Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Baik dan Benar

cara menghidupkan laptop asus

Cara Menghidupkan Laptop Asus – Barang elektronik dinilai sangat riskan karena menggunakan daya listrik untuk menyalakan nya. Apalagi jika mengharuskannya memuat semua sistem terlebih dahulu sebelum digunakan. Kesalahan turn on bisa-bisa membuatnya malah rusak. Jadi, harus dengan cara menghidupkan laptop asus yang baik dan benar.

Tentang Asus

Asus merupakan perusahaan elektronik dan digital multinasional, didirikan pada 1989 di Taiwan. Ia menawarkan pengalaman luar bIasa bagi penggunanya dengan berbagai macam teknologi dan inovasi yang selalu dikembangkan setIap generasinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sudah banyak teknologi dan perangkat yang Asus kembangkan saat ini, seperti laptop, komputer, monitor, handphone, motherboard, router, kartu grafis, dan masih banyak lagi. 

Di tahun 2019, Ia berhasil meraih lebih dari sebelas penghargaan terutama sebagai perusahaan paling dikagumi.

Cara Menghidupkan Laptop Asus 

Untuk menghidupkan sebuah laptop memang tidak pernah terasa sulit, semua orang bisa melakukannya dengan tanpa kendala sama sekali. Kecuali ketika laptop sedang mengalami permasalahan, harus lebih diperhatikan lagi cara menghidupkan laptop Asus seperti di bawah ini:

1. Menghidupkan Laptop Asus Menggunakan Daya

Semua orang pasti tahu dan bisa, hanya dengan menekan satu tombol saja maka perangkat akan menyala secara otomatis. Namun tahukah Anda jika saat menyalakannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah kejadIan, berikut cara menghidupkan laptop Asus secara baik:

  • Buka laptop Anda dengan baik, pastikan monitor bisa dengan mudah dilihat.
  • Tekan tombol power yang ada pada keyboard pojok kanan atas (untuk series baru).
  • tekan tombol power hanya satu kali saja, tidak perlu berulang.
  • Akan ada proses booting, jadi tunggu agar semua sistem menyala dengan sempurna.
  • Pastikan Anda menunggu proses turn on laptop hingga sistem benar-benar sIap.
  • Bisa juga membIarkan laptop selama 2-5 menit setelah proses turn on selesai.

2. Cara Menghidupkan Laptop Asus Menggunakan Motherboard

Motherboard sendiri adalah tulang belakang dari sebuah laptop ataupun komputer. Ia memiliki banyak sekali julukan seperti, mainboard, system board, dan masih banyak lagi. Tersusun dari berbagai macam perangkat keras yang disebut dengan PCB, tugasnya untuk menghubungkan semua hardware.

  • Jika Anda sedang dalam posisi memberi daya pada laptop, lepas dulu sambungannya.
  • Buka cover laptop Anda, kemudIan temukan dimana posisi tombol power.
  • BIasanya Asus meletakan tombol power pada keyboard laptop.
  • Lepaskan tombol power.
  • Temukan Pin di bawah tombol, bIasanya berisi 3 hingga 6
  • SIapkan sebuah kawan untuk dijadikan sebagai penghubung pin.
  • SedIakan konduktor seperti obeng laptop.
  • Laptop Anda akan menyala apabila kawat dan konduktor dihubungkan.

Baca : Pengertian Desktop Adalah? Ini Dia Penjelasan Fungsi dan Kelebihannya

Tips dari Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Baik dan Benar

Untuk menghidupkan sebuah laptop, yang terpenting adalah persIapan dan kesabaran Anda. Ia juga membutuhkan waktu untuk membuat semua sistemnya berjalan sebelum digunakan. Karena opsi yang dipilih adalah turn on, otomatis harus melakukan pra-muat dari awal. Begini tipsnya:

1. Sumber Daya

Karena laptop adalah perangkat yang tidak perlu dIaliri listrik secara terus menerus, baterai adalah penggantinya, ada yang bisa dilepas dan ditanam. Pastikan kondisi dayanya sudah mencukupi untuk kemudIan dinyalakan.

Apabila ternyata baterai sedang habis, lebih baik untuk menyalakannya setelah penuh. Alasanya karena Ia akan terisi dengan sempurna ketika laptop dalam keadaan mati. Menyalakannya sambil mencharger kemungkinan dapat merusak sirkuit, bisa menyebabkan kebocoran.

2. Cukup Pencet Satu Kali Saja

Tombol power adalah cara menghidupkan laptop Asus paling utama. Selain fungsi turn-on, juga turn-off dan restart. BIasanya, jika Anda memencet daya lebih dari satu kali, maka Ia akan kembali mati bukannya hidup. Sedangkan terlalu lama makanannya akan menjalankan perintah muat ulang.

SetIap laptop punya karakteristiknya sendiri-sendiri, seperti butuh berapa lama untuk melakukan booting. Banyak faktor yang bisa menyebabkan waktu lama saat perangkat melakukan pra-muat awal. Seperti, keadaan storage, kondisi RAM, hingga keberadaan virus.

3. Menunggu Sistem

Apakah Anda adalah tipikal orang yang tidak sabaran ketika menggunakan sebuah perangkat elektronik? Cobalah untuk menghilangkan kebIasaan langsung tancap gas setelah layar laptop Anda menunjukan desktop utama. Semua sistem perlu bersIap-sIap sebelum digunakan.

Ada baiknya mendIamkan perangkat setelah dinyalakan selama 2-5 menit. Tujuan, agar semua sistem dan software melakukan muat ulang juga. Mereka perlu menyadarkan diri setelah dihidupkan kembali. Bisa klik refresh atau F5, apabila sudah berjalan lancar, silahkan mulai gunakan perangkat.

Baca : Beberapa Cara Menghidupkan Laptop yang Mati Dan Sleep

Sebab Tombol Daya Tidak Berfungsi

Semua perangkat punya cara menghidupkan laptop Asus yang sama, yaitu dengan menekan tombol power. Karena seringnya ditekan layaknya keyboard, Ia juga bisa mengalami kerusakan. Namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain mengapa tidak bisa dinyalakan.

1. Kebocoran pada Baterai Laptop

Alasan ini merupakan yang paling umum terjadi karena kerusakan pada sel-sel baterai sehingga Ia tidak mampu mengalirkan daya ke laptop. Meskip Anda menekan-nekan tombol daya berkali-kali, jika memang komponen tersebut tidak sanggup menyuplai listrik, laptop tetap tidak akan menyala.

Solusi untuk masalah tersebut adalah, dengan melepas baterai dan mengganti aliran listriknya dari charger bawaan. Sayangnya untuk cara ini akan membuat laptop Anda akan rusak seiring berjalannya waktu karena terjadi konsleting. Lebih baik untuk mengganti sumber dayanya saja dengan yang baru.

2. Tombol Power Rusak

Kemungkinan kedua kenapa laptop Anda tidak mau hidup padahal sudah menekan tombol daya, karena memang sudah surak. Seperti yang sudah diketahui, Ia memiliki tingkatan pin, ada sebanyak 3 hingga 6 untuk menyalakan semua fungsi dan sistem pada laptop.

Ada cara untuk menjalankannya tanpa harus menekan tombol power, yaitu dengan membongkar tombol power dan mengalir melalui konduktor. Namanya juga cara instan, hal tersebut juga dapat beresiko seperti kerusakan sistem lainnya.

Baca : Harga Komputer Bekas 1 Set Komplit

Penutup

Cara Menghidupkan Laptop Asus yang baik dan benar dapat membuat usIa pakai laptop lebih panjang. Selain itu, membuat semua sistem, software, dan hardware terawat. Apalagi baterainya, masa pakai bisa lebih lama karena terhindar dari kebocoran. Mungkin sampai situ dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel TeknoApps berikutnya.