematkan dukungan memori DDR4 – 4800 yang memiliki empat slot dan mampu menampung data hingga 128 GB.

Motherboard ini memakai socket LGA 1200 dengan prosesor Intel gen 10 dan 11.

Baca : Ketahui Apa Saja Pengertian, Jenis, dan Fungsi Processor

2. ASUS ROG STRIX Z590-E GAMING Wifi

Motherboard gaming selanjutnya kali ini masih milik Asus dengan tipe ASUS ROG STRIX Z590-E GAMING Wifi. Dimana motherboard yang satu ini mewakili kelas menengah dan memiliki pengiriman daya fase 14 + 2, empat slot PCIe M.2, dual Intel 2.5 GbE, Intel Wi-Fi 6E serta menggunakan kabel CNVi terbaru seperti pada tipe yang diatas tadi.

Biar nampak garang, motherboard ini memilih warna serba hitam dan di ikuti dengan logo golografik ASUS yang di embos pada bagian panel belakangnya,sudut kiri bawah heatsink chipset, dan hetsink M.2 atas. Dalam motherborad gaming ini ASUS memakai teknologi memori Optimen III serta memiliki empat slot memori dan didukung dengan kapasitas memori 128 GB.

Tak ketinggalan, didalam motherboard ini pihak ASUS juga menyematkan tiga slot PCIe panjang penuh, dimana pada dua slot teratas mendukung PCIe 4.0 x16 dan x8 / x8, sementara untuk slot bawah terkunci secara elektronik pada PCIe 3.0 x4.  Perangkat keras komputer ini juga memiliki empat slot PCIe M.2 sebagai penyimpanan, dua slot memiliki dukungan untuk PCIe 4.0 x4, sementara dua slot lainnya PCIe 3.0 x4 / SATA M.2. 

Ada enam port SATA yang diletakkan di sisi kanan dan sudah mendapat dukungan untuk array RAID 0, 1, 5, dan 10. Lalu untuk bagian penyimpanan dari ASUS ROG STRIX Z590-E GAMING Wifi ini memiliki kapasitas hingga 128 GB dan bisa berjalan dengan kecepatan mencapai DDR4-5333. Fitur penting lain yang ada didalam perangkat ini debugger LED dua digit di sudut kanan atas serta pengiriman daya 16 fase (14 + 2), semua ini didukung oleh pasangan input daya CPU ATX 8-pin serta 4-pin 12 V ATX.

3. ASUS ROG STRIX Z590-F GAMING Wifi

Setelah seri E, kini merupakan seri F yang dibekali dengan spesikasi lebih garang lagi. ASUS ROG STRIX Z590-F GAMING Wifi ini menjadi model dengan posisi paling baik dengan mempertimbangkan dari sisi harga serta kinerja. Maka dari itu, perangkat ini bisa jadi alternatif lain dari Strix Z590-E namun memiliki spesifikasi yang lebih baik dan banyak fitur dukungan dari saudaranya tersebut.

Untuk fiturnya ini diantaranya adalah empat slot M.2, 2,5 GbE, serta memiliki codec audio Realtek HD paling baru. Secara fisik tampilan dari motherboard ini sama dengan tipe sebelumnya, mulai dari terdapat akses perak pada bagian panel penutup, serta logo ROG dengan kemampuan RGB.

Perangkat ini mengiklankan pengiriman daya fase 14 + 2, dan memakai input daya ATX 8-pin serta 4-pin 12 V ATX. Untuk dukungan ekspansi didalamnya, motherboard gaming ini memiliki dukungan seperti seri sebelumnya mulai dari tiga slot PCIe panjang penuh, dua slot panjang penuh yang beroperasi pada bagian PCIe 4.0 x16 dan x8 / x8, sementara untuk satu slot panjang penuh ketiga dikunci secara elektronik pada PCIe 3.0 x4.

Pada bagian penyimpanannya, ASUS ROG STRIX Z590-F GAMING Wifi ini memiliki empat slot PCIe M.2, dua slot yang beroperasi pada sektor PCIe 4.0 x4, dengan satu slot ini mendukung PCIe 3.0 x4 dan satu slot lagi mendukung PCIe 3.0 x4 / SATA.

Motherboard ini dibekali dengan enam port SATA, dan mendapat dukungan array RAID 0, 1, 5, dan 10. Perangkat ini juga punya empat slot memori, dengan dukungan kecepatan mencapai DDR4-5333 dan memiliki kapasitas maksimal sampai 128 GB, sama dengan saudaranya diatas tadi.

4. ASUS PRIME Z590-P

Motherboard gaming ini merupakan model awal dari seri Z900, dimana mereka berfokus pada perpaduan antara estetika halus serta pengontrol yang hemat biaya. Dari segi desain, ASUS PRIME Z590-P ini memiliki heatsink perak aksesn hitam serta memiliki pencahayaan LED RGB untuk memberkan tampilan halus dan nampak profesional. 

Perangkat inii mengiklankan pengiriman daya 11 fase, dimana memakai pasangan input daya CPU ATX 8-pin dan 4-pin 12 V ATX. Dibagian tengahnya, pihak ASUS juga menyematkan dua slot PCIe panjang penuh, dimana satu slot ini beroperasi pada PCIe 4.0 x16, sementara slot lainnya beroperasi di PCIe 3.0 x4, dan dua slot PCIe 3.0 x1 tambahan.

Pada sektor penyimpanannya, motherboard gaming ini memiliki tiga slot PCIe M.2, satu slot didukung untuk PCIe 4.0 x4, dan slot dua lain hanya pada drive PCIe 3.0 x4 / SATA. Terdapat  empat port SATA bersudut lurus yang diletakkan pada sudut kanan bawah, dimana slot ini mencakup dukungan untuk array RAID 0, 1, 5, dan 10. 

Total motherboard ini memiliki empat slot memori, dimana semua bisa menampung data hingga kapasitas 128 GB dan kecepatan hingga DDR4-5133.

Baca : Mengenal apa itu VGA Card?

5. MSI Z590 PRO WiFi

Jika kalian ingin memiliki motherboard gaming dikelas Profesional, maka bisa menjatuhkan pilihan pada MSI Z590 PRO WiFi. Motherboard ini hadir dengan memakai papan PCB berwarna hitam dengan pola grais lurus putih, serta memiliki heatsink dengan aksen perak  atau hitam. Nah yang membedakan keduanya ini adalah dukungan Wi-Fi 6E serta menggunakan kabel CNVi terbaru.

Sama halnya dengan motherboard gaming diatas tadi, dimana perangkat ini pada bagian bawah papan di isi oleh dua slot PCIe panjang penuh, pada bagian slot atas beroperasi pada PCIe 4.0 x16, sementara slot panjang penuh kedua telah dikunci pada PCIe 3.0 x4, serta  dua slot PCIe 3.0 x1. Tak ketinggalan, pihak MSI ini telah menyematkan banyak konektivitas penyimpanan didalamnya, seperti satu slot PCIe 4.0 x4 serta dua slot PCIe 3.0 / SATA M.2.

Tersedia juga enam port SATA, dengan empat siku-siku lurus dan cut-out ke PCB yang berfungsi sebagai manajemen kabel yang lebih baik. Ada juga dua port bersudut lurus yang diletakkan pada bagian tepi bawah papan. Sementara untuk memori yang dimiliki oleh MSI Z590 PRO WiFi ini tersedia empat slot memori yang bisa dipasang dengan kapasitas maksimal 128 GB, dan memiliki kecepatan hingga DDR4-5333.

Rekomendasi Motherboard Gaming AMD

Jika kalian kurang tertarik dengan model Intel dan lebih prefer mothrboard dari AMD tidak perlu khawatir, karena berikut ini kita juga memberikan rekomendasi motherboard gaming AMD yang bisa kalian pilih nanti.

1. MSI MPG X570 Gaming Pro Carbon Wifi

Motherboard gaming yang pertama kali ini adalah MSI MPG X570 Gaming Pro Carbon Wifi, dimana ia merupakan penggabungan teknoologi motherboard saat ini. Perangkat ini memang diciptakan untuk membantu para pengguna mendapat hasil optimal dari CPU Ryzen generasi ke-3 milik AMD.

Motherboard ini didukung dengan empat slot DIMM yang mampu menangani kecepatan data  hingga 4.400 MHZ serta slot M.2 memakai PCIe 4.0.  MSI MPG X570 Gaming Pro Carbon Wifi ini memiliki banyak slot ekspansi yang terbagi dalam satu slot pada PCIe 4.0 x16, satu slot PCIe 4.0 x16 (x8), satu slot PCIe 4.0 x16 (x4), dan dua slot pada PCIe 4.0 x1.

Total motherboard ini memiliki empat slot memori, dimana semua bisa menampung data hingga kapasitas 64 GB dan kecepatan hingga DDR4-4400.

2. Asus ROG Crosshair VIII Hero (Wi-Fi)

Selain dari MSI, Asus juga memiliki motherboard gaming mewah berbasis AMD yang dikhususkan untuk memaksimalkan kinerja dari prosesor Ryzen generasi ke-3. Dimana motherboard ini hadir dengan membawakan banyak sekali ornamen yang kalian butuhkan, mulai dari tombol power dan reset onboard, sensor thermal onboard, serta flashback BIOS pada bagian panel belakang IO.

Motherboard ini sudah mendapat perisai I / O yang telah dipasang didalamnya yang berguna untuk mengantisipasi kesalahan pada saat Build PC. Motherboard gaming ini suda dilengkapi dengan empat slot ekspansi yang masing-masing  terbagi dalam satu slot pada PCIe 4.0 x16, satu slot PCIe 4.0 x16 (x8), satu slot pada  PCIe 4.0 x16 (x4), dan satu slot pada PCIe 4.0 x1.

Yang membedakannya dari MSI, jika motherboad dari ASUS ini memiliki port video HDMI dan DVI-D, sementara miliki MSI tadi hanya memiliki port HDMI Saja. Asus ROG Crosshair VIII Hero (Wi-Fi) ini memiliki 4 slot Dimm dan punya penyimpanan yang mampu menampung data hingga 128 Gb dan kecepatan hingga DDR4-4800.

Baca : 5+ Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Coba Yuk!

3. ASRock X570 Phantom Gaming ITX

ASRock ini bukan bagian dari vendor Asus ya, mereka ini merupakan vendor lain yang juga dikenal ikut bersaing dalam kelas motherboard gaming. ASRock ini dikenal telah sukses membangun sejumlah motherboard MAD Ryzen kecil dengan kemampuan gahar, dan salah satunya adalah X570 ini yang dilengkapi dengan chipset AM4 kelas atas paling baru.

Selain itu fitur yang dimiliki oleh perangkat ini juga sangat canggih sehingga bisa memberikan kinerja yang handal. ASRock X570 Phantom Gaming ITX ini mendukung port video HDMI 2.1 dan juga DisplayPort 1.4 serta memiliki memiliki 1 slot ekspansi PCIe 4.0 x16.

ASRock X570 Phantom Gaming ITX ini memiliki 2 slot DIMM dan memiliki penyimpanan yang mampu menampung data hingga 64 GB  dan kecepatan hingga DDR4-4533+. Fakta tidak terdapat mini-ITX premium yang terpasang menjadikan perangkat ini semakin menggoda untuk dimiliki.

4. Asus ROG Strix B550-F Gaming Wi-Fi

Selanjutnya ada motherboard gaming dari vendor Asal Taiwan yang menggunakan nama Asus ROG Strix B550-F Gaming Wi-Fi. Dimana perangkat ini hadir dengan membawakan fitur premium didalamnya, seperti Intel Wi-Fi 6 AX200, SupremeFX Audio, pengiriman daya yang solid, dan masih banyak lagi.

Tentu Asus ROG Strix B550-F Gaming Wi-Fi ini menjadi pilihan yang menarik dikisaran harga USD 200, meskipun ada beberapa pilihan motherboard dengan harga yang lebih murah.  Perangkat ini didukung dengan slot ekspansi yang terbagi dalam  satu slot pada PCIe 4.0 x16 (x16 mode), satu slot pada PCIe 3.0 x16 (x16 mode), satu slot pada PCIe 3.0 x16 (x4 mode) * tiga slot pada PCIe 3.0 x1.

Motherboard gaming ini dilengkapi dengan penyimpanan satu slot M.2_1scoket3, dan 6 slot SATA 6GB/s. Asus ROG Strix B550-F Gaming Wi-Fi memiliki 4 slot penyimpanan DIMM, dan punya penyimpanan yang mampu menampung data hingga 128 GB dengan kecepatan hingga DDr4.

5. ASRock Fatal1ty B450 Gaming-ITX/ac

Yang terakhir kali ini ada motherboard gaming dari ASRock Fatal1ty B450 Gaming-ITX/ac. Pembuat motherboar dengan ukuran mini namun memiliki kemampuan garang ini selalu memiliki daya tarik tersebut pada setiap perangkatnya.

Dimana motherboard ini menawarkan berbagai fitur dari chipset AMD B450 yang memiliki biaya lebih rendah namun tetap bisa mempertahankan kecepatan overclock sebagai tipe motherboard kelas atas. Tentu hal ini membuat ASRock Fatal1ty B450 Gaming-ITX/ac sangat untuk kalian yang suka dengan overclock Mini-ITX dan memiliki budget pas-pasan.

ASRock Fatal1ty B450 Gaming-ITX/ac memiliki penyimpanan empat slot SATA3 6.0, dan satu slot Ultra M.2 Socket. Sementara untuk port videonya mendukung Display Port 1.2 dan HDMI 2.0, lalu untuk slot ekspansiya memiliki satu slot pada PCI Express 3.0 x16 Slot, dan satu slot pada Vertical M.2 Socket.

Motherboard gaming ini memiliki 2 slot penyimpanan DDR4 DIMM dan dual Channel DDR4 Memory Technology. 

Penutup

Nah itu sedikit ulasan dari TeknoApps tentang rekomendasi motherboard gaming yang berbasis Intel dan AMD dan bisa kalian pilih sesuai keinginan. Yang pasti setiap perangkat diatas tadi memiliki kelebihan dan kekurngan masing-masing, apalagi untuk harganya pun juga bervariasi. Untuk itu silahkan kalian buat pertimbangan mana yang spesifikasinya sesuai dan cocok dengan isi kantong kalian.