Biar Makin Tahu, Yuk Kenalan Dengan Bagian Bagian Komputer ini!

Bagian Bagian Komputer

Jika berbicara tentang bagian bagian komputer ini tentunya sangatlah banyak yang dibahas, karena didalam komputer ini memiliki banyak sekali komponen yang dijadikan dalam satu.  Komputer ini sendiri merupakan perangkat multifungsi yang bisa digunakan dalam berbagai aktifitas penggunannya.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas ulasan tentang bagian bagian komputer yang wajib kalian pahami. Selain untuk menambah wawasan, juga sangat penting diketahui supaya ada masalah error didalam komputer anda bisa mengatasinya nanti.

Jenis Komputer

Jika berbicara mengenai jenis komputer ini pastinya sangatlah banyak tersebar diseluruh dunia, dan semuanya ini memiliki fungsi dan kemampuan masing-masing sesuai kebutuhan. Namun yang paling umum kalian temui pasti adalah komputer yang digunakan untuk mencetak dokumen, menulis, dan bermain game atau internet.

Padahal ada komputer yang berguna sebagai server, dan juga ada komputer yang berfungsi untuk membuat sebuah game dengan spesifikasi kelas tinggi. Apapun itu, secara garis besar komputer ini terbagi menjadi dua jenis, yakni portabel dan desktop.

Untuk komputer portabel ini bisa berupa laptop, netbook, tablet, maupun smartphone. Sementara untuk komputer desktop ini model komputer yang memiliki banyak perangkat pendukung dan biasanya diletakkan diatas meja. Karena ukurannya yang besar dan memiliki banyak komponen pendukung, membuat perangkat ini sedikit repot jika harus dipindah-pindah.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bagian bagian komputer dekstop untuk kalian semua untuk menambah wawasan nanti. Penasaran apa saja? simak ulasannya di bawah ini.

Apa Saja Sih Bagian bagian Komputer Tersebut?

Bagian bagian komputer ini sangatlah banyak dan detail, dimana setiap hardware ini memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Dimana semuanya ini nanti menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan, sehingga jika ada masalah pada satu komponen komputer biasanya akan berpengaruh pada komponen lainnya.

Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita ingin mengajak kamu untuk berkenalan dengan berbagai bagian bagian komputer tersebut dan beragam fungsinya. Biar menambah wawasan dan bisa paham jika diajak berbicara mengenai komponen PC dengan orang lain. 

Baiklah langsung saja mulai apa saja komponen komputer yang perlu kalian ketahui nama dan fungsi dari hardware tersebut.

Casing Komputer

Bagian bagian komputer pertama adalah case atau casing dari komputer tersebut, seringkali dilupakan namun komponen ini sangatlah penting karena menjadi rumah dari komponen PC untuk melakukan setiap tugasnya.

Ada dua jenis casing box di setiap PC, baik yang berbahan plastik maupun berbahan metal. Namun berbeda dengan jenis PC All In One dimana casing komputernya didesain sangat ringkas dan bahkan langsung menyatu di layar monitornya.

Selain sebagai rumah, keberadaan casing ini juga bisa melindungi bagian bagian komputer yang sangat penting seperti RAM, Motherboard, prosesor, dan lain sebagainya dari debu maupun air yang bisa saja merusaknya nanti.

Power Supply

Power Supply Unit taua PSU ini menjadi komponen yang berperan penting untuk mengkonversi listrik arus AC menjadi DC dengan voltase rendah. Dengan begini, power supply ini menjadi pembagi sumber daya untuk bagian bagian komputer didalam Device prosessing.

Tanpa adanya power supply ini, maka komponen didalam komputer tidak akan mendapatkan sumber daya sehingga mereka tidak bisa beroperasi sebagaimana mestinya. Karena komponen komputer ini butuh aliran listrik untuk bisa bekerja, jadi jika power supply bermasalah maka komputer pun tidak akan bisa menyala.

Motherboard

Motherboard atau papan sirkuit ini menjadi komponen utama didalam komputer, dimana papan sirkuit ini jadi rumah dari beberapa bagian bagian komputer penting seperti CPU, RAM, Hardisk/SSD, CD/DVD ROM, dan berbagai port maupun slot ekspansi didalamnya.

Prosesor / CPU

Perangkat keras komputer yang satu ini juga bisa menjadi otak komputer, karena ia yang memproses setiap tugas perintah yang diberikan oleh para user. Nah biasanya prosesor ini ditemani oleh sebuah PC Cooler atau kipas angin untuk mencegah terjadinya panas berlebih (overheat).

Pasalnya jika CPU diminta bekerja terlalu keras dengan kurun waktu yang lama, maka suhunya bisa meningkat dan jika hal itu dibiarkan terus berlanjut maka dikhawatirkan prosesor terbakar, sehingga komputer pun tidak bisa digunakan. Karena biasanya jika ada satu bagian bagian komputer yang error, maka akan berimbas ke komponen lain juga.

Chipset

Fungsi dari chipset ini adalaha menjadi penghubung antara CPU dengan komponen lainnya didalam komputer, seperti RAM.

RAM 

Random Access Memory atau biasa disebut dengan RAM ini berfungsi menjadi penyimpanan data dan berbagai proses sementara supaya nantinya bisa diproses lebih cepat oleh CPU, maupun bagian bagian komputer lainnya. Penjelasan singkatnya adalah, RAM ini membantu CPU ketika pengguna ingin membuka aplikasi yang sama diwaktu itu juga, dan data didalam RAM ini bakalan terhapus ketika anda mematikan komputer.

Dengan begini, maka semakin besar kapasitas RAM yang anda miliki maka semakin besar pula penyimpanan sementara miliknya, sehingga akan menampung banyak aplikasi yang bisa dijalankan dengan durasi yang lebih cepat saat membukanya.

Kartu Grafis

Kartu grafis atau bahasa kerennya VGA ini menjadi bagian bagian komputer yang bertanggung jawab untuk memberikan kualitas grafis.  Beberapa pengguna ini kebanykana lebih memanfaaatkan kartu grafis yang menjadi bawaaan dari komputer miliknya karena ini sudah cukup mumpuni untuk memenuhi aktifitas sehari-hari.

Namun bagi mereka yang seorang gamer, desainer grafis, maupun animator, pasti membutuhkan kartu grafis dengan kapasitas besar dan kemampuan diatas rata-rata untuk mendukung aktifitasnya tersebut agar bisa maksimal.

ROM

Untuk anda yang sudah terbiasa melakukan install ulang komputer, pastinya sudah tidak asing dengan nama Bios. Nah firmware Bios ini memiliki tempat penyimpanan yang disebut ROM (Read Only Memory), letaknya juga masih berada di motherboard.

Namun saat ini banyak komputer baru yang sudah meningalkan BIOS ini, dimana mereka sudah berpindah ke teknologi yang lebih canggih lagi yakni UEFI.

Baterai CMOS

Komponen berukuran kecil ini mungkin sering terlupakan keberadaannya, ia adalah Baterai CMOS yang menjadi sumber daya bagi chip BIOS. Dengan begini maka pengaturan BIOS ini untuk jam dan tanggalnya tetap berjalan meskipun komputer anda dimatikan.

Bus

Ini merupakan slot yang tersedia didalam motherboard, dimana fungsinya adalah untuk menghubungkan kartu grafis (VGA) maupun sound card kedalam komputer.

Sound Card

Setiap anda membli komputer jadi, pastinya memiliki sound card ini didalamnya karena berfungsi untuk memperoses suara. Namun terkadang beberapa pengguna menggantinya dengan niatan untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih mantap lagi pada perangkat komputer miliknya.

Terdapat tiga jenis Sound Card yang saat ini bisa digunakan tergantung dari pemasangannya, yakni Onboard, Offboard, serta eksternal. Sound Card berjenis onboard ini sudah otomatis terpasang didalam perangkat komputer, lalu untuk jenis offboard ini nantinya dipasang pada slot ISA/PCI di motherboard. Sementara untuk jenis souncard eksternal ini dipasang khusus menggunakan USB dan diletakkan pada port eksternal.

Hardisk / SSD

Hardisk ini juga menjadi bagian bagian komputer yang tidak boleh terlupakan, karena disinilah tempat anda untuk menyimpan file-file pribadi maupun aplikasi didalam komputer tersebut. Selain menggunakan Hardisk konvensional, sekarang ini banyak dari para user menggunakan SSD (Solid State Drive) terutama pengguna laptop maupun netbook. 

Alasannya adalah, SSD ini memiliki kecepatan baca/tulis yang lebih baik dibandingkan Hardisk. Selain itu konsumsi daya dari SSD ini juga lebih hemat karena perangkat ini tidak memakai komponen mekanik didalamnya.

Optical Drive

Sebenarnya komponen Optical Drive atau bisa disebut sebagai CD/DVD Room ini memiliki peranan sangat penting, dimana perangkat ini bisa digunakan untuk membaca dan menulis data dari CD/DVD. Jika didalam komputer mungkin anda masih sering menemukannya, namun pada perangkat laptop atau Netbook terbaru saat ini sudah jarang ditemui.

Pasalnya ukuran dari optical drive ini yang cukup besar, menjadikan ambisi dari berbagai vendor untuk menciptakan sebuah laptop dengan bodi slim pun bisa terganggu karena ada komponen tersebut. Jadi untuk melakukan burn CD / DVD anda bisa mencari laptop keluaran lama atau menggunakan PC saja nanti.

Keyboard

Keyboard atau papan ketik ini  menjadi input device atau perangkat masukkan didalam komputer. Dimana dengan keyboard inilah anda bisa memasukkan teks maupun perintah kedalam komputer untuk nanti lanjut di proses oleh CPU.

Mouse

Bagian komputer ini memiliki peran sangat penting untuk anda yang memakai PC dalam bekerja, karena tanpa adanya mouse ini maka anda tidak akan bisa menggerakkan pointer didalamnya. Meskipun masih bisa menggunakan keyword, namun cara ini sangat tidak efektif karena prosesnya yang sangat lama.

Selain menggerakkan pointer, mouse ini juga dijadikan untuk memilih berbagai menu didalam komputer maupun membuka menu option didalamnya. Mouse juga bisa digunakan untuk melakukan Zoom in dan Zoom Out ketika anda membuka sebuah web browser.

Ada dua jenis mouse yang bisa anda temui saat ini, yaitu Mouse jenis USB dan juga Mouse Wirelles. Untuk mouse USB ini menggunakan kabel dengan panjang kurang lebih 1 meter, lalu dibagian ujungnya terdapat USB sebagai konektor di PC.

Sementara untuk mouse wirelles ini tidak memakai kabel, namun untuk terhubung dengan PC menggunakan koneksi Bluetooth.

Monitor

Selain CPU atau Prosesor, bagian bagian komputer yang tidak kalah penting karena nantinya tanpa anda monitor anda tidak akan bisa menjalankan PC. Pasalnya monitor ini akan menampilkan grafis dari komputer tersebut, anda bisa menjalankan setiap perintah didalam komputer dengan bantuan monitor ini.

Didalam CPU pasti terdapat banyak sekali program didalamnya, jika tidak ada monitor anda tidak akan bisa menjalankannya karena tidak ada visualisasi tentang apa yang ingin anda kerjakan tersebut.

Ada dua jenis monitor yang perlu anda ketahui, yakni Carthode Ray Tube (CRT) serta model Liquid Crystal Display (LCD). Sekarang ini banyak pengguna yang lebih memilih jenis monitor LCD karena lebih hemat ruang dan mudah dibawa, dibandingkan model CRT atau tabung yang memakan banyak tempat. 

Penutup

Cukup sekian dulu ulasan dari TeknoApps kali ini tentag bagian bagian komputer, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda.