10+ Perangkat Komputer yang Tak Banyak Orang Tahu!

Perangkat Komputer

Perangkat Komputer – Komputer adalah sebuah teknologi yang saat ini sangatlah bermanfaat dan banyak membantu aktifitas manusia. Namun kebanyakan dari mereka mungkin hanya paham dua jenis perangkat komputer saja yang sering ditemui.

Dua jenis perangkat komputer yang dimaksud ini adalah komputer biasa, dan juga komputer jinjing atau lebih dikenal dengan nama laptop.  Namun taukah kamu jika sebenarnya masih ada perangkat lain yang masih keluarga komputer? Berikut ini akan kami berikan ulasannya.

Komputer Adalah

Jika menyebut nama komputer pastinya yang ada dipikiran seseorang adalah sebuah perangkat dengan memiliki alat pendukung seperti CPU, Monitor, Keyboard, dan Mouse. Dimana alat ini mungkin cukup merepotkan jika harus di pindah-pindah.

Pasalnya semua alat ini saling terhubung dengan kabel, sehingga kamu harus melepaskan semuanya terlebih dahulu sebelum memindahkannya. Untuk kamu yang merupakan technology enthusiast, mungkin beberapa jenis perangkat komputer ini perlu kamu ketahui dan cukup menarik.

Pasalnya seriring perkembangan waktu banyak sekali jenis komputer yang berhasil diciptakan sehingga menjadikan sebuah perangkat baru. Penasaran apa saja jenis perangkat komputer tersebut? langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

14 Jenis Perangkat Komputer Dan Sejarahnya

Memang benar ada sebanyak itu perangkat komputer di dunia? Ya memang itu adanya, dan kemungkinan masih bisa bertambah lagi seiring perkembangan teknologi mendatang. Deretan perangkat keras komputer ini pastinya memiliki komponen yang berbeda-beda, tergantung dari bentuk dan kegunaannya.

Nah untuk menambah wawasan kamu tentang dunia komputer ini, maka silahkan simak ulasan tentang jenis komputer dengan fungsinya berikut.

1. Komputer Pribadi

Perangkat komputer yang pertama kali ini adalah komputer pribadi atau bisa juga disebut dengan personal komputer (PC).  Sesuai namanya, jika komputer ini memang dirancang secara khusus untuk pemakaian pribadi dengan spesifikasi yang masih umum.

Perangkat ini pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer sebab menjadi komputer lengkapi namun dibangung dalam skala kecil. Pada tahun 1981  menjadi kemunculan awal perangkat PC tersebut oleh perusahaan teknologi IBM, dimana perangkat tersebut hadir dengan menggunakan sistem operasi Microsot – MS DOS.

Setelah itu perusahaan Apple langsung meluncurkan pesaingnya bernama Lisa, dimana ini PC pertama dengan memiliki tampilan layar yang lebih canggih lagi. Sejak saat itu, perkembangan teknologi pun semakin meningkat dengan dibarengi meningkatnya kemampuan komponen seperti Prosesor maupun RAM.

Dengan begitu membuat kemampuan dari komputer ini pun jadi meningkat pesat bahkan di tahun 1986 perusahaan Compaq meluncurkan CPU 32-bit, lalu Intel pun berhasil mengalahkannya dengan mencatatkan sejarah teknologi komputer lebih maju dengan prosesor Pentium miliknya.

2. Komputer Desktop

Sekilas memang hampir mirip dengan komputer pribadi, hanya saja untuk komputer dekstop ini menawarkan lebih banyak penyimpanan, daya, kemampuan, serta harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan komputer portabel atau laptop.

Jenis perangkat komputer yang satu ini sangat laris-manis pada tahun 90an, dimana saat itu harga laptop melambung sangat tinggi dipasaran. Namun kini harga dari komputer dekstop jauh lebih murah jika dibandingkan awal kali kedatangannya dulu, meskipun begitu saat ini peminat dari perangkat ini sepi mengingat perkembangan laptop dan smartphone yang mendominasi.

3. Laptop

Jenis komputer selanjutnya ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian, dimana bahkan sudah banyak diperjual belikan diberbagai platform. Sekilas fungsi dari laptop ini sama dengan komputer pada umumnya, namun komponen hardware didalam laptop seperti layar, keyboard, prosesor, memori, dan lain sebagainya ini memakai sumber daya dari baterai.

Dengan begini, maka pengguna pun tidak selalu tergantung dengan sumber listrik selama daya baterai dan kondisi baterainya masih baik. Awal kali laptop ini dikomersialkan bentuknya jauh dari kata ramping seperti yang sering kamu temui saat ini, namun sang produsen pun bergerak cepat memperbaiki tampilan dari laptop tersebut dengan desain yang lebih ramping serta teknologi canggih.

Namun hal itu dibarengi dengan harga laptop yang lebih mahal, meskipun tidak semahal awal kedatanannya dulu. Prinsipnya, semakin tipis atau slim dari laptop tersebut maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Perangkat komputer ini sendiri seringkali disebut dengan Notebook. Lantas apa bedanya dengan netbook? Sebenarnya kedua perangkat ini sama-sama sebuah komputer portabel, hanya saja yang membedakannya adalah segi ukuran.  Ukuran Notebook ini lebih besar dibandingkan netbook, dimana laptop ini memiliku ukuran sekitar 18 inch serta memiliki bobot sekitar 1-6 kg.

Untuk netbook ini sendiri memang dibuat lebih ringan dari notebook/laptop, dan umumnya harga netbook juga lebih murah. Namun ada juga netbook yang dijual dengan harga mahal jika ia masuk kedalam kelas high-end serta memiliki spesifikasi mumpuni.

4. Netbook

Seperti yang disinggung diatas tadi, jika netbook ini juga masuk dalam kategori komputer portabel namun punya ukuran lebih kecil dari laptop. Banyak orang yang lebih memilih netbook ini selain ukurannya yang kecil sehingga mudah disimpan, juga harganya lebih terjangkau dari laptop.

Namun harga yang lebih terjangkau itu membuat hardware yang dimiliki oleh Netbook ini tergolong sederhana, sehingga kamu tidak bisa memaksanya bersaing dengan laptop. Netbook ini pertama kali hadir di tahun 2007 lalu diperuntukkan mengakses internet maupun aplikasi berbasis web guna menunjang aktifitas pengguna.

Netbook ini memiliki ukuran layar kecil, dibawah 18 cm dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas pula, yakni sekitar 64 GB maksimal.Bentuknya yang sangat minimalis, membuat produsen biasanya tidak menyediakan banyak ruang USB atau HDMI seperti yang tersedia pada laptop.

5. Komputer Server

Sesuai namanya, perangkat komputer yang satu ini memiliki karakteristik yang unik jika dibandingka dengan jenis komputer lain. Teknologi yang dimasukkan kedalam komputer server ini sudah dioptimalkan supaya bisa bisa memberikan layanan pada komputer lain melalui sebuah jaringan.

Sebagai sebuah server, maka jenis komputer ini dibekali dengan hardware yang sangat tangguh didalamnya. Mulai dari prosesor yang kuat, kapasitas memori dan juga hard driver dengan kapasitas yang sangat besar.

Namun jangan pernah kamu samakan komputer server ini dengan PC ataupun laptop, dimana ia tidak digunakan untuk mengerjakan tugas yang ringan seperti mengetik atau menonton konten. Tugas utama dari perangkat komputer ini adalah menyediakan daya komputer dengan menggunakan internet maupun jaringan area lokal.

Siapa biasanya yang menggunakan komputer server ini? umumnya komputer jenis ini digunakan dalam sebuah perusahaan untuk memberikan informasi, memproses pesanan, melacak pengiriman, atau mengolah data yang masuk ke perusahaan, dan masih banyak lagi. 

6. Workstation

Perangkat komputer selanjutnya ini memiliki nama Workstation, dimana jenis komputer ini hampir mirip dengan komputer server namun berbeda fungsinya. Komponen komputer yang ada didalam Workstation ini juga telah ditingkatkan, seperti dukungan prosesor lebih kuat, kapasitas memori yang lebih besar, kartu grafis kelas atas, serta sejumlah kemampuan didalamnya yang sudah ditingkatkan.

Nah semua itu dilakukan karena Workstation ini memang memiliki tugas khusus seperti keperluan grafis 3D maupun pengembangan game. Dari bentuk fisiknya, memang Workstation ini memiliki tampilan seperti komputer biasa namun kemampuannya yang lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan user.

Umumnya mereka yang menggunakan perangkat komputer ini adalah sebuah perusahaan tehnik maupun perusahaan yang bergerak di bidang multimedia. Dengan komponen hardware yang kelas atas, maka tidak mengherankan jika banderol harga workstation ini sangat tinggi.

7. Mainframe

Jika workstation atau komputer server ini merupakan paling canggih, maka tunggu sampai kamu melihat Mainframe. Ukuran dari perangkat komputer ini sangatlah besar, bagkan bisa memenuhi seluruh ruangan atau bahkan satu lantai khusus sebagai tempat dari Mainframe tersebut.

Umumnya perusahaan besar yang menggunakan Mainframe ini untuk memproses jutaan transaksi mereka setiap harinya. Mainframe ini pertama kali muncul pasca Perang Dunia II, dimana saat itu Deparetemen Pertahanan AS berusaha untuk meningkatkan energinya guna memerangi Perang Dingin.

Saat itu padahal komputer server sudah sangat terkenal, namun Mainframe ini masih tetap saja sangat dikamulakn karena kemampuanya yang bisa menyimpan dan mengolah database terbesar dan komplek di dunia. Bahkan keberadaan perangkat komputer ini bisa membantu untuk mengamankan transaksi sensitif, seperti pembayaran selular hingga informasi perusahaan yang sifatnya sangat rahasia.

8. Superkomputer

Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa membayangkan bagaimana kemampuan dari perangkat komputer tersebut? dengan menggunakan nama Superkomputer, maka komponen komputer didalamnya sudah sangat tangguh dan memiliki kinerja tinggi.

Superkomputer ini berbeda dengan mainframe, meskipun keduanya memiliki kesamaan memakai daya komputasi yang luar biasa dalam proses perhitungan ilmiah dan industri paling intensi di dunia. Dengan kemampuan yang sangat hkamul, membuat Superkomputer ini bisa menyelesaikan pekerjaan yang mungkin membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan dengan sistem lain.

9. Rugged Laptop

Perangkat komputer selanjuntya kali ini bernama Rugged Laptop. Sebenarnya ini adalah komputer portabel atau laptop yang dirancang secara khusus supaya tetap bisa digunakan untuk bekerja dalam kondisi ekstream.  

Dimana laptop ini secara umum diperuntukkan bagi mereka yang bekerja di tempat yang penuh goncangan, potensi getaram, benturan, cuaca esktream ,maupun resiko terkena air. Bahkan para pekerja pemadam kebakaran hingga militer menggunakan Rugged Laptop ini untuk kepentingan mereka.

Laptop ini didesain dan sudah mendapatkan pengujian untuk bisa digunakan dalam berbagai masalah ekstream, dan tidak heran jika Rugged Laptop ini mendapatkan sertifikat IP65 yang membuatnya tahan air dan dan debu. Salah satu Rugged Laptop yang ada di dunia saat ini adalah Dell Latitude 14 Rugged Extreme.

10. PC Tablet

Ini adalah perangkat komputer yang memiliki bentuk layaknya buku, sehingga membuatnya gampang banget untuk kamu bawa kemanapun. Tablet ini dilengkapi dengan monitor yang berteknologi touchscreen serta punya stilus pen yang bisa digunakan untuk kontrol layar.

Umumnya PC Tablet ini memiliki ukuran layar tidak begitu besar, yakni 7 inch. Memang fungsinya  adalah untuk beraktifitas ringan seperti menulis. Browser, maupun kegiatan mudah lainnya. Yang menariknya lagi, saat ini PC Tablet sudah berkembang dan tidak memakai OS Windows, melainkan Android dan iOS yang membuatnya memiliki dukungan banyak aplikasi nanti.

11. PDA

Personal Digital Assistant atau lebih mudah disingkat PDA adalah perangkat komputer dengan ukuran kecil sehingga membuatnya mudah untuk dibawah kemanapun.  Pada awal kedatangannya, PDA ini dipakai untuk pengorganisir pribadi lalu seiring perkembangan zaman kemampuan PDA ini pun ditingkatkan.

Dimana PDA sekarang sudah memiliki fungsi lain dengan dukungan fitur seperti jam dan waktu, kalkulator, permainan komputer, akses internet, dan masih banyak lagi. Palm Top menjadi sebuah komputer yang mirip dengan PDA dan sudah dilengkapi dengan teknologi nano komputer serta IC.

12. Wearable Komputer

Perangkat komputer yang satu ini mungkin juga cukup sering kamu temui namun tidak menyadarinya, dimana Wearable Komputer ini berbeda dengan jam tangan meskipun keduanya sama-sama menempel di pergelangan tangan.

Sebenarnya konsep dari Wearable Komputer ini sudah ada sejak lama, yakni mulai tahun 1960an yang diterapkan dalam sebuah film seperti Star Trek, Star Wars, serta sejumlah film dengan konsep teknologi ditahun 90an.

Dan saat ini, Wearable Komputer ini sudah banyak diproduksi oleh perusahaan teknologi, beberapac contohnya seperti smartwatch, iPod, Google Lens, Smart Control, dan masih banyak lagi.

13. Komputer Genggam

Perangkat komputer ini sebenarnya sangatlah populer, dan bahkan banyak dari mereka yang menggunakannya namun tidak sadar. Nama lain dari komputer genggam ini adalah smartphone, dimana jenis komputer ini memang kebanyakan tidak memakai keyboard dan mouse namun digantikan keberadaan layar sentuh.

Kenapa bisa disebut sebagai komputer genggam? Pasalnya kemampuan dari perangkat ini memang mirip dengan komputer dekstop, bahkan ada beberapa file yang kompatibel pada kedua perangkat tersebut. 

Bahkan saat ini banyak smartphone baru yang didukung dengan kapasitas memori besar untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna. Kelebihan dari perangkat ini adalah ukurannya yang kecil sehingga memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.

14. All in One PC

Dan perangkat komputer terakhir kali ini adalah All in One PC. Dimana desain dari PC ini memang dibuat sangat ringkas, tiga komponen utama dari komputer ini pun dijadikan satu salah sebuah casing di monitor.

Karena hal tersebut, membuat All in One PC ini dinilai lebih praktis dan sifatnya portable. Tiga komponen utama didalam All in One PC ini diantaranya adalah Monitor, input device (berupa keyboard dan mouse), serta mesin komputer (CPU, motherboard, RAM, VGA, dll).

All in One PC ini memiliki ciri khas dengan dukungan layar Flat, namun seiring waktu berjalan saat ini layr dari jenis komputer ini makin tipis lagi namun dengan dukungan spesifikasi yang lebih mumpuni. Teknologi terbaru yang ada di perangkat komputer tersebut adalah touchscreen yang memungkinkan pengguna tidak keyboard dan mouse fisik lagi nantinya.

Dibalik kemampuan canggihnya tersebut, pasti All in One PC ini memiliki kekurangan yang layak untuk dijadikan bahan pertimbangan saat kamu ingin membelinya. Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan All in One PC yang perlu kalian ketahui.

Kelebihan All in One Pc

  • Mudah untuk dipindahkan karena bobotnya ringan
  • Tidak membutuhkan banyak ruang karena sifatnya portable
  • Kinerjanya tidak kalah dengan PC Dekstop
  • Punya banyak pilihan dan gampang digunakan

Kekurangan All in One PC

  • Jika ingin melalukan upgrade susah, berbeda dengan dekstop PC yang mudah untuk mengganti Ram, Prosesor, dan Motherboard
  • Gampang panas, apalagi jika digunakan main game dengan durasi lama
  • Harganya cukup mahal

Penutup

Nah itu tadi sedikit ulasan dari TeknoApps tentang jenis-jenis perangkat komputer yang harus kalian ketahui, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.