Mengenal Fungsi dari Power Supply Komputer

Power Supply komputer

Power Supply komputer merupakan bagian yang sangat penting untuk menjalankan perangkat tersebut. Perannya begitu krusial dalam mengoperasikan terutama perihal kelistrikan. Sebab, fungsinya adalah mengarahkan energi listrik agar dapat digunakan.

Memahami Tentang Pengertian Dan Cara Kerja Power Supply Komputer

Sebelum membahas power Supply komputer semakin jauh, tentu sebaiknya ketahui dulu tentang beberapa hal pentingnya. Sebab, komponen tersebut memiliki peran yang sangat krusial terutama dalam suplai energi. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pengertian Power Supply

Power Supply adalah sebuah perangkat catu daya yang ada di dalam PC. Perannya ialah menyuplai atau memberikan energi listrik ke berbagai komponen yang membutuhkan. Masing-masingnya disuplai daya sesuai dengan kebutuhan part atau bagian.

Bukan hanya sekedar menyuplai saja, peran power Supply komputer juga guna mengubah arus listrik AC jadi DC. Lalu barulah daya tersebut akan dikirimkan atau diterkas ke komponen komputer. Beberapa diantaranya yaitu Hardisk, Motherboard, CD rom dan lainnya.

2. Cara Kerja Power Supply Komputer

Secara prinsip, power Supply komputer bertugas untuk melakukan pemeriksaan dengan cara mengetes arus listrik. Proses tersebut berlangsung sebelum energinya diteruskan ke berbagai komponen. Dengan begitu, setiap part yang ada mendapatkan daya sesuai kebutuhan.

Setelah proses tersebut berlangsung, maka power Supply komputer akan memberikan informasi atau sinyal. Jika tidak terjadi masalah, maka komputer segera menyala seperti biasanya. Begitu juga sebaliknya apabila teridentifikasi suatu kerusakan pada perangkat.

Berbagai Fungi Power Supply Komputer Berdasarkan Jenis

Power Supply komputer atau juga disebut dengan PSU (power Supply unit) merupakan bagian terpenting bagi PC. Peran berguna untuk menyuplai energi ke seluruh perangkat atau part yang membutuhkan. Namun selain itu ada fungsi power supply lainnya, berikut ulasannya.

1. Konektor 20/24 Pin ATX Motherboard

Motherboard merupakan bagian terpenting dalam komputer. Keberadaannya memungkinkan komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Namun part ini juga membutuhkan suplai energi listrik agar mampu bekerja dengan baik dan disinilah peran power Supply komputer.

Konektor 20/24 Pin ATX Motherboard merupakan konektor yang menghubungkan secara langsung ke Motherboard komputer. Kegunaannya adalah memberikan energi atau daya listrik dalam perangkat tersebut. Energi yang dihasilkan sudah pasti berasal dari power Supply.

2. Konektor 4/8 Pin 12 V

Jika Konektor 20/24 ATX digunakan untuk mendukung kinerja Motherboard, maka berbeda dengan konektor 4/8 Pin 12V. Salah satu komponen yang ada pada power Supply ini memiliki peran sama seperti pada umumnya. Namun tujuannya saja yang berbeda yaitu ke Processor.

Seperti yang diketahui bahwa processor juga merupakan part terpenting dalam komputer bahkan tak kalah penting dengan Motherboard. Oleh karena itu power Supply komputer memastikan bagian tersebut mendapatkan energi cukup. Tujuannya supaya dapat beroperasi.

3. 6 Pin AUX Power Kabel

Sesuai dengan definisinya power Supply komputer dimana memastikan semua partnya dialiri oleh energi atau daya listrik. Hal tersebut juga berlaku pada bagian VGA Card berjenis PCie. Selain itu, memastikan bahwa bagian ini diberikan tegangan sesuai pada kebutuhannya.

Sebab, peran power Supply komputer adalah menyuplai energi sesuai dengan kebutuhan. Terlebih, VGA Card berjenis PCie merupakan bagian yang membutuhkan daya lebih saat beroperasi. Jadi, PSU wajib memberikannya agar kinerja sistem dapat bekerja fungsinya.

4. Konektor 4 Pin Peripheral

Konektor 4 Pin Peripheral juga menjadi salah satu komponen yang ada pada power Supply komputer. Perannya bukan hanya sekedar memberikan energi listrik ke satu perangkat saja melainkan ke beberapa bagian. Itulah mengapa perannya pun bisa dikatakan sangat krusial.

Konektor 4 Pin peripheral adalah komponen power Supply komputer yang menyuplai energi ke Casing Fan, Harddisk, CD Rom dan part lainnya. Jadi peran perangkat yang satu ini cukup kompleks. Sehingga keberadaannya begitu diperhitungkan untuk sebuah komputer.

5. Floppy Disc Power Kabel

Komponen selanjutnya yang ada dalam Power Supply komputer adalah Floppy Disc Power Kabel. Sesuai dengan namanya ialah berperan sebagai penyuplai energi atau daya ke part Floppy Disc. Secara fungsi tentu tak berbeda dari lainnya yaitu mengarahkan tegangan arus.

Floppy Disc Power Kabel merupakan salah satu komponen dari power Supply komputer yang memiliki ukuran kecil. Apalagi jika Anda bandingkan dengan jenis lainnya. Meskipun begitu, fungsi serta perannya sama pentingnya agar perangkat keras komputer dapat beroperasi.

6. SATA Power Kabel

Komponen selanjutnya yang ada di power Supply Komputer adalah SATA Power Kabel. Sama seperti jenis lainnya dimana perangkat ini bertugas untuk memberikan atau menyalurkan energi ke berbagai part yang ada. Tujuannya pun selaras supaya PC dapat dioperasikan.

Adapun diantaranya yang menjadi target suplai energi adalah CD Rom hingga Hard Disk. Namun, selain menyuplai daya, fungsi lain dari power Supply komputer adalah menstabilkan tegangan listrik. Sebab, hal tersebut menjadi poin penting bagi sebuah perangkat elektronik.

Berbagai Macam Komponen yang Pada Power Supply Komputer

Power Supply komputer memiliki berbagai komponen yang membuatnya dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Setiap komponennya memiliki peran serta tugas yang berbeda-beda meskipun masih perihal menyuplai energi listrik. Berikut beberapa komponen diantaranya.

1. IC Regulator Dan resistor

Komponen pertama yang ada pada power Supply komputer adalah IC Regulator. Kegunaannya sudah pasti untuk menyuplai energi ke part sesuai dengan tugasnya. Dalam hal ini, IC Regulator memberikan daya ke perangkat Motherboard yang terdapat pada PC.

Resistor menjadi komponen selanjutnya yang ada pada power Supply komputer. Perannya pun tak kalah penting dari IC regulator. Fungsi komponen ini adalah guna mengatur tegangan yang masuk. Dengan kata lain mengontrol daya agar bisa dibagikan sesuai kapasitas bagian.

2. Dioda

Dioda merupakan komponen power Supply komputer yang berfungsi guna mengalirkan energi listrik tegangan maju. Selain keberadaannya juga berguna untuk menghindari terjadinya arus balik. Pasalnya, jika hal tersebut berlangsung, maka bisa membuat adanya kerusakan.

Pada dasarnya, peran dioda adalah menjalankan prinsip arus listrik sebagaimana mestinya. Karena jika tegangan listrik maju dan adanya arus kembali maka akan terjadi tabrakan. Akhirnya, hal tersebut membuat terjadinya korsleting dan mengakibatkan kerusakan pada komputer.

3. Transformator Dan Filter

Transformator merupakan bagian dari Power Supply komputer yang juga memiliki peranan penting. Sebab, keberadaannya berfungsi guna memindahkan energi listrik terhadap dua atau bahkan lebih rangkaian. Prosesnya berlangsung melalui tahap induksi elektromagnetik.

Dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu apa fungsi Filter. Komponen Power Supply komputer ini berperan guna menyaring energi yang masuk ke dalam perangkat. Dengan kata lain memastikan bahwa daya listrik yang disuplai sudah sesuai ketentuan, bersih dan aman.

Penutup

Itulah tadi pembahasan dari TeknoApps mengenai Power Supply komputer yang dijelaskan secara lengkap. Mulai dari definisi, fungsi, cara kerja dan berbagai macam komponen pendukung. Jadi dapat disimpulkan bahwa PS memiliki peran yang sangat penting, terutama perihal suplai daya.