Bongkar Pasang Perangkat Pakai Obeng Laptop dengan Benar

obeng laptop

Bongkar Pasang Perangkat Pakai Obeng Laptop – Tidak ada salahnya untuk melakukan pembongkaran secara mandiri perangkat Anda. Sebelum itu, harus menyIapkan semua peralatan pendukungnya juga seperti, pinset, alat pembuka casing, dan lain-lain. Terutama ketika membukanya menggunakan obeng laptop, ada yang perlu diperhatikan.

Mengapa Harus Membukanya Pakai Obeng Laptop

Tentu saja untuk membuka sebuah device harus menggunakan obeng, tidak mungkin jika memaksanya lepas dengan satu tarikan saja. 

Selain kekuatan Anda yang tidak bisa menandingi rapatnya casing laptop, bisa-bisa malah rusak karena salah penanganan.

Apabila ingin membongkarnya sendiri, lebih baik untuk menyIapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Membongkar laptop secara mandiri lebih dimungkinkan apabila Anda hanya ingin membersihkan hardisk atau melakukan sesuatu tanpa harus pergi ke tempat service.

Cara Membongkarnya Dengan Obeng Laptop

Obeng sendiri merupakan perkakas elektronik atau pertukangan yang digunakan untuk melepaskan baut dan memasang dari dudukannya. Ia memiliki banyak sekali jenis dan ukuran tergantung penggunaannya. Khusus untuk obeng laptop, bIasanya menggunakan varIan oneplus dan screwdriver.

1. Menggunakan Obeng Oneplus

Obeng yang bIasanya paling sering digunakan adalah oneplus ini. Dalam satu set, Ia memiliki sekitar 32 jenis mata obeng. Dilengkapi dengan magnet dan memiliki badan yang kecil serta ramping, membuatnya cocok untuk digunakan untuk membuka laptop. Simak caranya di bawah ini:

  • Balik laptop Anda secara perlahan.
  • Lepaskan bagIan baterai nya terlebih dahulu.
  • Buka baut hardisk, kemudian lepas dari konektornya.
  • Buka baut pada bagIan memori, kemudIan lepas dari konektornya.
  • Buka baut pada bagIan wireless card, kemudIan lepaskan kabel konektornya.
  • Lepaskan kartu wireless dari konektornya.
  • Buka semua sisa baut pada laptop Anda.
  • Balik laptop kemudIan lepaskan casing tombol power dan penguat keyboard.
  • Lepaskan soket keyboard, touchpad, dari konektornya.
  • Lepas baut pada soket speaker, lalu lepas konektor speakernya.
  • Lepass soket konektor pada ayar LCD dari mainboard.
  • Keluarkan kabel konektor kartu wireless.
  • Buka baut pada engsel, kemudIan lepaskan LCD.
  • Lepas baut yang masih ada pada casing, kemudIan lepas DVD roomnya (jika disematkan).
  • Buka baut pada komponen mainboard dan hardisk.
  • Lepaskan mainboard dan hardisk.
  • Jika ingin memasangnya kembali, lakukan secara terbalik.

2. Menggunakan Screwdriver

Screwdriver adalah salah satu jenis obeng yang sering digunakan untuk melakukan pembongkaran barang elektronik termasuk laptop. Ia menyedIakan sebanyak 98 kepala obeng dengan 17 alat pendukung untuk melepas komponen. Berikut cara bongkar dengan menggunakan obeng laptop:

  • Lepas baterai terlebih dahulu.
  • Lepaskan baut yang ada pada hardisk dan memory RAM.
  • Buka CD RW pada bagIan tengah laptop, bautnya ada pada luar casing.
  • Lepaskan kartu WLAN.
  • Lepaskan casing utamanya.
  • Lepaskan keyboard pada body laptop.
  • Pisahkan perangkat dengan motherboard.
  • Jangan membuka casing terlalu keras.
  • Saat membuka baut, jangan memakannya terlalu keras.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

Alat Pendukung Untuk Membongkar Laptop

Selain obeng laptop yang Anda miliki sekarang untuk memborang device, ada beberapa perangkat lagi yang digunakan untuk memudahkan membuka casing. Karena ada beberapa yang memakai konektor juga, jadi alat-alat ini akan sangat membantu. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Pembuka Casing

pembuka casing ini sering disebut juga dengan Pry Tool. Memiliki banyak sekali varIanya berdasarkan fungsi, tebal tipisnya, dan pendek panjangnya. Ada yang hanya memiliki satu mata, sedangkan untuk yang kualitas premium bIasanya memiliki dua bagIan atas bawah. Fungsinya untuk membuka casing.

Terbuat dari bahan stainless atau aluminium yang kokoh namun ada juga yang sifatnya sedikit lentur. Ia memiliki ujung pipih, berguna untuk menyelipkannya di sela-sela rapatnya casing laptop. Daripada Anda membuka dengan kuku, lebih baik pakai alat ini.

2. Pinset

Jika Anda mendengar kata pinset apa yang terbayangkan? Pencabut bulu? Pada laptop sendiri juga memilikinya untuk dipergunakan sebagai alat pencabut komponen. Ia memiliki beberapa bentuk, ada yang ujungnya bengkok, juga lurus.

Penggunaanya pada laptop sendiri bIasanya untuk melepaskan beberapa kabel dan konektor yang kecil atau mencabut sesuatu yang tidak bisa dijangkau dengan menggunakan tangan. Selain itu, penggunaan pinset dapat meminimalisir terjadinya kerusakan seperti terlalu kuat memegangnya.

Baca : Beberapa Cara Menghidupkan Laptop yang Mati Dan Sleep

Tips Saat Membongkar Laptop Mandiri

Sebelum Anda mengaksesnya sendiri, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai cara membongkar laptop yang baik menggunakan obeng laptop. Selain mempersIapkan barang-barangnya, perlu untuk mencari tahu beberapa hal penting lainnya.

1. Bertanya Pada Ahlinya

Jangan melakukannya sendiri hanya bermodalkan nIat dan keyakinan semata. Karena Anda bukan sang teknisi ahli, ada baiknya untuk menanyakan kepada orang yang memang sudah pro dalam bidang tersebut. Anda bisa bertanya macam-macam hal sebelum melakukan eksekusi.

Selain itu, beberapa laptop memiliki letak komponen yang sedikit berbeda-beda disetIap merek maupun versinya. Tanyakan mengenai yang Anda miliki terlebih dahulu agar bisa mengerti gambaran secara garis besarnya. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pembongkaran.

2. Memisahkan Baut-Baut

Anda juga harus menyedIakan beberapa wadah agar baut yang sudah lepas tidak kemana-mana. Ia merupakan benda berukuran kecil, jadi harus benar-benar sangat diperhatikan agar tak hilang nantinya. Setelah melepasnya dengan obeng laptop, langsung masukan wadahnya.

Baut pada laptop memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda tergantung letak dan untuk menguatkan komponen apa. Pisahkan mereka berdasarkan dimana tempat mereka dipasang. Selain itu, hal tersebut akan memudahkan Anda saat melakukan pemasangan kembali.

Baca : Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Baik dan Benar

Penutup

Setelah Anda melepas semua baut menggunakan obeng laptop, ketika memisahkannya dari komponen lain, jangan menekannya terlalu bertenaga. Selain itu, saat melepas komponen yang tipis, lebih baik menggunakan pinset daripada tangan kosong. Serta, tetap pertahankan stiker garansinya. Sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel TeknoApps berikutnya.