Mengenal Apa Itu VGA Card?

VGA Card

Di dunia digital, ada banyak istilah yang mungkin masih awal didengar. Salah satunya ialah VGA Card. bagi para programming mungkin sudah tidak asing dengan nama tersebut. Namun berbeda dengan orang lain. Untuk itu, jika Anda tertarik berkecimpung di dunia digital, maka harus tahu istilahnya.

Istilah dan Cara Kerja dari VGA Card

Istilah VGA diambil dari singkatan Video Graphics adapter, yang mana artinya yaitu sebuah perangkat keras komputer yang fungsinya untuk menterjemahkan atau rendering tampilan visual ke monitor. Selain itu VGA Card pun sering disebut dengan kartu grafis. Untuk mengecek VGA yang Anda pakai, Anda bisa kunjungi cara cek VGA laptop.

1. Apa itu Kartu Grafis?

Kartu grafis dikenal sebutan kartu video tersebut adalah bagian dalam perangkat keras yang harus diinstal dalam PC dan akan bertanggung jawab bisa rendering gambar di monitor komputer ataupun layar tampilan.

Istilah VGA Card digunakan mengacu pada resolusi layar yang berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras dari kartu grafisnya. Maka untuk memproses desain grafis ataupun bermain game video, sangat memerlukan kartu grafis berdaya tinggi.

2. Fungsi Umum

Bukan hanya itu, VGA Card pun bisa mengacu pada konektor VGA 15-pin saat ini masih digunakan dengan luas. Berfungsi agar mengantarkan sinyal/jaringan video analog ke dalam monitor. Untuk Standar video graphic adapter ini secara resmi diganti oleh standar XGA.

Akan tetapi nyatanya VGA Card kini justru diganti oleh Super VGA. Sedangkan untuk Kata “card” yautu menunjukkan ukuran bentuk VGA satu ini mirip sekali dengan sebuah kartu yang ditancapkan di slot yang terdapat di motherboard komputer.

VGA Card termasuk bagian-bagian CPU yang bisa memperjelas visual di komputer. Soal urusan hal graphic lebih tinggi dibanding komputer ataupun laptop umumnya.

3. Cara Kerja

Sedangkan untuk cara kerja dari perangkat ini yaitu ketika aplikasi sedang dijalankan ingin membuat sebuah citra, maka aplikasi ini meminta bantuan kepada driver VGA Card.

Fungsi driver grafis ini mendengarkan instruksi, melalui OS ataupun dari aplikasi. Lalu akan mengambil data digital penting yang diperlukan, serta mengkonversikannya. Jadi sebuah format mudah dimengerti bagi VGA Card.

Kemudian, driver akan segera menyalurkan data digital telah diformat ini ke kartu grafis guna melakukan rendering. Dimana sata ini akan berjalan menuju VGA Card lewat slot di motherboard (AGP/PCI-E).

Kemudian akan disalurkan menuju kartu grafis, sedangkan data dikirimkan menuju memori VGA Card yang menjadi tempat penyimpanan sementara. Lalu GPU mengambil data digital itudan mengubahnya hingga menjadi pixel.

4. Mengenal Pixel

Di titik ini, dimana pixel masih belum siap ditampilkan ke monitor. Pixel dikirim kembali menuju Video RAM agar disimpan. VRAM yang terhubung langsung ke digital-to-analog converter (DAC). Maka Converter ini biasa dikatakan RAMDAC.

Ini bertugas untuk menerjemahkan gambar ke sinyal analog agar dapat digunakan oleh layar. Berikut, RAMDAC akan mengirimkan gambar final ke monitor lewat kabel.

5. Perbedaan VGA pada PC dan laptop

Perlu Anda ketahui bahwa VGA pada PC dan laptop memiliki perbedaan. Hal sangat mencolok tentang perbedaan untuk PC dan laptop yaitu bisa dilihat di penambahan ukuran memorinya. Bukan hanya itu, untuk VGA di PC jauh lebih banyak memerlukan energi dibanding VGA Card terpasang di laptop.

Dimana VGA di laptop biasanya terpasang sesuai pengaturan oleh produsen. Hal ini menyebabkan VGA yang terdapat di laptop tak dapat di upgrade. Alasan lainnya menjadikan VGA laptop tak bisa ditambah, karena telah tertanam pada prosesor membuat VGA hanya mengikuti spesifikasi sudah ada.

Berbeda dengan VGA pada PC yang dapat diubah bahkan juga ditambah. Biasanya, ada slot khusus dalam CPU guna menambah kartu VGA. Agar bisa meningkatkan performa, maka Anda hanya diharuskan menambah VGA Card di CPU untuk mendapat grafis gambar lebih jernih, detail dan baik.

Fungsi dari VGA Card

Dimana VGA Card itu sendiri dapat dipastikan punya banyak fungsi, serta manfaat yang begitu penting untuk keperluan komputer anda. Untuk itu ketahuilah fungsi-fungsinya agar menjaga keamanan komputer, di antaranya yaitu:

1. Membantu Membuat Desain Grafis dan 3D Design

Bagi Anda yang yang sudah lama berkecimpung di dunia digital maupun di dunia programming, maka sudah pasti sangat familiar dengan nama yang satu ini bahkan setiap komputer yang Anda miliki memerlukan VGA Card. Sehingga tidak mungkin tidak mengenalnya.

Dimana perangkat ini dapat digunakan untuk desain grafis dan juga didesain, maka sering digunakan oleh para animator dan juga para pembuat desain grafis untuk mendesain tampilan yang lebih nyaman dilihat bahkan terlihat nyata.

2. Grafik Bermain Game akan Lebih Baik

Bagi Anda pelaku programming ataupun hobi bermain game, tentu juga sudah tidak asing dengan VGA Card satu ini, karena roaming sangat memerlukannya untuk membuat tampilan atau visual permainan lebih jernih dan lebih bagus.

ini merupakan salah satu fungsi dari VGA Card tersebut sehingga banyak digunakan untuk keperluan programming bukan hanya untuk desain grafis.

3. Tampilan Monitor Lebih Tajam dan Jernih

Fungsi lain yang tidak kalah menarik dari hebatnya VGA Card ini tentu saja dikarenakan mampu membuat tampilan layar monitor menjadi lebih tajam dan juga lebih jernih sehingga akan lebih nyaman dalam soal urusan pandangan mata ke layar.

Pastinya dengan tampilan visual yang lebih baik didukung VGA Card tersebut, akan memudahkan para programming ataupun juga desain grafis berlama-lama menatap layar, karena akan merasa lebih nyaman.

4. Dapat Mengkoneksikan PC atau Laptop

Fungsi lainnya dari VGA Card ini, tentu saja juga dikarenakan bisa mengkoneksikan perangkat keras Anda ke layar TV hanya memakai HDMI. Sehingga akan menghasilkan kualitas visual gambar yang jenis dan baik.

Tentu untuk melakukannya hanya bisa dilakukan oleh orang yang paham dengan perangkat keras tersebut. Dan jangan digunakan untuk sembarang orang, karena nantinya mungkin saja akan merusak TV ataupun laptop anda.

5. Cocok untuk yang Senang Menonton Film

Bagi Anda yang gemar menonton film tentu juga bisa menggunakan perangkat keras VGA Card, karena bisa memberikan tampilan layar yang lebih baik. Bahkan, pastinya juga menyuguhkan visual dengan yang sempurna.

Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda menggunakannya, karena nantinya dapat menyaksikan film dengan tampilan lebih jernih.

6. Digunakan Menyimpan Data Penting dari Hardisk

Tentu salah satu fungsi pada VGA Card yaitu dapat digunakan untuk bisa menyimpan data-data penting dari hardisk. Agar tetap aman dan pastinya tidak akan hilang atau bermasalah.

Fungsi dapat digunakan menyimpan data yang ada di hardisk, maka bukan hanya bisa digunakan untuk bermain game saja atau pun juga untuk melakukan editing dan desain grafis, tetapi juga dapat menyimpan data-data.

7. Dapat Menyuplai Dapat Bagi Prosesor

Fungsi lainnya yang ada di VGA Card berikutnya yaitu dapat digunakan untuk bisa menyuplai beragam data penting untuk processor dan akan langsung diproses, sehingga dijamin setiap data yang disuplai akan aman.

Hal ini juga sangat cocok untuk bagi para ahli desain yang ingin menyimpan data hasil desain atau editing menggunakan VGA terbaik.

8. Digunakan untuk Mengedit dan Desain Grafis

Pastinya VGA Card akan sangat berperan penting bagi ahli profesional agar dapat menggambar ataupun mendesain grafis yang berkualitas menyediakan gambar terbaik. Akan selalu mampu untuk mendesain gambar berkualitas.

Selain dapat digunakan untuk editing dan desain grafis, maka adanya VGA Card ini juga dapat berperan penting untuk memainkan game dengan berbagai seri terbaru yang bermunculan saat ini.

Daftar 5 VGA Terbaik Untuk Gaming

Meski kini banyak aplikasi game terpasang di hp, namun bagi programming sejati, mereka tetap memilih bermain melalui PC atau komputer. Karena selain tampilan layar jauh lebih besar dan jernih didukung kegiatan baik dan ketahuilah beberapa VGA Card yang cocok digunakan untuk gaming yaitu:

1. AMD Radeon VII

Jika dilihat dari spesifikasi bawaan oleh VGA ini, pastinya mata Anda akan tercengang melihat spesifikasi terbaik yang dibawakan. Dihadirkan dengan memori yang berkapasitas besar dipadukan dengan kekuatan bandwith dengan kecepatan tinggi.

Dipastikan VGA Card punya komponen mumpuni mampu melibas permainan hardcore. Punya konfigurasi dapur pacu GPU cores 3,840, base clock 1,400MHz, boost clock 1,750MHz dilengkapi memory 16GB HMB2, memory clock 2 GT/s, serta memory bandwidth 1024 GB/s.

2. AMD Radeon RX 580 8GB 

Bila ingin punya sebuah VGA mumpuni, tapi terkendala di faktor keterbatasan budget, AMD Radeon RX 580 8GB sangat worth it bisa dipinang. Mendukung maksimal tentang game beresolusi 4K. VGA Card ini sangat tangguh terkonfigurasi game set rata kanan.

Adapun spesifikasi detailnya yaitu punya konfigurasi dapur pacu yaitu GPUcores 2,304, base clock 1,257MHz, boost clock 1,340MHz, dilengkapi memory 8GB GDDR5, serta memory clock 8 GT/s hingga memory bandwidth 256GB/s.

3. AMD RX 580-8GB

Untuk VGA AMD RX 580-8GB diluncurkan dengan 2 port HDMI, pertama yaitu port DVI-D. Yang kedua yaitu Displayport, didukung oleh RAM DDR5 8GB. VGA Card murah, tapi berkualitas ini bisa menjalankan sebagian banyak permainan PC terbaru masa kini.

Dilengkapi pengaturan tinggi sampai ultra resolusi 1440p. Dimana menurut dari pengujian Benchmark, VGA Card AMD RX 580-8GB ini bisa menembus lebih 60 FPS di permainan GTA V, PUBG, Fortnite, Overwatch serta yang lainnya.

4. AMD RX 5500 XT-8 GB

Meskipun RX 5500 XT-8 GB adalah VGA Card gaming yang murah baru dirilis, tapi tidak memerlukan waktu lama menjadi incaran dan pilihan banyak gamer. Karena, dengan harga terjangkau,

Anda sudah bisa menikmati performa VGA RAM 8GB GDDR6 memiliki kecepatan clock GPU 1,647MHz. RX RX 5500 dapat memainkan game beresolusi 1080p dan 60FPS di pengaturan grafis tinggi. Bahkan, ada beberapa game dapat dijalankan di 1440p meski tidak 60 FPS.

5. Nvidia GTX 1650 Super Overclocked-4 GB

Ini masuk daftar VGA gaming terbaik dihadirkan dengan adanya arsitektur touring terbaru. Anda dapat menikmati permainan PC yang lancar dengan RAM 4 GB GDDR6. Dari User Benchmark, VGA ini bisa memberi rata-rata 111 FPS di semua game, termasuk Fortnite, GTA V, PUBG, dll.

Untuk ukuran VGA Card ini pun sangat kecil, di desain kipas tunggal membuat sangat cocok hampir semua susunan sistem dengan ukuran casing. Bukan hanya itu, penggunaan daya rendah, dipastikan mampu menghemat tagihan listrik di rumah Anda. 

Daftar 5 VGA Terbaik Untuk Desain Grafis

Jika Anda gemar melakukan hobi desain grafis, tentu harus update dengan berbagai VGA Card terbaik yang dapat digunakan untuk melakukan desain yang bagus dan tentu sangat menarik. Oleh karena itu ketahuilah beberapa daftar VGA terbaik, yang digunakan untuk desain grafis di antaranya yaitu:

1. Nvidia Quadro RTX 4000

VGA Nvidia seri Quadro RTX 4000 mendukung aktivitas desain dan editing profesional. VGA satu ini dilengkapi kecepatan bandwidth super tinggi disertai fitur canggih mampu mengoperasikan program berat. Anda tak usah khawatir ada gangguan saat bermain.

Dengan mengoperasikan komputer memakai VGA Card terbaik dari Nvidia ini dijamin aman. Untuk spesifikasinya yaitu didukung Memori 8GB, dengan bandwidth 416GB/sdan Boost clock 1545MHz, serta Shader processors 2304 hingga Power hanya 160W.

2. Nvidia Ge Force RTX 2080 Super

Membahas tentang kualitas, tentu Nvidia memang punya citra terbaik yang menciptakan GPU didukung performa yang maksimal. Dan bila dilihat pada pembawaan spesifikasinya, VGA Card sangat cocok memenuhi kebutuhan para profesional bidang desain grafis ataupun editing.

Nvidia GeForce RTX 2080 ini punya konfigurasi spesifik yaitu GPU cores 2,944 dengan base clock 1,515MHz dan boost clock 1,800MHz, serta VGA Card ini punya memory 8GB GDDR6 dan memory clock 14Gbps, serta didukung memory bandwidth 448GB/s.

3. AMD Radeon RX 580

Untuk seri AMD Radeon satu ini cukup laris manis di pasaran, meskipun bukan spesifikasi yang tercepat di kelasnya. Namun jangan salah, sebab AMD Radeon RX 580 ini pun dianggap menjadi salah satu VGA Card yang dapat menghasilkan beragam gambar berkualitas terbaik.

Selain itu, bukan hanya digunakan untuk desain grafis serta editing, tapi seri AMD Radeon RX 580 ini juga sangat cocok untuk para gaming, VGA Card menjadi pilihan oleh banyak para ahli yang bekerja di bidang editing foto atau video. Dan didukung dengan harga yang terjangkau.

4.  Nvidia GeForce GTX 1660 Ti

Untuk VGA Card seri satu ini pun juga sangat cocok digunakan untuk desain, dengan spesifikasi standar video 1440p maupun juga bisa melakukan editing foto. Didukung harga yang terbilang cukup mahal dari seri sebelumnya, antara Rp 2,4-3,5 jutaan.

VGA dari Nvidia ini, cocok bagi Anda yang hanya memerlukan spesifikasi standar dengan budget yang terbatas, sebab seri tersebut sangat layak untuk digunakan. Terlebih seri ini juga terbilang lumayan populer bagi kalangan gamers dan desainer yang menggunakannya.

5. Nvidia Geforce GTX 2070 Super

Pada seri ini masuk daftar sebagai VGA terbaik untuk desain grafis, tentu memiliki harga paling mahal. Seri Nvidia Geforce RTX 2070 Super harga dari 7 jutaan. Dengan harga tersebut, VGA Card ini cocok bagi kebutuhan gaming memiliki monitor 1080p mendukung high-refresh-rate.

Bahkan dengan resolusi 1440p ini juga bisa dimainkan. Jika Anda memiliki budget yang cukup besar, dan ingin fokus menekuni dunia editing dan desain grafis, tentu saja dapat disarankan seri satu ini sangat direkomendasikan, bisa dikatakan sangat baik untuk bahan pendukung.

Penutup

Itu tadi penjelasan VGA dari TeknoApps, Hadirnya beragam seri VGA Card terbaik akan membantu Anda bisa memilih seri mana yang cocok dapat digunakan sesuai dengan perangkat PC atau komputer. Bisa memilih sesuai kapasitas perangkat ataupun juga sesuai dengan budget yang dimiliki. Sehingga bisa menggunakan VGA yang tepat mendukung desain grafis hingga gamers.