Kenali Apa Saja Perbedaan Power Supply TX Dan ATX

Perbedaan Power Supply TX dan ATX

Power Supply adalah Hardware komponen elektronika, sejauh ini masih ada banyak orang yang belum memahami akan perbedaan power Supply TX dan ATX. Meskipun keduanya memiliki fungsi utama yang sama, namun terdapat beberapa aspek berbeda di dalamnya. Untuk lebih paham, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Perbedaan Power Supply TX dan ATX Berdasarkan Pengertian

Perbedaan power Supply TX dan ATX yang pertama bisa diambil berdasarkan pengertian atau definisinya. Sebab, keduanya mempunyai berbagai faktor pembeda agar bisa Anda mengerti dan membedakannya. Oleh karena itu, simak ulasannya berikut ini.

1. Pengertian Power Supply ATX

Perbedaan power Supply TX dan ATX yang pertama yaitu berdasarkan pengertiannya. dasarnya, catu daya jenis ATX merupakan generasi terbaru. Dengan kata lain hasil dari pengembangan versi sebelumnya. Alhasil ada berbagai macam aspek yang jadi pembeda.

Selain itu, hal tersebut juga yang membuat penerapan pada perangkat elektronika terutama komputer ikut berbeda. Umumnya, power Supply ATX digunakan oleh PC pentium III ke atas. Kemudian dalam satu set kabel terdapat 20 pin (minimal) dan terdapat power switch.

2. Pengertian Power Supply TX

Perbedaan Power Supply AT dan ATX selanjutnya yaitu dengan memahami definisi PS TX. Jenis ini merupakan power Supply generasi lama atau terdahulu. Hal ini tentu menjadi pembeda yang sangat signifikan. Bahkan penerapannya pun masih pada PC pentium I.

Power Supply TX memiliki kabel yang terhubung langsung ke Motherboard dengan jumlah pin berkisar 6. Selain itu, terdiri dari 2 konektor yaitu P8 dan P9. Aspek lainnya yang begitu menonjol ialah, dibagian tombol power on/off dan tersambung ke chasing komputer.

Baca : Perangkat Keras Komputer : Detail Lengkap Hardware Laptop dan Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Perbedaan Power Supply TX Dan ATX Berdasarkan Ciri

Perbedaan power Supply TX dan ATX juga dapat Anda ketahui melalui ciri-cirinya. Pasalnya, kedua catu daya tersebut memiliki karakter yang berbeda sebagai bentuk pembedanya. Berikut beberapa perbedaannya.

1. Perbedaan Dari Sisi Tombol Power

Perbedaan power Supply TX dan ATX yang bisa Anda lihat secara langsung berdasarkan Cici ialah dari sisi penerapan tombol power. Dimana power Supply ATX memiliki Power Button yang sudah tersambung ke sistem. Dengan begitu tidak perlu lagi menekan secara manual.

Tombol power ATX sudah diatur oleh operting sistem secara otomatis. Sedangkan pada catu daya TX memiliki button yang terpasang pada chasing PC sehingga masih bekerja manual. Hal ini merupakan perbedaan power Supply TX dan ATX yang paling bisa dikenali.

2. Perbedaan Jumlah Pin dan Pemasangan Kabel

Perbedaan power Supply TX dan ATX selanjutnya yaitu terlihat berdasarkan jumlah pin-nya. Dimana masing-masingnya memiliki hitungan yang berbeda yang langsung terhubung ke Motherboard. Pada power Supply TX pin yang dimiliki adalah 12 sedangakan ATX 20 Pin.

Proses pemasangannya pun menjadi perbedaan power Supply TX dan ATX yang dapat diketahui. Pada jenis TX terdiri dari dua konektor yaitu P8 dan P9 serta perlu kehati-hatian agar tidak terbalik. Sedangkan ATX telah disesuaikan dengan port Motherboard.

Baca : Fungsi Kabel Power CPU yang Perlu Anda Pahami

3. Perbedaan Penerapan dan Kapasitas Daya

Perbedaan power Supply TX dan ATX selanjutnya yaitu berdasarkan penerapannya. Dimana TX diterapkan pada komputer generasi lama seperti Pentium 1, XT dan MT. Sedangkan ATX kini di gunakan pada PC pentium 3 ke atas.

Kapasitas daya pun menjadi salah satu perbedaan power Supply TX dan ATX. Dimana TX berkapasitas yang tidak lebih dari 250 watt. Sedangkan ATX memiliki daya yang bisa dikatakan lebih besar. Hal itu dikarenakan menyesuaikan kebutuhan PC gen terbaru.

Penutup

Itulah tadi pembahasan dari TeknoApps mengenai beberapa perbedaan power Supply TX dan ATX. Dengan begitu kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk membedakannya. Terlebih, kedua power Supply tersebut memiliki perbedaan dalam hal penerapannya pada perangkat elektronika.